Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    InformasiCatat, Ini Akses Terbaru Pintu Masuk Contraflow di Tol Dalam Kota

    Catat, Ini Akses Terbaru Pintu Masuk Contraflow di Tol Dalam Kota

    Sumber foto: kompas.com

    Akses masuk contraflow di Tol Dalam Kota Berganti ke GT Halim Paling Kanan menuju Senayan/Tomang/Bandara Soetta.

    News.OLX – Catatan penting! Mulai 13 sampai dengan 15 Maret 2024 PT Jasa Marga (Persero) TBK memberlakukan skema contraflow di TDK atau tol dalam kota yang mengarah Senayan/Tomang atau Bandara Soetta dengan akses pintu masuk yang berganti ke GT Halim 3. Rekayasa lalu lintas ini berlaku dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB.

    Apa itu Contraflow? Kenapa Ini Penting?

    Contraflow adalah sistem di mana arah lalu lintas pada satu atau lebih jalur jalan yang oleh otoritas lalu lintas diubah berlawanan arah demi mengakomodasi kepadatan jalan. Misal, jika jalan memiliki dua jalur yang bergerak ke arah timur, pada saat tertentu salah satu jalurnya dialihkan untuk bergerak ke arah barat.

    Nantinya, petugas menetapkan batasan khusus untuk memecah jalan raya. Penerapan batasan ini berguna agar lajur lain tidak terganggu dan meminimalisir kecelakaan.

    Selain itu, tujuan pelaksanaan pengaturan jalan raya ini untuk mengurangi volume kendaraan dan mengoptimalkan pelayanan di ruas tol dalam kota arah Senayan atau Bandara Soekarno-Hatta yang padat pada pagi hari tetap berjalan lancar.

    Umumnya, pengaturan lalu lintas ini terjadi pada titik-titik tertentu dengan kepadatan lalu lintas tinggi. Dengan adanya pengaturan ini, lalu lintas pun lebih terurai sehingga terhindar dari kemacetan.

    Sumber foto: antaranews.com

    Akses Pintu Masuk Contraflow Terbaru

    Bersumber dari akun X (eks Twitter) milik PT Jasamarga, rekayasa contraflow terlaksana pada pukul 06.00 sampai dengan 10.00 WIB dengan perubahan akses pintu masuk.

    Jika sebelumnya pintu masuk contraflow ada di KM 00+200 Cawang, kini berganti ke KM 01+300 yang bisa kamu akses melalui GT (gerbang tol) Halim 3 (lokasi paling kanan) yang mengarah khusus ke 08+100 Senayan/Tomang atau Bandara Soekarno Hatta.

    Rekayasa lalu lintas ini juga terselenggara pada beberapa waktu lalu, yaitu tanggal 6 sampai dengan 8 Maret. Namun, berdasarkan diskresi pihak kepolisian, terjadi peralihan akses masuk.

    Mulai tanggal 13-15 Maret 2024 pukul 06.00-10.00 WIB diberlakukan uji coba perubahan akses masuk lajur contraflow yang semula di KM 00+200 Cawang menjadi KM 01+300 Gerbang Tol Halim 3 Khusus arah Senayan atau Tomang.”

    Agar rekayasa pengaturan lalu lintas berjalan optimal, Jasa Marga memberikan beberapa imbauan kepada pengendara.

    • Akses pintu masuk contraflow ada di gardu paling kanan. Usahakan kendaraan melaju bergantian dengan kecepatan stabil. Jangan saling serobot dengan kecepatan tinggi guna terhindar dari lane hogger. Ada baiknya untuk mengikuti aturan yang petugas lalin anjurkan saat memasuki lajur contraflow. Saat masuk lajur, tersedia petugas lalu lintas khusus yang mengatur arus lalu lintas agar berjalan lancar.
    • Pastikan saldo e-toll cukup agar transaksi berjalan lancar dan tidak memicu penumpukan kendaraan di gerbang tol.
    • Petugas juga mengimbau agar tetap berhati-hati dan tertib saat berkendara dengan mencermati tiap rambu lalu lintas yang ada. 

    Harapan adanya peralihan pintu masuk contraflow ini, agar membuat lalu lintas di ruas Tol Dalam Kota lebih lancar. Volume kendaraan bisa terkendali, sehingga tidak memicu kemacetan.

    Apalagi, pada waktu sibuk pagi hari untuk berangkat kerja atau sekolah. Tetap hati-hati dan aman berkendara untuk keselamatan diri dan penumpang juga selalu ikuti imbauan petugas.

    Dapatkan update informasi dengan cepat hanya di OLX. Tersedia aplikasi OLX yang bisa kamu download melalui Google Play Store atau Apps Store untuk update berita pilihan yang praktis.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait