Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    ReviewApa Itu Freon AC Rumah? Yuk Kenali Fungsi hingga Cara Kerjanya

    Apa Itu Freon AC Rumah? Yuk Kenali Fungsi hingga Cara Kerjanya

    Freon AC adalah komponen penting yang membuat ruangan jadi dingin. Yuk, kenali apa itu freon AC selengkapnya!

    News.OLX – Ketika AC rumah sudah tidak dingin lagi, biasanya tukang yang membersihkannya mengatakan freonnya sudah harus diganti. Hal ini lantaran freon AC memang punya peranan penting untuk mendinginkan ruangan.

    Lantas, sebetulnya apa itu freon AC rumah dan fungsinya pada air conditioner? Yuk, simak selengkapnya dalam pembahasan berikut ini!

    Apa Itu Freon AC Rumah?

    Sebagian besar dari kamu mungkin sudah banyak yang familiar dengan istilah freon. Namun, tidak semua pastinya paham mengenai apa itu freon AC.

    Nah, freon atau refrigerant sendiri sebetulnya merupakan zat kimia yang berbentuk gas. Freon ini selalu ada di setiap jenis air conditioner. Bukan hanya AC rumah, AC mobil pun juga punya zat yang satu ini.

    Hal ini lantaran peranan refrigerant yang memang cukup krusial dalam setiap penyejuk udara, termasuk kulkas di rumah kamu. Mengapa demikian? Karena tanpa adanya freon, penyejuk udara tidak akan bisa menghasilkan dingin sama sekali.

    Jenis-Jenis Freon

    Freon sendiri memiliki beberapa jenis, yang mana memiliki dampak lingkungan yang berbeda-beda. Ada yang ternyata sangat berbahaya, ada pula yang tidak begitu merusak lingkungan.

    Nah, agar lebih jelas, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini.

    1. R22

    R22 adalah salah satu jenis freon yang cukup populer pada masanya. Jenis yang satu ini menggunakan fluida HCFC sebagai komponen pembuatnya.

    Namun, saat ini, jenis R22 sudah jarang orang gunakan di berbagai negara. Bahkan, Indonesia sendiri sudah melarang penggunaannya, lho. Hal ini lantaran dampaknya yang ternyata sangat buruk terhadap lapisan ozon bumi.

    2. R32

    Karena penggunaan R22 sudah tidak boleh lagi, maka muncullah R32 sebagai penggantinya. Sebagai pengganti, R32 ini punya performa yang lebih baik terhadap dinginnya AC, lho.

    Selain itu, jenis freon yang satu ini juga jauh lebih baik terhadap lingkungan. Hal ini lantaran tingkat mudah terbakarnya cukup rendah. Sehingga, tidak akan menyebabkan masalah terhadap lapisan ozon bumi.

    3. R410A

    Jenis terakhir yang beredar di pasaran adalah R410A. Sama seperti R32, dampaknya terhadap lingkungan juga tidaklah besar. Bahkan, nilai ODP atau dampaknya terhadap ozon adalah nol.

    Yang artinya, ini tidak akan membuat ozon bumi rusak sama sekali. Namun, tetap saja ini dapat berdampak pada global warming melebihi R32.

    freon ac (2)

    Bagaimana Cara Kerja Freon Menyejukkan Ruangan?

    Pada pembahasan sebelumnya, kamu sudah mengetahui fungsi dari freon AC rumah. Namun, bagaimana caranya freon ini dapat memberikan udara dingin pada ruangan?

    Nah, sebetulnya freon ini tidak memberikan udara dingin. Melainkan freon akan menyerap udara panas yang ada di ruangan. 

    Nantinya, udara ini akan dikeluarkan ke luar ruangan. Inilah mengapa pada kipas AC di bagian luar akan terasa panas. 

    Freon yang berada di dalam kompresor ini nantinya akan dikompresi dan berubah menjadi cairan yang panas. Cairan tersebut nantinya akan mengalir lewat pipa kondensor. Saat melewati pipa ini, suhu panas pada cairan ini akan diserap oleh udara dari luar yang berada di kondensor.

    Bentuk dari freon ini akan kembali berubah menjadi gas dan bersuhu dingin. Gas ini kemudian akan bergerak melalui katup ekspansi yang menurunkan tekanannya hingga suhunya jadi turun. Gas inilah yang membuat udara di ruangan kemudian terasa dingin.

    Nah, itulah sedikit penjelasan tentang apa itu freon AC dan bagaimana cara kerjanya untuk mendinginkan ruangan.

    Kalau kamu ingin mencari jasa AC atau mengganti AC dengan yang baru, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait