SYARAT DAN KETENTUAN LAYANAN OLX.co.id

Syarat dan ketentuan yang ada di dalam halaman ini (“Syarat & Ketentuan Layanan”) mengikat para Pengguna situs web kami www.olx.co.id, baik sebagai pengguna terdaftar ataupun pihak yang sekedar berkunjung melihat-lihat situs, pemasang iklan, maupun calon pembeli untuk tunduk dan patuh atas hal-hal yang telah ditetapkan oleh pihak OLX.co.id.

Dengan mengakses atau menggunakan situs www.olx.co.id, maka setiap Pengguna dianggap telah menerima, memahami, menyetujui, serta sepakat untuk mematuhi semua isi dalam Syarat & Ketentuan Layanan di bawah ini. Syarat & Ketentuan Layanan dapat diubah dan/atau diperbaharui sewaktu-waktu oleh OLX.co.id tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Apabila Pengguna tidak setuju atas Syarat & Ketentuan Layanan ini, OLX.co.id mempersilahkan untuk tidak melanjutkan penggunaan situs www.olx.co.id.

Definisi

  1. OLX.co.id adalah suatu perusahaan yang kegiatan usahanya adalah menyelenggarakan sebuah situs yang bertindak sebagai media perantara periklanan yang meneruskan informasi iklan dari penjual kepada calon pembeli melalui situs www.olx.co.id.
  2. Pengguna adalah para pihak yang menggunakan jasa OLX.co.id, termasuk dan tidak terbatas pada pemasang iklan, calon pembeli ataupun pihak yang sekedar berkunjung melihat-lihat situs.
  3. Pengguna adalah para pihak yang menggunakan jasa OLX.co.id, termasuk dan tidak terbatas pada pemasang iklan, calon pembeli ataupun pihak yang sekedar berkunjung melihat-lihat situs.
  4. Aktivitas adalah setiap aktivitas / kegiatan / interaksi / transaksi yang dilakukan oleh Pengguna atas produk / jasa yang ditawarkan dan/atau dicari oleh Pemasang Iklan melalui Iklan yang dipasang oleh Pemasang iklan di situs www.olx.co.id.
  5. Iklan adalah promosi / penawaran produk atau jasa dan/atau pencarian produk atau jasa yang dilakukan oleh Pemasang Iklan dan ditempatkan pada situs www.olx.co.id.
  6. Informasi Pribadi adalah informasi mengenai pribadi para Pengguna yang terdiri dari namun tidak terbatas pada username, email, password, nama, nomor telephone, alamat, dan lain sebagainya, yang dimasukkan oleh Pengguna pada saat menggunakan layanan www.olx.co.id.
  7. Layanan OLX.co.id adalah layanan iklan interaktif, informasi, maupun layanan lainnya yang disediakan melalui situs www.olx.co.id untuk dapat diakses oleh Pengguna.
  8. Pemasang Iklan adalah orang perorangan/ perusahaan / pihak lain yang menggunakan layanan OLX.co.id untuk mempromosikan / menawarkan / mencari produk dan/atau jasa kepada/dari pengunjung situs www.olx.co.id.

Batasan Tanggung Jawab

OLX.co.id tidak bertanggung jawab atas informasi, gambar dan keterangan lainnya yang terdapat atau diterbitkan dalam situs web ini, yang mana informasi tersebut dipasang oleh pemasang iklan untuk tujuan apapun. OLX.co.id juga tidak bertanggung jawab atas informasi, gambar dan keterangan lainnya tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada perincian mengenai judul iklan, deskripsi, harga, alamat, nomor telepon yang dipasang pemasang iklan dan kebenaran informasi yang diberikan oleh pemasang iklan. Para pengguna disarankan untuk berhubungan langsung dengan Pemasang iklan untuk memastikan informasi yang dicari.

Setiap informasi yang dibuat oleh Pemasang Iklan dalam situs www.olx.co.id mengenai perusahaan, perorangan atau badan lainnya, dan/atau mengenai produk atau layanan mereka, bukan merupakan bentuk dukungan atau sokongan, ataupun mengimplikasikan dukungan atau sokongan, terhadap kualitas atau kelayakan tujuan dari perorangan, perusahaan atau badan tersebut, atau terhadap layanan atau produknya.

OLX.co.id menyatakan tidak bertanggung jawab atas semua jaminan dan kondisi, termasuk segala implikasi dari jaminan, kualitas, kelayakan atas informasi yang disampaikan Pemasang iklan. Dalam keadaan apapun, OLX.co.id tidak bertanggung jawab atas kerugian, baik khusus, langsung, tidak langsung ataupun yang bersifat konsekuensial, maupun kerugian atau kerusakan apapun sebagai akibat dari kerugian atas pemakaian, data atau keuntungan, baik dalam tindakan perikatan, kelalaian atau tindakan kesalahan lainnya, yang muncul dari atau berkaitan dengan penggunaan atau kinerja dari informasi dan/atau gambar yang disediakan.

OLX.co.id, baik salah satu, sebagian ataupun seluruh karyawannya tidak bertanggung jawab atas akibat langsung atau tidak langsung dari keputusan pengguna / calon pembeli dalam mengajukan penawaran atau tidak mengajukan penawaran kepada Pemasang iklan.

OLX.co.id tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas penyerahan barang atau jasa, termasuk kepatuhan pembeli dan pemasang iklan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia baik dalam hal penawaran ataupun penjualan barang dan jasa ataupun transaksi lainnya.

OLX.co.id tidak bertanggung jawab atau berkewajiban kepada pihak ketiga atas isi dan/atau materi yang ditempatkan oleh Pemasang iklan atau pengguna lain dari situs OLX.co.id. Tanggung jawab isi dan/atau materi iklan yang dipasang oleh Pemasang iklan merupakan tanggung jawab sepenuhnya Pemasang iklan.

OLX.co.id tidak bertanggungjawab mengontrol isi dari situs dan/atau sumberdaya yang terjadi karena tautan (hyperlink) yang ada di situs OLX.co.id. OLX.co.id tidak bertanggung jawab atas kehilangan dan/atau kerugian yang dapat timbul akibat penggunaannya.

OLX.co.id tidak bertanggung jawab apabila karena suatu alasan situs OLX.co.id tidak tersedia pada waktu kapanpun atau untuk jangka waktu berapapun.

Informasi, gambar dan keterangan lainnya yang terdapat atau diterbitkan dalam situs web ini dapat mengandung ketidakakuratan atau kesalahan tipografis. OLX.co.id dan/atau para Pemasang iklan mungkin akan melakukan perubahan atau perbaikan, dan/atau memperbarui informasi yang tertera di dalam situs ini dari waktu ke waktu.

Materi di situs OLX.co.id bisa saja menjadi kadaluwarsa pada setiap saat kapanpun juga dan OLX.co.id tidak menanggung kewajiban untuk membarui materi tersebut.

Jasa yang diberikan OLX.co.id melalui situs web www.olx.co.id adalah “sebagaimana adanya” tanpa jaminan apapun juga. OLX.co.id dengan tegas menolak setiap jaminan mengenai keamanan, keandalan, dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para Pengguna di situs situs web dan jaminan atau ketentuan mengenai tidak ada pelanggaran, dapat diperdagangkan dan kelayakan untuk suatu tujuan tertentu. dalam hal apapun OLX.co.id tidak berkewajiban menurut Syarat & Ketentuan Layanan ini atas suatu kerugian langsung, khusus, tidak langsung, yang merupakan contoh atau yang dapat dihukum, baik dalam suatu perikatan, perbuatan melawan hukum atau teori hukum lain, sekalipun kami telah diberitahu tentang kemungkinan kerugian tersebut dan walaupun terjadi kelalaian dengan tujuan penting dari perbaikan yang dibatasi.

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa penggunaan dan pelaksanaan kegiatan di situs web www.olx.co.id oleh Pengguna adalah atas kebijakan dan risiko Pengguna sendiri dan bahwa Pengguna sendiri bertanggung jawab penuh atas materi Pengguna, dan atas kerusakan atas sistem komputer anda atau kehilangan data yang mungkin saja diakibatkan oleh pelaksanaan kegiatan tersebut.

Pengguna secara khusus mengakui bahwa OLX.co.id tidak akan bertanggung jawab atas materi atau tindakan pencemaran nama baik, tindakan yang melanggar, atau tindakan yang melawan hukum apapun dari pihak ketiga manapun yang berhubungan dengan OLX.co.id dan resiko atas kerugian atau kerusakan dari hal-hal tersebut adalah seluruhnya pada Pengguna.

Ganti Rugi

Pengguna setuju untuk melepaskan, membela dan membebaskan OLX.co.id, perusahaan terafiliasi dan para direktur, pejabat, karyawan dan agen dari dan terhadap suatu dan semua tuntutan, kewajiban, kerugian dan biaya (termasuk biaya hukum, penggantian kerusakan dan jumlah penyelesaian yang wajar) yang timbul dari atau berkaitan dengan atau yang mungkin timbul dari penggunaan dan/ atau pengaksesan jasa OLX.co.id melalui melalui situs web www.olx.co.id; pelanggaran atas suatu syarat dalam Syarat & Ketentuan Layanan ini oleh Pengguna; pelanggaran terhadap suatu hak pihak ketiga manapun, termasuk namun tidak terbatas pada hak atas kekayaan intelektual, asset baik yang berupa harta bergerak ataupun harta tidak bergerak, hak privasi; dan/atau tuntutan apapun sehubungan dengan materi Pengguna yang menyebabkan kerugian terhadap pihak ketiga. OLX.co.id juga dapat turut serta dalam suatu pembelaan bersama dengan penasihat hukum pilihannya.

Kewajiban Pengguna

Pengguna wajib menjaga data pribadi miliknya dari kehilangan / kerusakan, termasuk tapi tidak terbatas pada upaya mencegah agar data pribadi miliknya tidak disalahgunakan oleh pihak lain / dipalsukan.

Pengguna wajib tunduk dan patuh pada peraturan perundangan-undangan yang berlaku serta hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Segala tindakan yang bertentangan, melanggar, tidak sesuai termasuk tidak terbatas pada ketidakpatuhan pada peraturan perundang-undangan menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.

Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui OLX.co.id tidak dapat dimintai pertanggung jawaban oleh Pengguna dan / atau pihak manapun atas hal-hal yang terjadi, termasuk tapi tidak terbatas pada:

  1. Kehilangan data pribadi
  2. Pemalsuan data pribadi Pengguna
  3. Kehilangan penghasilan atau pendapatan
  4. Kehilangan bisnis
  5. Kehilangan laba atau suatu perikatan
  6. Kehilangan penghematan yang telah diantisipasi sebelumnya
  7. Kehilangan data
  8. Kehilangan good will
  9. Waktu manajemen atau kantor yang tersia-siakan; dan
  10. Kehilangan atau kerugian lain apapun jenisnya, terlepas dari bagaimana hal itu timbul dan apakah disebabkan oleh kelalaian, pelanggaran terhadap suatu perikatan atau lainnya, meskipun dapat diperkirakan sebelumnya
  11. Segala kerugian sebagai akibat dari penggunaan data pribadi atau akun milik Pengguna yang terindikasi melanggar hukum dan/atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang
  12. Segala kerugian dan atau kerusakan karena tidak beroperasinya dan/atau terdapat gangguan terhadap layanan OLX.co.id akibat terjadinya force majeure, yang termasuk tapi tidak terbatas pada:

    1. Bencana alam,
    2. Peristiwa kebakaran,
    3. Pemogokan,
    4. Perang,
    5. Huru-hara,
    6. Pemberontakan atau tindakan militer lainnya,
    7. Tindakan pihak yang berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyelenggaraan layanan OLX.co.id,
    8. Tindakan pihak ketiga yang menyebabkan OLX.co.id tidak dapat menyediakan Layanan
    9. Adanya keputusan atau perubahan keputusan dari instansi terkait termasuk pemerintah yang berdampak pada pelaksanaan Layanan OLX.co.id ini.

Keterangan Isi/Materi Situs

Materi yang ditayangkan di situs www.olx.co.id disediakan tanpa ketentuan atau jaminan apapun dalam hal isi, materi dan ketepatannya. Sejauh diijinkan oleh hukum yang berlaku di Republik Indonesia, OLX.co.id dan para pihak ketiga yang berhubungan dengan OLX.co.id dengan ini secara tegas mengecualikan:

  1. Semua ketentuan, jaminan dan syarat lain yang dapat dinyatakan secara langsung maupun tidak langsung oleh undang-undang sebagai isi, materi dan ketepatannya.
  2. Kewajiban atas kehilangan atau kerugian langsung, tidak langsung atau yang merupakan akibat yang ditanggung oleh pengguna dalam hubungannya dengan situs OLX.co.id atau dalam hubungannya dengan penggunaan, ketidakmampuan menggunakan, atau akibat dari penggunaan situs OLX.co.id, setiap situs web yang terkait dengannya dan setiap materi yang ditempatkan padanya.

Materi yang ditayangkan di situs OLX.co.id adalah semata-mata untuk informasi guna membangun hubungan antara Pemasang iklan dengan Pengguna lainnya serta membantu pengguna untuk memutuskan mengajukan penawaran atau tidak mengajukan penawaran untuk barang atau jasa yang ditawarkan oleh Pemasang iklan.

Pelaksanaan Aktivitas

Situs www.olx.co.id adalah situs yang dioperasikan dan dimiliki oleh OLX.co.id, suatu perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia, serta tunduk terhadap hukum Republik Indonesia. Setiap pertanyaan mengenai OLX.co.id atau situs web OLX.co.id dapat dikirim ke info@olx.co.id.

Akses ke situs www.olx.co.id tersedia untuk umum. Namun, OLX.co.id berhak menarik dan / atau mengubah layanan yang disediakan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Dari waktu ke waktu, OLX.co.id dapat membatasi akses ke beberapa bagian dari situs dan / atau keseluruhan dari situs www.olx.co.id kepada Pengguna.

Apabila Pengguna memilih atau diberi kode identifikasi pengguna, password atau bagian informasi lainnya sebagai bagian dari prosedur keamanan OLX.co.id, maka Pengguna wajib menjaga kerahasiaan informasi tersebut dan tidak diperbolehkan mengungkapkannya kepada pihak ketiga.

OLX.co.id berhak mematikan fungsi kode identifikasi pengguna atau password, terlepas apakah dipilih oleh Pengguna atau ditentukan oleh OLX.co.id dalam keadaan apapun dan dalam waktu kapanpun.

Sewaktu menggunakan situs www.olx.co.id, Pengguna wajib mematuhi ketentuan kebijakan penggunaan yang diterima dan disetujui dari OLX.co.id sesuai dengan yang tercantum di dalam Privacy Policy.

Pengguna bertanggung jawab melaksanakan semua pengaturan yang diperlukan guna mengakses ke situs www.olx.co.id. Pengguna bertanggung jawab memastikan bahwa semua orang yang mengakses situs OLX.co.id melalui hubungan internet milik Pengguna, mengetahui Syarat & Ketentuan Layanan ini dan mematuhinya.

Perubahan Situs

OLX.co.id berhak memperbaharui dan/atau mengubah situs www.olx.co.id secara rutin dan setiap saat dapat memperbaharui dan/atau mengubah tampilan dan isinya, demi memberi pelayanan yang lebih baik kepada setiap Pengguna.

Apabila dibutuhkan, OLX.co.id dapat menangguhkan akses ke situs www.olx.co.id, atau menutupnya untuk sementara waktu untuk jangka waktu yang tidak tertentu.

Informasi mengenai Pengguna dan kunjungan Pengguna ke situs OLX.co.id OLX.co.id berhak mengolah informasi mengenai Pengguna sesuai dengan kebijakan yang tercantum di dalam Privacy Policy. Dengan menggunakan situs OLX.co.id, Pengguna setuju atas pemrosesan tersebut dan menjamin semua data yang diberikan adalah benar.

Perikatan untuk penyerahan barang atau jasa yang terjadi melalui situs atau sebagai hasil dari kunjungan dan keberhasilan penawaran yang diajukan oleh Pengguna, dibuat dengan bebas antara Pemasang iklan dan calon pembeli.

Mengunggah [upload] materi ke situs OLX.co.id

Bilamana Pengguna menggunakan fitur yang memungkinkan Pengguna mengunggah [upload] materi ke situs www.olx.co.id dan/atau untuk mengadakan hubungan dengan para pengguna lain dari situs www.olx.co.id, maka Pengguna wajib memenuhi standar yang ditetapkan dalam kebijakan penggunaan sebagaimana diatur dalam Privacy Policy.

Pengguna berkewajiban untuk mengganti kerugian OLX.co.id apabila terjadi kerugian atas tidak dipatuhinya kebijakan Pengguna www.olx.co.id, yang dilakukan oleh Pengguna baik secara sengaja ataupun tidak sengaja.

Setiap materi yang diunggah oleh Pengguna ke situs OLX.co.id akan dianggap materi yang tidak bersifat rahasia dan tidak dilindungi oleh hak kepemilikan dan OLX.co.id berhak menggunakan, menyalin, mengubah, menyebar-luaskan, termasuk tidak terbatas pada mengungkapkan materi tersebut kepada pihak ketiga untuk segala tujuan.

OLX.co.id berhak mengungkapkan identitas Pengguna kepada pihak ketiga yang mengklaim bahwa materi yang ditempatkan atau diunggah Pengguna ke situs www.olx.co.id merupakan pelanggaran terhadap Hak Kekayaan Intelektual atau hak pribadi pihak ketiga, sesuai peraturan yang berlaku di Indonesia.

OLX.co.id berhak menghapus dan/atau mengubah isi, materi atau bagian lain dari iklan, baik sebagian maupun keseluruhan, yang dipasang Pengguna di situs www.olx.co.id tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, termasuk tapi tidak terbatas apabila hal itu bersifat sensitif, ofensif, dapat memicu kebencian, mencemarkan nama baik, memuat materi yang memicu perpecahan suku, agama, ras, antar golongan, pornografi, perjudian, ataupun bertentangan dengan norma etika kesusilaan dan hukum yang berlaku di Republik Indonesia serta tidak sejalan dengan arahan bisnis OLX.co.id.

Tautan dari situs OLX.co.id

Situs www.olx.co.id dapat mengandung tautan ke situs dan/atau sumberdaya lain yang disediakan oleh pihak ketiga, dimana OLX.co.id menegaskan bahwa tautan tersebut disediakan hanya sebagai informasi bagi Pengguna. OLX.co.id melepaskan diri dari kewajiban atas mengontrol isi dari situs dan/atau sumberdaya yang terjadi karena tautan (hyperlink) yang ada di situs OLX.co.id.

OLX.co.id tidak bertanggung jawab atas kehilangan dan/atau kerugian yang dapat timbul akibat penggunaannya.

Yurisdiksi dan hukum yang berlaku

Syarat & Ketentuan Layanan situs www.olx.co.id ini dan hubungan Pengguna dengan OLX.co.id tunduk, diatur dan patuh menurut hukum Republik Indonesia, dan Pengguna sepakat untuk terikat pada yurisdiksi hukum Republik Indonesia.

Perubahan-perubahan

OLX.co.id dapat sewaktu-waktu merubah Syarat & Ketentuan Layanan OLX.co.id ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan karenanya, Pengguna diharapkan membaca terlebih dahulu Syarat & Ketentuan Layanan OLX.co.id sebelum melakukan Aktivitas. Dengan melakukan Aktivitas melalui Layanan OLX.co.id ini, Pengguna menyatakan setuju untuk tunduk dan terikat pada Ketentuan Layanan OLX.co.id.

Pengguna diharapkan untuk memeriksa halaman ini dari waktu ke waktu untuk memperhatikan setiap perubahan, karena hal tersebut mengikat Pengguna.

Sebagian dari ketentuan yang terdapat dalam Syarat & Ketentuan Layanan OLX.co.id ini dapat digantikan oleh ketentuan-ketentuan atau pemberitahuan lain yang dipublikasi di bagian lain di situs www.olx.co.id.

Lain-Lain

Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran dan pelaksanaan Syarat & Ketentuan Layanan OLX.co.id, OLX.co.id dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah untuk mufakat.

Apabila Pengguna memiliki hal lain yang ingin disampaikan atau komentar maupun keprihatinan mengenai materi yang tampak di situs OLX.co.id, silakan hubungi info@olx.co.id.

Terima kasih atas kunjungan anda ke situs OLX.co.id.

Salam sukses.

Last updated : 06/05/2014 12:00 WIB