Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikHarus Tepat, Begini Cara Mengukur Tekanan Ban Mobil

    Harus Tepat, Begini Cara Mengukur Tekanan Ban Mobil

    Tekanan ban mobil kamu sudah tepat belum?

    News.OLX – Tekanan ban pada kendaraan adalah aspek krusial yang tidak boleh diabaikan. Sebab, hal ini berdampak besar pada kinerja dan keamanan selama berkendara.

    Selain itu, menjaga tekanan ban yang tepat adalah langkah penting dalam menjaga penggunaan bahan bakar pada kendaraan tetap efisien dan mengurangi risiko kecelakaan.

    Lantas, bagaimana cara mengukur tekanan ban yang pas agar terhindar dari risiko kecelakaan dan hal merugikan lainnya? Untuk mengetahuinya, mari kita telusuri penjelasan berikut ini.

    Mengapa tekanan ban yang tepat begitu penting?

    Memiliki tekanan ban yang tepat begitu penting. Ketika tekanan ban terlalu rendah, ban cenderung lebih cepat mengalami keausan, mengurangi traksi, dan meningkatkan risiko tergelincir atau kehilangan kendali di jalan.

    Dengan kata lain, mengemudi dengan tekanan ban yang rendah dapat membahayakan keselamatanmu. Di sisi lain, tekanan ban yang terlalu tinggi dapat mengurangi stabilitas kendaraan, memperpendek umur ban, dan merusak kenyamanan berkendara.

    Terlalu banyak tekanan dalam ban juga dapat membuat kendaraan kurang responsif terhadap perubahan kondisi jalan.

    Untuk itu, penting untuk mengetahui cara mengukur tekanan ban dengan benar dan secara teratur. Berikut adalah panduan langkah demi langkah.

    tekanan ban mobil (1)

    Cara mengukur tekanan ban

    Berikut beberapa hal perlu diperhatikan dan cara untuk mengukur tekanan ban.

    1. Siapkan alat pengukur tekanan ban

    Kamu memerlukan alat pengukur tekanan ban  berbentuk digital maupun analog. Pastikan alat yang digunakan mampu mengukur secara akurat dan tidak mengalami kerusakan.

    2. Pastikan mesin kendaraan dingin

    Langkah kedua sebelum mengukur tekanan ban adalah dengan memastikan kendaraan dalam kondisi yang dingin. Agar mempermudah, lakukan pengukuran ban ketika mobil tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama.

    Ini penting, lantaran tekanan ban akan meningkat ketika kendaraan digunakan. Hal ini menyebabkan ban menjadi panas dan tekanan menjadi meningkat. Sehingga tekanan ban pada kendaraan yang masih panas tidak akan akurat.

    3. Rekomendasi produsen

    Kamu juga wajib mengetahui berapa tekanan ban yang dianjurkan oleh produsen mobilmu. Informasi ini biasanya dapat ditemukan di buku manual mobil, pada pintu pengemudi, atau pada tutup tangki bahan bakar. Perhatikan perbedaan tekanan antara ban depan dan belakang, jika ada.

    4. Pemasangan alat pengukur

    Setelah mengetahui ukuran tekanan yang tepat, kamu bisa mulai mengukurnya menggunakan alat pengukur tekanan ban. Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah dengan melepaskan tutup katup udara pada ban dan pasang alat pengukur tekanan ban ke katup tersebut.

    Pastikan alat pengukur terpasang dengan rapat untuk mencegah kebocoran udara selama pengukuran. Kemudian, baca tekanan ban yang ditampilkan pada alat pengukur.

    Jika tekanan ban tidak sesuai dengan rekomendasi produsen, kamu perlu menyesuaikan tekanan ban dengan benar.

    5. Penyesuaian tekanan ban

    Untuk menyesuaikan tekanan ban, kamu dapat menggunakan kompresor udara atau pompa ban yang tersedia di bengkel atau stasiun pengisian bahan bakar. Tambahkan atau kurangi tekanan ban perlahan hingga mencapai nilai yang direkomendasikan.

    Bagaimana jika tidak punya alat pengukur?

    Terdapat cara sederhana untuk mengetahui apakah tekanan ban terlalu keras atau kurang. Hal ini dilakukan dengan menekan ban menggunakan tanganmu.

    Tekan permukaan ban dengan kuat dan perhatikan responsnya. Jika ban terasa terlalu lembek atau terlalu keras, itu mungkin tanda tekanan ban yang tidak sesuai.

    Itu adalah cara mengukur tekanan ban. Ingatlah untuk menjaga tekanan ban secara berkala, setidaknya sekali sebulan atau sebelum melakukan perjalanan jauh. Hal ini akan membantu menjaga tekanan ban dalam rentang yang optimal untuk kinerja dan keselamatan kendaraanmu.

    Selain itu, periksa juga kondisi fisik ban secara berkala, termasuk keausan, retakan, atau benda asing yang menempel pada permukaan ban.

    Dengan melakukan pengukuran tekanan ban dengan benar dan merawat ban secara keseluruhan, kamu dapat memaksimalkan kinerja kendaraanmu dan memastikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

    Selain tekanan ban, kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait