Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBelajar dari Kasus Porsche Vs Grand Livina, Lakukan Teknik ini Saat Berkendara

    Belajar dari Kasus Porsche Vs Grand Livina, Lakukan Teknik ini Saat Berkendara

    Belajar dari kasus tabrakan Porsche vs Grand Livina, berikut ini teknik defensive driving untuk keselamatan berkendara.

    News.OLX – Lagi-lagi, insiden tabrakan mencuat di jalan raya. Kali ini, adegannya melibatkan Porsche 911 Carrera S dan Nissan Grand Livina di ruas Tol Kejapanan-Sidoarjo, tepatnya pada hari Minggu (17/3/2024). 

    Berdasarkan laporan polisi, kejadian tersebut terjadi di KM 768.400/B menuju arah Sidoarjo. Grand Livina mengalami tabrakan dari bagian belakang oleh Porsche, menyebabkan dua orang mengalami cedera ringan sementara satu lainnya mengalami luka serius.

    Melihat kejadian tersebut, risiko kecelakaan pasti ada terus walau sudah berusaha mengemudi dengan aman. Seperti Porsche yang menabrak dari belakang, kadang tidak diduga oleh Grand Livina selaku kendaraan yang ditabrak. 

    Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dan mengimplementasikan teknik-teknik defensive driving agar dapat mengurangi risiko kecelakaan saat berkendara.

    Teknik Defensive Driving

    Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, menjelaskan bahwa risiko kecelakaan selalu ada dan tidak bisa dihindari sepenuhnya. Namun, dengan menerapkan teknik mengemudi defensif, risiko tersebut dapat diminimalisir. 

    Teknik ini terdiri dari beberapa jurus, antara lain:

    1. Jaga Kecepatan dan Jarak

    Salah satu kunci utama dalam mengemudi defensif adalah menjaga kecepatan kendaraan serta jarak dengan kendaraan di depan. Porsche yang melaju kencang di kasus tersebut menjadi contoh bagaimana kecepatan berlebih dapat berakibat fatal.

    Mobil yang bergerak terlalu cepat dapat menimbulkan bahaya, terutama di jalan tol yang seringkali ramai. Selain itu, jarak yang cukup antara kendaraan memungkinkan waktu reaksi yang lebih baik jika terjadi situasi darurat.

    2. Komunikasi dan Observasi

    Komunikasi antar pengendara juga sangat penting dalam mengurangi risiko kecelakaan. 

    Selalu memberikan isyarat dengan lampu sein dan menggunakan klakson dengan bijak dapat membantu menghindari tabrakan yang tidak diinginkan. 

    Selain itu, observasi terhadap kondisi di sekitar jalan juga perlu dilakukan secara terus-menerus untuk mengantisipasi potensi bahaya.

    3. Hindari Reaksi Emosional

    Saat mengemudi, terkadang kita akan dihadapkan pada situasi-situasi yang menegangkan atau menjengkelkan. Namun, penting untuk tetap tenang dan mengendalikan emosi. 

    Reaksi emosional seperti marah atau frustasi hanya akan meningkatkan risiko kecelakaan. Sebaliknya, dengan tetap tenang dan mengendalikan emosi, kita dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan mengurangi kemungkinan terlibat dalam kecelakaan.

    porsche (4)

    Pentingnya Menerapkan Teknik Defensive Driving untuk Keselamatan Berkendara

    Marcell Kurniawan, Direktur Pelatih The Real Driving Centre (RDC), menjelaskan pentingnya menerapkan teknik defensive driving dalam setiap perjalanan. Selain menjaga keselamatan pengemudi, teknik ini juga melatih pengemudi untuk bersikap tenang dan bertanggung jawab di jalan.

    Menerapkan teknik mengemudi defensif akan sangat membantu pengendara yang hendak melakukan perjalanan jauh seperti mudik lebaran 2023 yang akan berlangsung dalam waktu dekat. 

    Tujuan utama dari mudik adalah berkumpul dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman. Oleh karena itu, keselamatan selama perjalanan menjadi hal yang mutlak.

    Teknik mengemudi defensif tidak hanya penting di jalan tol, namun juga di jalan-jalan kecil. Contohnya adalah saat menghadapi pengendara yang melawan arus. Mengalah dan tetap tenang adalah sikap yang bijaksana dalam situasi tersebut.

    Dalam berkendara, risiko kecelakaan tidak bisa dihindari sepenuhnya. Namun, dengan menerapkan teknik mengemudi defensif, kita dapat mengurangi risiko tersebut. Penting untuk selalu menjaga kecepatan dan jarak, berkomunikasi dengan baik dengan pengendara lain, serta mengendalikan emosi agar tetap tenang di jalan.

    Jangan lupa untuk terus mengasah keterampilan mengemudi defensif kamu, karena keselamatan di jalan adalah tanggung jawab bersama. Yuk, menjadi pengemudi yang lebih bertanggung jawab dan selalu menjaga keselamatan diri serta orang lain di jalan raya.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai keselamatan berkendara dan seputar otomotif seperti mobil Porsche, Grand Livina dan lainnya, kunjungi situs OLX atau unduh aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait