Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikNggak Perlu ke Bengkel, Lakuin ini Buat Ngisi Freon AC Mobil Sendiri

    Nggak Perlu ke Bengkel, Lakuin ini Buat Ngisi Freon AC Mobil Sendiri

    Freon AC mobil merupakan salah satu komponen utama yang menunjang kenyamanan dalam, mengemudi. Apalagi jika kondisi cuaca sedang panas-panasnya.

    News.OLX – Namun, freon AC mobil bisa habis dan menyebabkan ruang kabin jadi panas. Sebab itu, kamu dianjurkan untuk selalu memperhatikan kondisi freon AC mobil secara berkala.

    Secara umum, pemilik mobil akan segera menuju bengkel untuk mengisi ulang freon mereka yang telah habis. Namun, tahukah kamu bahwa kamu bisa melakukan pengisian freon AC mobil sendiri di rumah tanpa harus repot-repot pergi ke bengkel.

    Lantas, bagaimana cara mengisi freon AC mobil secara mandiri? Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan berikut ini serta beberapa tips untuk menjaga AC mobil tetap berfungsi dengan baik.

    1. Mengosongkan sisa freon

    Langkah pertama sebelum mengisi kembali freon AC mobil adalah dengan mengosongkan sisa freon lama yang tersisa. Hal ini sangat penting karena jika freon lama masih ada di dalam sistem, itu bisa memengaruhi kinerja AC.

    Untuk melakukan ini, kamu perlu memasang alat manifold gauge atau manometer gauge. Manifold gauge adalah alat yang digunakan untuk membaca tekanan dalam sistem AC. Pastikan tekanan dalam sistem berada dalam rentang yang direkomendasikan.

    2. Membersihkan AC dan freon yang tersisa

    Sekarang, setelah freon lama telah dikosongkan, kamu perlu membersihkan sistem AC untuk memastikan tidak ada sisa freon lama yang menempel. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan mesin vakum. Mesin vakum membantu menghilangkan sisa-sisa uap air yang mungkin masih ada dalam sistem AC.

    Sisa-sisa uap air yang tidak dibersihkan dapat bercampur dengan udara dan mempengaruhi kinerja AC mobil, bahkan menyebabkan masalah seperti pembentukan es yang tidak diinginkan.

    3. Memberikan pelumas pada kompresor AC

    Sebelum mengisi freon AC, sangat penting untuk memberikan pelumas pada kompresor AC. Ini membantu mengurangi risiko kerusakan pada kompresor kendaraanmu. 

    Kamu bisa menambahkan oli pelumas sebanyak 5-10 cc ke dalam kompresor AC mobil menggunakan gelas ukur. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang ada dan pastikan oli pelumas masuk ke dalam kompresor dengan sempurna.

    freon ac mobil (2)

    4. Melakukan pengisian freon baru

    Setelah semua persiapan di atas telah selesai, kamu siap untuk mengisi freon AC mobil. Ingatlah bahwa AC mobil harus dimatikan selama proses pengisian.

    Proses pengisian freon AC mobil dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu melalui saluran tekanan rendah dan tinggi. Mari kita bahas keduanya.

    Pertama adalah pengisian freon melalui saluran tekanan rendah. Melakukan metode ini memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Sebab itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

    Pengisian saluran tekanan rendah

    1. Hidupkan mesin mobil dengan putaran antara 2.000-3.000 rpm.
    2. Hidupkan AC mobil dengan suhu maksimal.
    3. Gunakan manifold gauge untuk mengisi freon ke saluran hisap (suction) pada kompresor AC. Pastikan kran tabung freon ditutup rapat.
    4. Buka kran tekanan rendah perlahan-lahan untuk mengisi freon. Pastikan bahwa freon yang masuk berupa gas, bukan cairan.
    5. Perhatikan tekanan freon AC mobil. Pastikan bahwa tekanan rendah berada dalam rentang yang benar. 
    6. Setelah semua langkah ini selesai, pastikan untuk memeriksa apakah ada kebocoran di sistem AC dengan menggunakan alat deteksi kebocoran.

    Pengisian saluran tekanan tinggi

    Jika ini adalah pertama kalinya kamu mencoba mengisi freon AC mobil sendiri, metode tekanan tinggi mungkin lebih cocok untuk kamu. Ini adalah langkah-langkahnya.

    1. Naikkan tekanan freon dengan memanaskan freon menggunakan alat pengisian khusus yang disebut charging station.
    2. Pastikan mesin mobil dan AC dalam keadaan mati.
    3. Pasang manifold gauge dengan kran tekanan rendah ditutup dan kran tekanan tinggi dibuka.
    4. Tuangkan freon cair ke dalam sistem AC mobil dengan membalikkan tabung freon.
    5. Tunggu beberapa saat sampai proses pengisian freon selesai.

    Mudah, bukan? Jadi, tidak ada alasan lagi untuk membiarkan freon AC mobil kamu habis, ya.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait