Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    Tips & Trik6 Kiat Ini Bikin 'Si Kecil' Tetap Nyaman dan Aman Berkendara Jarak...

    6 Kiat Ini Bikin ‘Si Kecil’ Tetap Nyaman dan Aman Berkendara Jarak Jauh

    News.OLX – Melakukan perjalanan bersama anggota keluarga mengunjungi tempat-tempat yang indah menggunakan mobil kesayangan tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Banyak tempat-tempat indah bisa disambangi demi memperkenalkan betapa indahnya pesona alam Indonesia kepada ‘si kecil’ agar mereka semakin bangga terlahir di Tanah Air.

    Tetapi berkendara bersama ‘si kecil’ tentu tidak sama saat kita bersama orang dewasa. Banyak sekali detail yang perlu diperhatikan agar anak senantiasa merasa nyaman dan tidak bosan selama perjalanan. 

    Kalau jarak tempuhnya dekat mungkin tidak jadi persoalan besar, tapi kalau harus memakan waktu lama, apalagi jika harus berhari-hari, tentu tidak semudah itu.  

    Kali ini kita coba berikan beberapa kiat menarik supaya anak tetap merasa nyaman, aman saat berada di perjalanan menggunakan mobil. 

    Sediakan car seat kalau anak masih usia balita

    Jika membawa anak yang masih usia di bawah lima tahun (balita), sebaiknya sediakan car seat. Car seat akan membuat posisi duduk anak akan jadi lebih aman dan nyaman dibandingkan harus dipangku selama perjalanan. Car seat juga bisa melindungi mereka dari benturan keras. Tetapi bila usia anak sudah cukup atau mampu duduk dengan baik (lebih dari 4 tahun ), tidak menggunakan car seat tidak masalah, tetapi wajib menggunakan sabuk pengaman (seat belt) secara sempurna.

    Buat suasana kabin jadi senyaman mungkin

    Hal ini juga tidak kalah penting, yakni menjaga suasana kabin nyaman. Upayakan sebelum melakukan perjalanan, mobil dicuci dan divakum untuk menjaga kebersihan, baik dari sisi eksterior maupun interior atau di kabin karena hal ini bisa membuat anak jadi betah. Atur penempatan barang serapi mungkin sehingga tidak mengganggu pergerakan anak. Jangan lupa sediakan juga sarana hiburan seperti film, musik atau game agar ‘si kecil’ tidak cepat bosan. Kalau ada benda kesayangan anak yang bisa membuat mereka jauh lebih tenang seperti boneka atau benda apapun yang mereka suka, sebaiknya dibawa serta. Termasuk juga camilan dan minuman kegemarannya. 

    Upayakan anak tidak sampai tantrum di dalam mobil

    Tantrum merupakan kondisi dimana anak menjadi lepas kendali serta emosi berlebihan. Penyebab tantrum pada anak banyak sekali pemicunya, termasuk salah satunya akibat fisik yang kelelahan selama perjalanan. Jika sudah begini, hal sepele yang terjadi bisa memicu anak jadi tantrum. Sebagai orangtua, Anda harus peka dan paham tanda-tandanya, sehingga bisa mengambil keputusan seperti berhenti untuk beristirahat sejenak meredakan emosi anak. Percaya deh, ketika anak tantrum dan itu terjadi di dalam mobil, semua anggota keluarga lainnya juga akan terganggu. Bahkan fokus mengemudi juga buyar dan bisa menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan. 

    Lebih mengenal sifat dan karakter anak

    Sebagai orangtua, Anda tentu yang sangat mengenal sifat serta karakter anak Anda. Dengan lebih mengenal kedua hal ini, bisa menjadi pedoman dalam mengatur perjalanan. Setidaknya, Anda tau apa yang ‘si kecil’ inginkan atau butuhkan selama perjalanan. Dengan begini, anak kesayangan Anda akan jauh lebih tenang dan nyaman bepergian jarak jauh dengan mobil. 

    Ingat! Jangan tinggalkan anak sendirian di dalam mobil

    Meski hanya berhenti untuk sekadar buang air kecil atau membeli sesuatu di tengah perjalanan, jangan pernah Anda berpikir untuk meninggalkan ‘si kecil’ sendirian di dalam mobil. Akan sangat berbahaya dan bisa jadi sebuah penyesalan seumur hidup bagi Anda. Rasa ingin tau anak kecil itu sangat besar, sehingga bisa menimbulkan bahaya ketika ditinggal sendirian di dalam mobil. Kalaupun harus ditinggal, pastikan ada orang dewasa lainnya yang menemani sang anak.

    Tetap rutin melakukan perawatan mobil 

    Yang terakhir yang juga tidak kalah pentingnya adalah selalu menjaga kondisi mobil dalam keadaan prima sebelum melakukan perjalanan. Bagi pemilik mobil Toyota, usahakan untuk rutin melakukan servis dan pengecekan kendaraan setiap 6 bulan sekali di bengkel resmi Auto2000.

    “Membawa anak berkendara dengan mobil merupakan kegembiraan tersendiri. Anda bisa tetap menjaga kondisi mobil Toyota kesayangan Anda terus dalam kondisi prima dengan rutin melaksanakan servis berkala di bengkel Auto2000 terdekat atau memanggil petugas THS Auto2000 Home Service ke rumah,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Selasa (25/7/2023).

    Untuk mempermudah proses servis berkala di Auto2000, bisa dengan melakukan booking terlebih dulu via Auto2000 Digiroom.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait