Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & Trik5 Tips Jitu Beli Mobil Bekas Idaman, Perhatikan Nomor 3!

    5 Tips Jitu Beli Mobil Bekas Idaman, Perhatikan Nomor 3!

    Bagi Anda yang bermaksud melakukan transaksi beli mobil bekas, ada beberapa tips yang bisa menjadi referensi untuk menemukan mobil yang pas sesuai dengan kebutuhan serta jaminan Anda tidak akan merasa dirugikan di kemudian hari.

    News.OLX – Karena tidak seperti membeli barang-barang lainnya, urusan beli mobil, apalagi mobil bekas, harus ekstra hati-hati dan mempertimbangkan segala sesuatunya dengan sangat jeli. 

    Butuh pengeluaran dalam jumlah yang tidak sedikit serta digunakan untuk jangka waktu panjang.

    Beli mobil via online sekarang sedang menjadi trend. Pasca pandemi Covid-19, kebanyakan orang mencari referensi mobil bekas melalui platform jual beli mobil, kemudian melakukan survey langsung jika merasa cocok dengan mobil tersebut.

    Ada beberapa tips beli mobil bekas yang bisa membantu Anda menemukan mobil bekas terbaik, berikut beberapa tipsnya:

    1. Persiapkan budget yang realistis

    Menyiapkan anggaran secara detail adalah hal yang utama sebelum membeli mobil bekas. Seringkali, kebutuhan pada mobil tidak diimbangi dengan pertimbangan untuk merawat dan biaya-biaya lainnya.

    Pastikan Anda menetapkan rentang harga tertentu sesuai kemampuan finansial, biaya pajak mobil yang harus dibayar, dan biaya servis rutin. Jangan sampai hanya karena menaksir pada mobil tertentu, lalu mengeluarkan uang yang lebih besar dari kemampuan.

    2. Melakukan riset kecil-kecilan untuk jenis mobil yang diinginkan

    Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan untuk mengenali seluk beluk mobil secara mendalam. Mulai dari performa, efisiensi bahan bakar, kapasitas mobil, fitur-fitur, layanan dealer, suku cadang, dan harga jualnya kembali.

    Pastikan dari seluruh hal tersebut, mobil bekas yang akan Anda beli cukup ideal dan mendapat penilaian baik dari pembeli-pembeli lain. Dengan melakukan riset melalui Youtube, atau review-review ahli otomotif, Anda bisa mempertimbangkan apakah mobil incaran adalah yang tepat bagi kebutuhan Anda.

    Salah satu channel Youtube terbaik dalam mendapatkan referensi mobil bekas idaman Anda adalah OLX Indonesia.

    3. Beli mobil bekas di tempat terpercaya

    Tips berikutnya adalah beli mobil bekas di tempat terpercaya. Melakukan pembelian di tempat yang merupakan rekomendasi dari kenalan, teman, kerabat atau keluarga, pastinya lebih aman.

    Mencari referensi mobil bekas di platform jual-beli mobil yang terbesar dan ternama di Indonesia adalah sebuah langkah bijak. Platform jual-beli mobil ini biasanya menyediakan berbagai pilihan menarik untuk Anda. 

    Atau menyambangi langsung showroom jual-beli mobil bekas yang memang sudah cukup terkenal dengan cabang yang luas, bisa menjadi langkah berikutnya dalam mengejar mobil bekas impian Anda. 

    Ketika membeli mobil bekas, sebaiknya kita tidak hanya mendatangi satu tempat agar bisa membandingkan harga serta kondisi mobil dari store offline lainnya. 

    Untuk menghadirkan berbagai kemudahan calon konsumen pembeli mobil bekas, tidak lama lagi akan muncul sebuah brand baru yang bergerak di bisnis jual-beli mobil bekas.  

    Di mana akan ada tiga brand dari Grup Astra yang bermain di segmen mobil bekas siap melebur menjadi sebuah identitas baru dengan kekuatan layanan, baik dari sisi offline maupun online.

    Brand baru di bisnis jual-beli mobil bekas ini akan menghadirkan konsep one stop solution bagi masyarakat dan pelanggan yang berkeinginan untuk membeli ataupun menjual mobil dengan cara yang paling mudah dan cepat, dengan berbagai benefit tambahan untuk semakin menambah seamless experience bagi konsumen. 

    Dengan lebih dari 30 store offline serta inspection center yang tersebar di 10 kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, dan Medan, brand baru ini nantinya siap melayani konsumen secara online dan offline untuk mendapatkan mobil bekas idaman Anda.

    Nantikan pengumuman kehadiran brand baru tersebut, jangan sampai terlewatkan informasinya!

    Rebranding
    Platform jual beli mobil online, OLX bersama platform trade in ternama, mobbi serta store offline mobil bekas berkualitas paling dipercaya di Indonesia, mobil88 akan bergabung menjadi satu identitas baru bisnis jual beli mobil bekas terbesar di Indonesia (News.OLX)

    4. Periksa kondisi mobil keseluruhan

    Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam membeli mobil bekas adalah, mengecek kondisi mobil. Mobil bekas yang memiliki rekam servis dan perawatan baik, maka tidak akan menimbulkan masalah kedepannya.

    Periksa secara detail setiap hal-hal penting pada mobil. Misalnya mesin, fitur keamanan, eksterior, interior, dan rekam servis yang dilakukan oleh pemilik mobil sebelumnya

    Jika Anda kurang memahami mobil, bisa mengajak rekan terpercaya yang tau cara memeriksa kondisi mobil. Hal ini agar semua kondisi mobil yang diceritakan penjual bisa langsung dibuktikan.

    Salah satu kesalahan yang umum terjadi saat membeli mobil bekas, yakni tidak memperhatikan mesin. Mobil bisa saja terlihat mulus tanpa lecet dan bersih interiornya. 

    Namun, jika kondisi mesin tidak sehat, akan ada banyak masalah dan pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki mobil.

    5. Cek kelengkapan surat dan dokumen

    Tips terakhir namun juga yang paling utama, ialah memastikan seluruh surat dan dokumen mobil lengkap. Hal ini umumnya adalah hal yang pertama kali ditanyakan saat akan membeli mobil.

    Pengecekan dokumen dan surat sebaiknya dilakukan setelah mempertimbangkan kondisi dan mesin. Ini penting karena akan menjadi pegangan legalitas saat Anda memiliki kendaraan tersebut. 

    Pastikan mobil atau kendaraan yang Anda beli secara bekas memiliki surat lengkap. Selain itu, akan lebih baik bila status pembayaran pajak di mobil masih aktif untuk menghindari pengeluaran tambahan. 

    Itulah 5 tips jitu dalam mencari mobil bekas impian, sehingga kedepannya Anda tidak perlu direpotkan dengan berbagai hal-hal yang tidak terduga setelah memboyong mobil bekas impian tersebut ke garasi rumah.

    Kunjungi OLX atau unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan informasi terbaru tentang otomotif lainnya.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait