Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBiar Awet, Ini 5 Cara Merawat Mikrofon

    Biar Awet, Ini 5 Cara Merawat Mikrofon

    Mikrofon sebaiknya dirawat dengan tepat agar tidak berkurang kualitasnya. Ikuti cara ini agar mikrofon awet!

    News.OLX – Bagi seorang penyanyi, mikrofon yang berkualitas jelas penting agar output suaranya bagus. Inilah mengapa banyak orang, bukan hanya penyanyi, yang kemudian cukup ketat soal perawatannya.

    Nah, kalau kamu pun ingin mic tetap bisa menghasilkan output yang jernih dan awet, maka kamu harus rutin merawatnya. Agar tidak salah, kamu bisa lakukan cara merawat mikrofon berikut ini.

    1. Hidup dan Matikan Mikrofon sesuai Panduan

    Jika kamu ingin mic awet dan output suaranya jernih, yang bisa kamu lakukan adalah menghidupkan dan mematikannya sesuai panduan. Ini sudah jadi langkah pertama dalam perawatan untuk tiap alat elektronik.

    Kenapa ini penting? Tentunya karena ini berkaitan dengan kestabilan aliran listriknya nanti. Ketika akan menghidupkan, pastikan switch power mikrofon memang dalam keadaan mati.

    Sebaliknya, saat akan mematikan, pastikan lebih dulu apakah switch power mikrofon dalam keadaan off atau tidak. Jika masih menyala, kamu harus matikan dulu power-nya baru mencabut colokannya.

    2. Simpan di Tempat yang Aman

    Selain cara menghidupkan dan mematikan, kamu juga harus menyimpan mic di tempat yang aman. Maksudnya aman adalah kamu harus menyimpannya di box khusus mic yang memiliki bantalan busa di dalamnya.

    Pastikan pula box ini kamu simpan di tempat yang bersih dan kering. Selain itu, kamu juga harus pastikan mic tidak tersimpan di tempat yang lembab. Karena kalau kamu simpan secara asal-asalan, jangan heran saat mic mendadak error

    3. Selalu Bersihkan secara Rutin

    Hal lainnya yang bisa kamu lakukan untuk merawat mic adalah dengan selalu membersihkannya secara rutin. Selain mic, bersihkan pula perangkat-perangkat lainnya.

    Kamu bisa bersihkan menggunakan pembersih khusus untuk membersihkan bagian permukaannya. Cukup semprot dan lap permukaan mic hingga bersih, lalu keringkan. Jika sudah, barulah kamu simpan kembali ke dalam box-nya. 

    Untuk bagian dalamnya, kamu tidak disarankan untuk membersihkannya jika kurang paham soal mic. Namun, kalau memang ada seseorang yang ahli, kamu bisa memintanya untuk juga membersihkan bagian dalam mic.

    mikrofon (1)

    4. Hindari dari Benturan

    Poin yang keempat ini juga penting dalam cara merawat mikrofon, yaitu menghindarinya dari benturan. Sebetulnya, ada baiknya mic tidak sering kamu bawa atau pindahkan, kecuali hand mic.

    Untuk mic kondensor, sebaiknya tidak sering kamu bawa maupun pindahkan karena bisa saja terjatuh dan mengalami benturan. Jika sudah seperti ini, bagian diafragma mic mungkin akan mengalami kerusakan.

    Ketika ini terjadi, sensitivitas mic bisa berkurang atau bahkan hilang. Sehingga, kualitas output mic jadi kurang maksimal. 

    5. Gunakan sesuai Jenis Mikrofon

    Terakhir, yang bisa kamu lakukan untuk merawat mic adalah dengan menggunakannya sesuai dengan jenisnya. Setiap jenis mic itu pastilah memiliki salah satu komponen yang membedakan.

    Inilah yang akhirnya membuat output dan sensitivitas dari tiap mic berbeda-beda. Karena itu, cara penggunaan dan perawatannya pun akan berbeda. 

    Nah, sekian beberapa cara merawat mikrofon yang bisa kamu lakukan agar mic tetap awet dan kualitas suaranya tetap baik.

    Kalau kamu ingin mencari mic baru atau alat pendukung lainnya, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait