Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    InformasiApa Saja Syarat Cabut Berkas Mobil? Ini Dokumennya

    Apa Saja Syarat Cabut Berkas Mobil? Ini Dokumennya

    Syarat cabut berkas mobil terdiri dari dokumen yang wajib diserahkan saat pengurusan mutasi. Cek apa saja dokumen beserta biaya dan prosedurnya.

    News.OLX – Cabut berkas mobil terdiri dari penarikan surat-surat asli mobil dari instansi yang berwenang. Pelaksanaanya melibatkan sejumlah syarat cabut berkas mobil sebagaimana yang berlaku menurut regulasi.

    Bermula karena penjualan, relokasi, atau pelepasan masa pakai kendaraan, prosedur ini berlaku untuk memutus kepemilikan kendaraan yang bersangkutan.

    Apabila dalam waktu dekat kamu berencana bakal menjual mobil, pindah rumah, atau menyetop operasional kendaraan roda empat, mempelajari syarat cabut berkas mobil dan informasi terkait akan memudahkan kamu dalam menjalani setiap tahapannya.

    Berapa Biaya Cabut Berkas Mobil?

    Cabut berkas mobil dapat dikenakan biaya. Biaya ini mencakup biaya administrasi dan juga pajak. Inti dari struktur pendanaan ini berupa biaya administrasi yang tak bisa ditawar, dipatok sebesar Rp250.000.

    Namun, urusan pembiayaan proses ini masih berlanjut, dengan adanya kewajiban pelunasan pajak kendaraan yang masih menunggak.

    Seandainya kamu memutuskan untuk mengurus pajak-pajak tersebut langsung pada saat cabut berkas mobil, maka kalkulasi jumlah pajak yang harus kamu tanggung akan menjadi urusan petugas di kantor samsat setempat.

    Apa Saja Syarat Cabut Berkas Mobil?

    Syarat cabut berkas mobil

    Cabut berkas mobil perlu persiapan yang matang. Kamu perlu melengkapi berbagai dokumen pendukung jauh-jauh hari. Setelah menyelesaikan tahap preparasi, kamu pun dimandatkan untuk menunjukkan kelengkapan ini ke samsat setempat.

    Adapun syarat cabut berkas mobil antara lain adalah sebagai berikut:

    • KTP (asli dan salinan)
    • STNK (asli dan salinan)
    • BPKB (asli dan salinan)
    • Kartu Keluarga (asli dan salinan)
    • Bukti pembelian mobil  berupa kwitansi beserta materai sepuluh ribu

    Bagaimana Prosedur Cabut Berkas Mobil?

    Setelah melengkapi syarat cabut berkas mobil, ikuti serangkaian tahapan sistematis berikut untuk mengurus mutasi:

    1. Serahkan syarat cabut berkas mobil di loket samsat sembari mengajukan formulir inspeksi kendaraan.
    2. Pemeriksaaan selanjutnya akan diadakan bersama-sama oleh petugas. Ini termasuk cek fisik serta gesek nomor mesin dan rangka mobil.
    3. Petugas akan mengembalikan hasil cek dengan biaya administrasi wajib dan pajak (opsional).
    4. Kamu bakal memperoleh berkas baru dan surat jalan untuk pengurusan mutasi di daerah tujuan.

    Sebagai catatan, rangkaian tahapan ini bisa berlangsung sampai 21 hari sejak penyerahan syarat cabut berkas mobil. Jadi, kamu wajib bersabar menunggu sampai surat jalan terbit.

    Urusan cabut berkas mobil ini memang agak menyulitkan dan memakan waktu. Namun, untuk kasus beli mobil bekas, OLX punya solusi yang dijamin simpel. Cukup dengan modal smartphone, kamu sudah bisa menemukan mobil idaman dengan mudah.

    Jadi, buat apa menunda lebih lama lagi? Download aplikasi OLX sekarang di Google Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait