Jual
Piano Akustik Jadi Awet dg Perawatan Berkala Minimal 1atau 2kali/tahun 0
1 / 12

Detail

TipeKeyboard dan Piano
KondisiBaru

Deskripsi

Bagaimana dengan kondisi piano anda ??

halo Sahabat OLX ... uni_uda mas..bro.. mba.. sis..

Silahkan hubungi kami,

telepon dan sms pasti dibalas cepat

kami segera menanggapi !

Apa perlunya dan Kapan Piano DI STEMP / TUNING ?

Memiliki piano berarti harus secara berkala untuk menalanya. Menala (atau stem atau tuning) perlu dilakukan pada jangka waktu tertentu agar bunyi yang dihasilkan piano tetap harmonis berdasarkan hukum akustik dan estetika.

Sebenarnya pemilik piano lebih beruntung dibandingkan pemilik biola, misalnya. Piano cukup ditala selama selang waktu beberapa bulan sekali, sedangkan biola harus ditala setiap kali dimainkan. Lebih repot punya biola, bukan? Namun violis mampu menala sendiri instrumennya (dengan gratis, tentunya). Senar biola cuma empat biji sedangkan senar piano lebih dari 220 buah tergantung dengan jenisnya.

Perlukah Piano Ditala/DI STEMP / TUNING?

Hal tersebut paling sering ditanyakan. Saya dengar tidak fals, kok?

Seperti instrumen berdawai lainnya, piano bekerja karena adanya vibrasi dari senar. Hal tersebut terjadi dengan terus menerus untuk jangka waktu tertentu dan berlangsung sangat cepat sesuai dengan frekuensinya.

Makin tinggi frekuensinya, makin banyak vibrasinya. Hal tersebut membuat senar menjadi berubah dan menyebabkan senar menjadi kendor. Kendornya senar ini menyebabkan senar makin lama makin out of tune atau fals. Itulah sebabnya senar pada bagian yang sering dimainkan dan senar yang bernada tinggi sering berubah penalaannya.

Penyebab lainnya adalah suhu dan kelembapan yang disebabkan oleh cuaca. Jika suhu bertambah maka senar akan memuai dan menyebabkan nada yang berbunyi akan menjadi turun dan jika suhu dingin maka nada yang dihasilkan akan naik karena senar yang menyusut. Hal tersebut menyebabkan piano di negara-negara dengan 4 musim disarankan untuk menala piano 4 kali setahun. Nah, jika suhu kembali normal maka senar-senar akan kembali ke kondisinya semula oleh karena itu tidak perlu ditala lagi bukan? Sayangnya kelembaman tiap senar berbeda-beda sehingga senar-senar tidak dapat menala dirinya sendiri.

Memindahkan piano juga merupakan hal yang dapat menyebabkan penalaan jadi berubah. Getaran yang ditimbulkan akibat dorongan atau benturan akan membuat ketegangan senar berubah, oleh karena itu penalaan diperlukan setiap kali piano dipindahkan.

Jadi kapan piano harus ditala?

Baik pada piano yang sering dimainkan maupun yang hanya untuk pajangan, perlu ditala secara berkala. Cuaca yang sangat berpengaruh pada senar piano sehingga pada setiap pergantian musim, piano perlu ditala.

Beruntunglah yang tinggal di negara tropis (meski banyak pemilik piano di negara subtropis juga menala pianonya 2 kali setahun) seperti kita yang cuma memiliki 2 musim sehingga menala piano 2 kali setahun sudah cukup. Toh, kita hanya perlu menala piano pada musim hujan serta musim kemarau.

Bagaimana jika piano ditala dengan durasi yang lebih lama dari setahun sekali? Katakanlah 2 tahun sekali. Biasanya piano yang lama tidak ditala akan 'turun' banyak dan membentuk kelembaman baru sehingga perlu dua kali penalaan yakni penalaan kasar untuk mengembalikan ke frekuensi standar dan fine tuning untuk menala secara lebih detil. Karena senar membentuk kelembaman baru, maka senar perlu ditarik lebih banyak untuk mengembalikan senar ke penalaan standar. Hal tersebut bisa membuat senar putus. Nah, jika senar putus maka piano tidak bisa dimainkan.

pokok-pokok maintenance piano :

1. Case Assembly

2. Metal Parts

3. Pedal Assembly

4. Keyboard

5. Clearing

6. Fall Front Assembly

Tahapan Tuning :

1.Regulation/Pedal Adjusment

2.Tuning

3.Voicing

ABSOLUTE PITCH PROFESSIONAL

PIANO TUNER

Rp 800.000

Piano Akustik Jadi Awet dg Perawatan Berkala Minimal 1atau 2kali/tahun

Padang Timur, Padang Kota, Sumatra Barat
5 hari yang lalu
Deskripsi penjual
belima
Anggota sejak Jan 2016
** *** ****
Tampilkan nomor

Lokasi iklan

Padang Timur, Padang Kota, Sumatra Barat
ID IKLAN 803465947

LAPORKAN IKLAN INI