Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    Review10 Rekomendasi Wisata di Palembang Bernilai Sejarah, Usia Ratusan Tahun!

    10 Rekomendasi Wisata di Palembang Bernilai Sejarah, Usia Ratusan Tahun!

    Wisata di Palembang yang penuh sejarah, berikut adalah 10 rekomendasi untuk kamu.

    News.OLX – Wisata di Palembang selalu dapat menarik minat masyarakat dari berbagai kalangan, baik itu wisata kuliner, budaya, cagar alam maupun wisata religius. Daya tarik yang dipunya oleh Palembang ini tak akan pernah bosan untuk dinikmati

    Ibukota Sumatera Selatan ini memiliki karakteristiknya yaitu dilewati oleh sungai Musi yang eksotis sekaligus menjadi ikon daerah dan juga sumber pencaharian bagi masyarakat Palembang.

    Karena keindahan Palembang ini, tak lengkap rasanya jika kamu dan keluarga atau bersama kawan untuk mencoba berwisata ke Palembang. Berikut ini adalah 10 rekomendasi wisata di Palembang bersejarah yang bisa kamu kunjungi:

    1. Pulau Kemaro

    Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi dan tak jauh dari Jembatan Ampera. Daya tarik Pulau Kemaro yaitu adanya situs sejarah seperti Pagoda berlantai 9, Klenteng Hok Tjing Rio, pohon cinta, hingga makam penunggu pulau.

    Sehingga, jika kamu berkunjung ke tempat ini kamu akan merasakan kultur Tionghoa yang sangat kental bak seperti pergi ke Negeri Tirai Bambu.

    2. Museum Balaputra Dewa

    Museum yang dikenal dengan Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan ini adalah salah satu destinasi wisata yang paling bersejarah dan menyimpan banyak peninggalan Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Palembang hingga peninggalan kolonial Belanda.

    Museum Balaputra Dewa terletak di Sukaramai Jalan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar, Kota Palembang. Sehingga jika kamu berada di kota, tempat ini sangat strategis dan tepat untuk kamu kunjungi.

    3. Masjid Agung Sultan Mahmud Badarudin

    Yang sering dikenal dengan Masjid Agung Palembang adalah salah satu masjid terbesar di Provinsi Sumatera Selatan dan sudah dibangun dari abad ke-18 oleh Sultan Mahmud Badaruddin I Jaya Wikrama.

    Lokasinya yang berada di Jalan Jend. Sudirman Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, masjid ini memiliki khas sendiri yaitu arsitektur masjid yang memiliki 3 perpaduan kebudayaan, yakni Indonesia, Cina, dan Eropa.

    4. Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya

    Tak lengkap rasanya mengunjungi Palembang tanpa menengok peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya dahulu yang sangat masyhur terdengar hingga ke negeri barat. Lokasi taman wisata ini berada di Jalan Syakyakirti, Kecamatan Gandus, Kota Palembang.

    Dalam kawasan taman wisata ini terdapat beberapa bagian seperti Sriwijaya Archaeological Museum, replika kapal Cheng Ho, hingga Taman di sekitar museum yang sangat luas.

    5. Benteng Kuto Besak

    Tak hanya peninggalan Kerajaan Sriwijaya saja yang terkenal di Palembang, namun juga ada salah satu peninggalan zaman kolonial Belanda yang masih terawat hingga sekarang yaitu Benteng Kuto Besak yang dibangun pada tahun 1772.

    Benteng ini adalah kepemilikan dari Kesultanan Palembang saat zaman kolonial Belanda sebagai tempat berkumpulnya antara Kesultanan Palembang dengan koloni. Lokasinya terletak di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang.

    wisata di palembang (1) (1)

    6. Jembatan Ampera

    Siapa yang tak kenal dengan jembatan paling ikonik di Palembang ini. Jembatan Ampera adalah tempat wisata di Palembang yang terkenal dan sering sekali menjadi destinasi turis dari berbagai kalangan.

    Jembatan Ampera sempat menjadi yang terpanjang di Asia Tenggara dengan panjang lebih dari 1000 meter, lebar 22 meter, dan tinggi 63 meter yang dilewati oleh sungai Musi yang eksotis nan indah.

    7. Masjid Al Islam Muhamad Cheng Ho

    Masjid ini adalah salah satu simbol multikultural yang berada di kota Palembang. Masjid ini memiliki arsitektur yang khas yaitu memiliki karakter dan desain ala etnis Tionghoa.

    Lokasinya berada di Jalan Pangeran Ratu Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, tempat ibadah ini didominasi warna merah, hijau, dan putih sehingga sangat syahdu untuk dipandang.

    8. Bukit Siguntang

    Taman Purbakala Bukit Siguntang yang berada di Jalan Syakyakirti Kecamatan Gandus, Kota Palembang bisa menjadi destinasi kamu untuk melihat sejarah di Kota Palembang.

    Kamu dapat melihat benda peninggalan sejarah sekitar abad ke-6 sampai ke-13 Masehi dan juga peninggalan zaman Kerajaan Sriwijaya.Di puncak bukit, ada beberapa makam leluhur yaitu tokoh bangsawan dan pahlawan Sriwijaya.

    9. Taman Wisata Alam Punti Kayu

    Taman Wisata Alam yang terletak di Jalan Kol. H. Burlian Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang ini adalah salah satu taman paling populer di kalangan masyarakat Palembang.

    Kawasan ini memiliki berbagai jenis tanaman dan hewan, bahkan terdapat pohon yang langka yang masih dirawat di taman ini. Taman Wisata Alam Punti Kayu ini memberikan kesejukan dan nuansa alami di tengah Kota Palembang.

    10. Kebun Teh Dempo

    Kawasan ini adalah salah satu wisata alam yang memiliki sejarah untuk memenuhi pencaharian masyarakat Palembang jaman dulu yaitu Kebun Teh Dempo. Kebun teh ini memiliki luas sekitar 1523 hektar.

    Pemandangan hijau ditambah suasana yang sejuk, bisa membuat kamu merasa nyaman bahkan jatuh cinta dengan tempat ini.

    Begitulah 10 rekomendasi tempat wisata di Palembang yang bisa kamu kunjungi saat berada di kota Pempek ini. Kamu dapat mengunjungi beberapa destinasi tersebut diselingi oleh wisata kuliner Palembang yang enak.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait