Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & Trik10 Tips Travelling Ala Backpacker, Dijamin Tetap Nyaman!

    10 Tips Travelling Ala Backpacker, Dijamin Tetap Nyaman!

    Backpacker pertama kali pasti akan terasa sulit. Simak dan ikuti tips travelling yang nyaman di sini!

    News.OLX – Tidak sedikit orang yang ingin mencoba liburan ala backpacker. Hal ini lantaran liburan berkeliling dengan hanya membawa backpack terasa lebih seru dan menantang.

    Namun, tentunya ini akan terasa sulit untuk kamu yang baru pertama kali melakukannya. Karena itu, agar liburan tetap nyaman, berikut tips travelling backpacker yang bisa kamu ikuti. 

    1. Tentukan Budget Lebih Dulu

    Konsep dari travelling ala backpacker sendiri sebetulnya mengacu pada melancong mengelilingi kota dengan backpack dan budget minim. Karena itu, bila ini pertama kalinya untuk kamu, sebaiknya tentukan lebih dulu budget yang kamu punya.

    Kalau bisa, tentukan budget yang detail untuk semua kebutuhan. Misalnya hotel, transportasi dan sebagainya. Ini penting agar kamu nantinya tidak over budget.

    2. Buat Planning Perjalanan atau Itinerary

    Sama seperti liburan pada umumnya, liburan dengan backpacking-an juga perlu planning perjalanan. Apalagi perjalanan ini menjadi yang pertama untuk kamu.

    Dengan membuat planning atau itinerary, kamu bisa merencanakan dengan pasti lokasi mana saja yang ingin kamu kunjungi. Sehingga, kamu tidak akan kebingungan nanti pada saat sudah berada di destinasi tujuan.

    3. Cobalah Mengambil Paket Travelling

    Bila kamu ingin mengunjungi beberapa destinasi wisata yang terpencil, biasanya ini akan menghabiskan budget yang cukup besar. Namun, ini masih bisa kamu atasi dengan mengambil paket travelling.

    Biasanya, untuk beberapa daerah terpencil, ada agen yang menawarkan biaya paket travelling yang tidak terlalu tinggi. Karena itu, ini bisa jadi pilihan yang menarik.

    4. Carilah Penginapan yang Terjangkau

    Seperti penjelasan pada poin pertama, konsep dasar dari travelling ala backpacker itu adalah budget yang minim. Artinya, menginap di hotel bintang lima tentu sudah diluar dari konsep ini.

    Umumnya, beberapa traveller akan mencari penginapan seperti homestay atau penginapan lainnya dengan harga terjangkau. 

    5. Siapkan Travelling Kit untuk Backpacker

    Tips travelling backpacker selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menyiapkan perlengkapan untuk liburan kamu. 

    Mulai dari backpack, pakaian, sepatu, makanan, banyak minuman, emergency kit dan sebagainya. Pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa perlengkapan untuk keadaan emergency, ya. 

    6. Backpacker Tidak Membawa Terlalu Banyak Barang

    Biasanya, ketika liburan orang akan membawa barang yang banyak. Namun, ini tidak bisa kamu lakukan saat kamu akan liburan hanya dengan backpack.

    Sebagai pelancong, kamu sebaiknya hanya membawa satu backpack dan barang yang sedikit. Ini akan memudahkan kamu untuk berjalan dari satu tempat ke tempat yang lain.

    backpacker 1

    7. Gunakan Public Transport

    Ketika kamu ingin liburan ala pelancong, artinya budget yang kamu miliki tidak banyak. Karena itu, alih-alih menyewa kendaraan, sebaiknya gunakan saja public transport.

    Misalnya seperti bus dan kereta. Selain lebih hemat, ini juga akan membuat perjalanan kamu jadi lebih seru.

    8. Cek Kesehatan Lebih Dulu

    Kamu tentunya tidak ingin tiba-tiba sakit saat sedang menikmati perjalanan, bukan? Ini akan sangat menyulitkan bila kamu sakit di kota lain atau bahkan negara lain.

    Karena itu, sebaiknya kamu lakukan pengecekan terhadap kesehatan kamu lebih dulu. Sehingga, kamu bisa menikmati perjalanan di berbagai destinasi wisata.

    9. Siapkan Dokumen Selengkap Mungkin

    Bila kamu travelling ke luar negeri, bukan hanya delapan poin di atas yang harus kamu siapkan. Namun, kamu juga harus menyiapkan dokumen penting selengkap mungkin.

    Mulai dari paspor, visa, rekening bank dan dokumen penting lain beserta salinannya. Ini sangat penting terutama bila kamu kehilangan dompet dan paspor saat di luar negeri.

    10. Siapkan Aplikasi Maps dan Travelling

    Tips travelling backpacker yang terakhir adalah kamu harus menyiapkan aplikasi maps dan info destinasi wisata.

    Dengan memiliki aplikasi maps dan info destinasi wisata, kamu tidak akan tersesat ketika akan mengunjungi area tertentu.

    Bila kamu baru pertama kali travelling ala backpacker, kamu bisa ikuti beberapa tips di atas agar perjalanan tetap terasa nyaman.

    Nah, untuk travelling kit dan beberapa keperluan lainnya, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait