Daihatsu berhasil mempertahankan posisinya sebagai runner-up penjualan otomotif nasional selama 16 tahun berturut-turut, sejak tahun 2009
JAKARTA – Meski di 2024 penjualan mobil baru secara total di Indonesia hanya mencapai sekitar 889 ribu unit, namun Daihatsu berhasil membukukan penjualan ritel lebih dari 168 ribu unit dan berkontribusi 18,9% dari market share otomotif nasional.
Angka ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pemain utama di industri otomotif nasional, mendampingi Toyota, sesama Grup Astra di sektor otomotif yang masih kokoh sebagai pemuncak merek mobil paling banyak terjual di Indonesia selama belasan tahun terakhir.
Kesuksesan pabrikan jenama Jepang di tahun ini tentu tidak lepas dari dukungan model kendaraan Daihatsu yang senantiasa menjadi pilihan utama masyarakat di Indonesia.
Setidaknya ada tiga model andalan yang ditawarkan dan selalu jadi pilihan konsumen pembeli mobil pertama:
- Sigra: MPV LCGC ini menjadi kontributor utama penjualan Daihatsu dengan angka penjualan 54.366 unit, atau berkontribusi sebesar 32%. Sigra berhasil memikat hati konsumen dengan kombinasi harga terjangkau, kabin yang lapang, dan efisiensi bahan bakar.
- Gran Max Pick Up: Kendaraan komersial andalan ini mencatatkan penjualan 41.703 unit, berkontribusi sebesar 25%. Gran Max Pick Up dikenal sebagai kendaraan niaga yang tangguh dan serbaguna, menjadikannya pilihan favorit para pengusaha.
- Terios: SUV yang gagah ini menyumbang penjualan sebanyak 19.873 unit, atau sekitar 12%. Terios menawarkan kombinasi desain yang stylish, kabin yang nyaman, dan kemampuan melibas berbagai medan.
Tak hanya berkontribusi besar pada total penjualan Daihatsu, ketiga model ini juga mendominasi segmen pasarnya masing-masing:
- Sigra: Menguasai 58% pangsa pasar di segmen LCGC MPV.
- Gran Max Pick Up: Memimpin 56% pangsa pasar di segmen Pick Up Low.
- Gran Max Mini Bus: Mendominasi 91% pangsa pasar di segmen Semi Commercial dengan total penjualan 15.040 unit.
“Kami bersyukur, menutup tahun 2024 Daihatsu mampu mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional selama 16 tahun berturut-turut. Kami berkomitmen memberikan berbagai kemudahan bagi pelanggan untuk dapat memiliki mobil Daihatsu, khususnya pembeli mobil pertama,” ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor dalam acara media gathering yang berlangsung di Jakarta, Kamis (16/1/2025).
Pencapaian ini sekaligus membuktikan bahwa merek mobil ini berhasil memenuhi kebutuhan pasar otomotif Indonesia dengan produk-produk yang berkualitas dan terjangkau, serta menunjukkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kualitas dan ketangguhan mobil Daihatsu.
Komitmen untuk terus berinovasi dan memberikan kemudahan bagi pelanggan diharapkan dapat mempertahankan posisinya di masa mendatang. (Z)