Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    InformasiBiaya Service Kaki-kaki Mobil untuk Avanza dan Xenia, Habis Berapa?

    Biaya Service Kaki-kaki Mobil untuk Avanza dan Xenia, Habis Berapa?

    Service kaki-kaki mobil penting untuk kenyamanan berkendara. Berapa sih biaya service kaki-kaki mobil Avanza dan Xenia?

    News.OLX – Service kaki-kaki mobil sangat penting karena berpengaruh pada kondisi komponen tersebut. Kaki-kaki mobil menjadi salah satu faktor kenyamanan dalam berkendara. 

    Seiring bertambahnya usia, kendaraan seperti Avanza dan Xenia pun rentan mengalami masalah pada bagian kaki. Misalnya, muncul suara bergemuruh ketika berkendara. Jika sudah demikian, saatnya kamu melakukan service kaki-kaki mobil. Pertanyaannya, berapakah biayanya?

    Biaya Service Kaki-kaki Mobil

    Service kaki-kaki mobil umumnya membutuhkan biaya yang terjangkau. Sebagai contoh, unit macam Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia memiliki tarif perbaikan shockbreaker belakang di kisaran Rp277 ribu. Sedangkan bagian depan, sekitar Rp382 ribu. 

    Adapun banderol satuan shockbreaker sekitar Rp850 hingga 950 ribuan. Sementara, harga shockbreaker belakang di kisaran Rp450 ribuan untuk per item. Berikut adalah kisaran harga  penggantian kaki-kaki mobil di luar jasa:

    • Bushing arm Rp300 ribuan
    • Tie rod Rp340 ribuan
    • Ball joint Rp90 hingga Rp150 ribuan
    • Link stabilizer Rp40 ribuan
    • Bearing belakang Rp80 ribuan
    • Bearing depan Rp160 ribuan

    Sebagai catatan, komponen kaki-kaki mobil untuk Avanza dan Xenia memiliki biaya spare part yang tidak jauh berbeda.

    Komponen Kaki-Kaki Mobil yang Biasa Diganti

    Sebelumnya sudah disebutkan beberapa komponen kaki-kaki mobil yang biasanya diganti saat kamu melakukan service mulai dari ball joint hingga shockbreaker. Berikut penjelasan setiap komponen tersebut.

    1. Ball Joint

    Ball joint menjadi salah satu bagian yang sering terkena masalah. Untuk menggantinya, kamu butuh dana sekitar Rp80 ribu untuk pembelian per buah.

    2. Link Stabilizer dan Karet D 

    Banderol link stabilizer dan karet D ini terpantau sekitar Rp80 ribu per buah. Sedangkan karet D dijual mulai dari Rp50 ribu.

    3. Laher Roda 

    Laher roda mobil punya fungsi untuk membuat sistem di dalam mobil supaya roda dapat bergerak. Bila mengalami kerusakan dan harus menggantinya, harga laher roda ini berada di kisaran Rp100 ribu per buah.

    4. Tie Rod dan Long Tie Rod

    Untuk melakukan penggantian Tie Rod dan Long Tie Rod baru, kamu harus menyiapkan anggaran sekitar Rp325 ribu.

    5. Rack Steer 

    Salah satu penyebab Rack Steer rusak adalah kebiasaan menghantam lubang jalan. Jika rusak, kamu harus mengganti dengan mengeluarkan biaya Rp1,3 juta

    6. Shockbreaker 

    Berdasarkan penelusuran, banderol shockbreaker mencapai Rp1,6 juta untuk satu set atau sebanyak empat buah untuk semua roda. 

    Nah, jika kamu menemukan tanda-tanda kerusakan dari salah satu komponen tersebut, jangan pikir panjang. Segera lakukan langkah perbaikan atau penggantian jika memang perlu. Sebab, komponen tersebut menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan kamu selama berkendara.

    Itulah informasi seputar biaya service kaki-kaki mobil untuk Avanza dan Xenia. Seiring bertambahnya usia kendaraan, kamu harus cermat mengetahui tanda-tanda berkurangnya fungsi komponen tertentu. Lakukan sebelum terlambat. 

    Kamu bisa mendapatkan referensi layanan servis lewat OLX. Segera download aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store, sekarang!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait