Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    ReviewBattle Mobil Double Cabin, Toyota Hilux Vs Mitsubishi Triton, Mana yang Paling...

    Battle Mobil Double Cabin, Toyota Hilux Vs Mitsubishi Triton, Mana yang Paling Tangguh?

    Membandingkan dua mobil double cabin antara Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton, siapa yang menang?

    News.OLX – Mengulas perbandingan antara duo mobil double cabin antara Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton selalu menjadi pembahasan menarik. Soalnya, kedua mobil ini dikenal karena ketangguhannya yang patut diacungi jempol.

    Tak ayal, tak sedikit orang yang bingung dalam menempatkan hatinya untuk memilih kedua mobil berpenggerak empat roda ini.

    Namun, jangan bingung. Kali ini, kita akan coba mengulas serta membandingkan dua mobi tersebut pada varian tertingginya, yaitu Toyota Hilux 2.4 V Diesel AT 4×4 dan Mitsubishi Triton Ultimate AT 4WD.

    Berikut penjelasan perbandingan antara Toyota Hilux 2.4 V Diesel AT 4×4 dan Mitsubishi Triton Ultimate AT 4WD dari sisi eksterior, interior, fitur, dan juga performa mesin.

    Eksterior

    Jika melihat dari segi tampilan eksterior, Mitsubishi Triton memang terlihat lebih modern dibandingkan dengan Toyota Hilux. Desain eksterior Triton memiliki kesan yang lebih segar dan kontemporer.

    Salah satu poin yang menonjol pada Triton adalah konsep desain yang dikenal sebagai Dynamic Shield. Desain ini melibatkan perpaduan antara grill, lampu depan, dan bumper yang mirip dengan model Mitsubishi lainnya seperti Xpander dan Pajero Sport.

    Hal ini memberikan kesan yang konsisten dan mengidentifikasi Triton sebagai bagian dari keluarga desain Mitsubishi yang lebih baru.

    Di sisi lain, Toyota Hilux memiliki tampilan yang lebih simpel. Meskipun ada kesamaan dalam gaya desain depan dengan saudaranya, yaitu Fortuner, namun tampilan bumper Hilux tidak seagresif pada model Fortuner tersebut.

    Pilihan tampilan eksterior antara Triton dan Hilux sangat tergantung pada preferensi pribadi. Jika kamu menyukai desain yang lebih modern dan mencolok, Triton mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

    Namun, jika kamu lebih suka tampilan yang lebih tenang, simpel, serta tidak terlalu menonjolkan banyak aksen, Hilux dapat menjadi opsi yang lebih tepat.

    Dimensi

    Ketika membandingkan mobil double cabin, dimensi mobil dan bak pengangkut barang juga perlu diperhatikan. Toyota Hilux memiliki dimensi bodi dengan panjang 5.325 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.815 mm, dengan wheelbase sepanjang 3.085 mm.

    Sedangkan dimensi bak pengangkut barang Hilux memiliki panjang 1.525 mm, lebar 1.540 mm, dan tinggi 480 mm, dengan kapasitas sekitar 998,9 liter.

    Di sisi lain, Mitsubishi Triton varian Ultimate memiliki dimensi bodi dengan panjang 5.305 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.795 mm. Dimensi bak pengangkut barang pada Triton adalah panjang 1.520 mm, lebar 1.470 mm, dan tinggi 475 mm, dengan kapasitas sekitar 961,39 liter.

    Jika melihat angka-angka tersebut, memang Toyota Hilux lebih menyediakan ruang yang lebih luas bagi penumpang dan kapasitas bak yang lebih besar untuk mengangkut barang.

    Hal ini menunjukkan bahwa Hilux dapat menjadi pilihan yang lebih akomodatif jika kamu memiliki kebutuhan untuk mengangkut penumpang atau barang dalam jumlah yang lebih banyak.

    Dalam hal tampilan interior, baik Toyota Hilux maupun Mitsubishi Triton menawarkan kesan yang lebih modern untuk sebuah mobil double cabin. Pada Triton terdapat logo tiga berlian, desain interiornya terlihat modern dan up-to-date.

    Triton menawarkan material jok, setir, dan tuas persneling yang dilapisi dengan kulit berkualitas, memberikan sentuhan mewah pada kabin.

    Pada bagian tengah dashboard, terdapat head unit touchscreen berukuran 7 inci yang dapat mengakomodasi berbagai fitur audio seperti AUX, HDMI, DVD, serta mendukung konektivitas dengan Apple CarPlay. Fitur-fitur modern seperti kamera parkir dan fitur lainnya juga tersedia.

    Selain itu, Triton dilengkapi dengan tombol multifungsi atau steering switch pada setir, yang memungkinkan pengendara mengatur sistem audio, konektivitas, dan pengaturan MID (Multi-Information Display) dengan mudah. Panel MID pada Triton dirancang dengan menarik, dengan tampilan Liquid Crystal yang memberikan kesan yang modern dan futuristik.

    Sementara pada kabin Hilux, secara desain cukup menarik dengan gaya dashboard menumpuk. Apalagi di bagian interior ini kebanyakan menggunakan bahan plastik hitam yang tahan banting serta mudah dibersihkan ketika dipakai off-road.

    Kamu juga bisa merasakan sentuhan premium pada bagian setir dan bangku yang sudah dilapis dengan  kulit. Selain itu bangkunya sudah dilengkapi dengan pengaturan elektrik, ditambah setir yang bisa disetel teleskopik dan tilt.

    Pada bagian tengah dashboard, hadir head unit yang sudah layar sentuh dengan berbagai fitur, seperti radio, Bluetooth, AUX, dan USB. Kemudian di bagian bawah ada pengaturan AC yang sudah digital dengan penyetelan otomatis.

    Sistem hiburannya juga sudah menggunakan layar sentuh. Konektivitas seperti bluetooth, USB dan Apple CarPlay juga tersedia, jadi bisa menghibur selama bertualang.

    Fitur

    Mitsubishi Triton menawarkan berbagai fitur canggih dan lengkap yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penumpang.

    Salah satunya adalah fitur Multi Around Monitor yang memberikan informasi visual mengenai objek-objek di sekitar mobil, membantu pengemudi dalam manuver dan parkir.

    Selain itu, Triton juga dilengkapi dengan fitur Blind Spot Warning yang memberikan peringatan jika ada kendaraan yang ingin menyalip dari belakang, dan Rear Cross Traffic Alert yang memberikan notifikasi audio saat mendeteksi adanya objek di belakang mobil, terutama saat sedang melakukan parkir.

    Triton juga menawarkan fitur Forward Collision Mitigation yang memberikan peringatan dan melakukan pengereman otomatis jika mendeteksi adanya pejalan kaki atau objek lain di depan mobil, untuk mengurangi risiko kecelakaan.

    Tak kalah lengkap, pada Toyota Hilux terdapat Airbags termasuk Front Driver Airbag, Passenger Airbag, dan Driver Knee Airbag yang berfungsi untuk melindungi dan meminimalisir cedera parah jika terjadi kecelakaan.

    Terdapat pula fitur keamanan yang tersemat pada bagian rem yaitu Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-Force Distribution (EBD).

    Fungsinya adalah untuk memastikan keamanan maksimum saat kamu melakukan pengereman tanpa terjadi slip atau tergelincir dan menjaga kendaraan tetap dalam keadaan stabil.

    Pada tipe G dan V, terdapat beberapa fitur canggih yang juga mampu melindungi pengemudi maupun penumpang dari hal-hal tidak diinginkan.

    Seperti, fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Trail Sway Control untuk menjaga keseimbangan kendaraan saat menikung agar tidak terjadi over-steering atau under-steering. Fitur tersebut juga akan menjaga barang bawaan kamu yang ada di ruang bagasi menjadi lebih aman dalam posisi semestinya.

    Dibekali juga dengan fitur Hill Assist Control pada tipe G dan V agar kendaraan tetap melaju stabil dan tidak tergelincir mundur saat berada di jalanan menanjak.

    Selain itu, fitur Emergency Brake Signal (EBS) dengan teknologi khusus untuk memberi kamu peringatan agar selalu menjaga jarak aman ketika berkendara sehingga terhindar dari kecelakaan.

    Terakhir, Hilux Double Cabin dilengkapi Immobilizer dengan sistem keamanan terbaik untuk mencegah terjadinya pencurian mobil. Fitur ini sudah ada di ketiga tipe mobil Hilux, sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkannya.

    Performa mesin

    Mengulas performa mesin Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton memang penting dalam membandingkan kedua mobil tersebut. Dalam hal ini, kami mencoba membandingkan hasil uji coba drag race sejauh 201 meter.

    Hasil uji coba ini menunjukkan bahwa Mitsubishi Triton berhasil memenangkan persaingan dengan waktu 11 detik, sedangkan Toyota Hilux mencatatkan waktu 12,2 detik.

    Hal yang sama terjadi pada akselerasi 0-100 km/jam, di mana Triton mencapai waktu 10,3 detik, sedangkan Hilux mencapai waktu 13,4 detik.

    Meskipun Triton memiliki performa mesin yang lebih unggul dalam tes tersebut, Toyota Hilux memiliki keunggulan dalam konsumsi bahan bakar. Dalam hal ini, perbandingan dilakukan dengan tes perjalanan dalam kota dan juga jalanan bebas hambatan alias tol.

    Menurut data yang ditampilkan pada MID (Multi-Information Display) masing-masing mobil, Hilux mencatatkan angka konsumsi bahan bakar sebesar 11,3 km/liter untuk perjalanan dalam kota dan 14,3 km/liter untuk perjalanan di jalan tol.

    Sementara Triton mencatatkan angka konsumsi bahan bakar sebesar 10,3 km/liter untuk perjalanan dalam kota dan 13,1 km/liter untuk perjalanan di jalan tol.

    Harga

    Bicara harga, keduanya tidak memiliki banyak perbedaan. Mitsubishi Triton dibanderol mulai dari Rp 434 juta, hanya selisih sekitar Rp 4 juta dengan Toyota Hilux yang dibanderol mulai dari Rp 438 jutaan.

    Mengingat harga keduanya tidak berbeda jauh, kamu bisa pertimbangkan aspek lain jika ingin membeli salah satunya. Contohnya dari aspek performa, Mitsubishi Triton memiliki hasil tes drag race dan akselerasi yang baik. Namun, Toyota Hilux memberikan keunggulan dalam efisiensi bahan bakar, dengan angka konsumsi yang lebih baik.

    Jadi, soal pilihan, semua kembali lagi ke preferensi kamu. Yang jelas, pastikan semuanya sudah dipertimbangkan dengan baik, ya!

    Dapatkan informasi menarik lainnya di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait