Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Mengatasi Dashboard Mobil Kusam

    Cara Mengatasi Dashboard Mobil Kusam

    Dashbord kusam? Begini cara mengatasinya!

    Dashboard mobil adalah salah satu bagian penting dalam kendaraan yang memiliki peran ganda. Selain sebagai papan instrumen yang menampilkan informasi vital seperti kecepatan dan jumlah bahan bakar, dashboard juga merupakan elemen desain interior yang mencirikan tampilan keseluruhan mobil.

    Namun, seiring berjalannya waktu, dashboard mobil dapat mengalami masalah seperti kusam dan berkurangnya estetika.

    Tampilan dashboard yang kusam bisa mengganggu pengalaman berkendara. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini dan mengembalikan kilau dashboard seperti baru.

    Bersihkan secara rutin

    Mengutip laman resmi Daihatsu, dikatakan untuk merawat dashboard mobil yang kusam adalah dengan membersihkannya secara rutin. Gunakan lap microfiber yang lembut untuk menghapus debu, kotoran, dan noda yang menempel pada permukaan dashboard.

    Baca juga: Mengenal Dashboard Mobil, Ini Fungsi, Bagian dan Komponennya

    Pastikan kamu membersihkan semua sudut dan lipatan dengan hati-hati. Hindari penggunaan pembersih yang bersifat abrasif atau mengandung alkohol tinggi, karena dapat merusak lapisan pelindung dan mengakibatkan dashboard semakin kusam.

    dashboard 2

    Gunakan pembersih dashboard yang tepat

    Pilih pembersih khusus dashboard yang dirancang untuk perawatan interior mobil. Produk ini biasanya mengandung formula yang aman untuk permukaan dashboard dan tidak akan merusaknya.

    Selain itu, pilih pembersih yang juga memberikan efek mengkilap sehingga dashboard akan tampak lebih segar dan bercahaya.

    Gunakan Pelindung UV

    Paparan sinar matahari UV dapat menyebabkan dashboard menjadi kusam dan bahkan retak. Untuk melindungi dashboard mobil dari kerusakan akibat sinar UV, gunakan pelindung UV yang dirancang khusus untuk interior mobil.

    Baca juga: 45 Wastafel Berdesain Dashboard Mobil Ramaikan Monas

    Pelindung ini akan membantu menjaga warna dan kilau dashboard. Pelindung dashboard dari UV atau sorotan sinar matahari ini biasanya ditempelkan dan dibentangkan di sepanjang kaca mobil bagian dalam.

    Hindari dari minyak

    Produk perawatan interior mobil yang berbasis minyak dapat meninggalkan residu yang membuat dashboard semakin kusam seiring waktu.

    Pilih produk yang bersifat air atau berbasis gel untuk menjaga kebersihan dan kilau dashboard kamu. Juga hindari memegang dashboard dengan kondisi tangan yang berminyak.

    Jangan biarkan makanan atau minuman tumpah

    Hindari mengonsumsi makanan atau minuman di dalam mobil, terutama jika anda rentan tumpah atau berserakan.

    Baca juga: Keren, Ada Fasilitas Cuci Tangan di TransJakarta Bergaya Dashboard Mobil

    Noda dari makanan dan minuman dapat merusak dashboard dan membuatnya kusam. Jika terjadi tumpahan, segera bersihkan dengan pembersih yang sesuai.

    Gunakan alas dashboard

    Menggunakan penutup dashboard adalah cara efektif untuk melindungi dashboard dari kerusakan akibat sinar matahari, debu dan goresan.Selain itu, penutup dashboard juga dapat memberikan tampilan yang lebih rapi dan estetis. Alas atau penutup dashboard ini biasanya tersedia dalam berbagai bahan, dari bludru higga sintetis.

    Perawatan rutin

    Selain mengatasi dashboard yang sudah kusam, lakukan perawatan rutin dengan menjaga kebersihan interior mobil secara keseluruhan. Hal ini akan membantu mencegah kotoran dan debu menumpuk di dashboard.

    Ke ahli detailing

    Jika kamu merasa bahwa dashboard mobil sangat kusam dan sulit untuk dikembalikan ke kondisi semula, pertimbangkan untuk mengonsultasikan masalah ini kepada ahli detailing mobil.

    Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Speedometer Mobil Juga Perlu Dirawat!

    Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang proper untuk mengatasi masalah dashboard yang parah. Demikian ulasan cara memperbaiki dashboard kusam mobil kusam.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait