Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriApa Itu Cruise Control, Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

    Apa Itu Cruise Control, Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

    Cruise control merupakan teknologi yang disematkan pada mobil untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Teknologi ini sebenarnya sudah cukup lama ditemukan sejak tahun 1948.

    Teknologi ini ditemukan oleh seorang tunanetra bernama Ralph Teetor yang merupakan pria asal Amerika. Awalnya ia jengkel dengan sopirnya yang terlalu lambat dalam mengantarnya. Maka dari itu ia menciptakan teknologi yang berfungsi untuk mengatur laju kendaraan agar stabil.

    Melakukan berbagai percobaan, akhirnya Ralph Teetor mematenkan penemuannya ini pada tahun 1948. Lalu satu dekade kemudian, teknologi ini mulai digunakan oleh berbagai mobil.

    Adanya teknologi cruise control ini membuat pengemudi tidak capek untuk menginjak gas saat jalanan tidak terlalu ramai. Karena laju kendaraan diatur tetap stabil tanpa menekan pedal gas terus menerus.

    Baca juga: Keunggulan Fitur Adaptive Cruise Control di Chery OMODA 5

    Berikut ulasan mengenai cruise control dari pengertian hingga cara kerjanya.

    Fungsi  Cruise Control pada Mobil

    Melakukan sebuah perjalanan jauh, tidak jarang banyak pengemudi merasa lelah saat harus menginjak pedal gas terus menerus untuk mempertahankan kecepatannya. Banyak para pengemudi yang merasakan pegal hingga kaku pada bagian kakinya.

    Apalagi bila sudah melakukan perjalanan ratusan kilometer yang memakan waktu lama. Sehingga rasa lelah ini akan mengganggu dan membuat tidak nyaman. Namun saat ini sudah terdapat teknologi untuk mengatasi hal deminikan.

    Pada mobil keluaran terbaru, salah satu fitur teknologi yang bernama cruise control ini sudah banyak disematkan. Teknologi ini berfungsi untuk mengatur kecepatan mesin stabil tanpa membutuhkan pijakan pedal gas. 

    Fitur ini memungkinkan mobil Anda untuk tetap bergerak dengan kecepatan yang stabil tanpa kaki harus menginjak pedal gas. Cruise control kerap juga disebut sebagai speed control atau juga autocruise. Meskipun namanya berbeda, namun fungsinya tetap sama saja.

    Cara Kerja Cruise Control pada Mobil

    Untuk mengaktifkan fitur cruise control, Anda harus memacu kecepatan sesuai yang diinginkan, misalnya 60 km/jam. Kemudian, tekan tombol cruise control, maka mobil akan melaju dengan sendirinya sambil mempertahankan kecepatan tersebut,  tanpa perlu menekan pedal gas lagi.

    Biasanya kecepatan minimal dari cruise control adalah 40 km/jam. Bila di bawah kecepatan tersebut, fitur ini tidak dapat aktif. Sehingga fitur cruise control ini lebih baik digunakan di jalan bebas hambatan atau jalan tol. Fitur ini tidak dapat digunakan ketika berada di kondisi jalan yang ramai karena sangat berisiko tertabrak.

    Tetapi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, mobil dengan fitur cruise control juga dilengkapi sensor tertentu. Sensor ini membuat mobil dapat mendeteksi jarak dengan kendaraan lain. 

    Sehingga mobil akan mengerem ketika jarak mobil sudah terlalu dekat. Anda tetap harus berkonsentrasi dengan keadaan di depan. Pasalnya, ada kemungkinan pengemudi lain yang mendahului atau muncul dari arah yang berbeda.

    Baca juga: Alphard dan Vellfire Baru, Punya Fitur Adaptive Cruise Control Lebih Sempurna

    Komponen Cruise Control Mobil

    Cruise Control bisa bekerja sendirian, melainkan ada beberapa data sensor yang membantu sebagai data koreksi agar teknologi ini bekerja dengan baik. Adapun komponen – komponen yang menjadi data koreksi Cruise Control adalah sebagai berikut :

    1. Steering Wheel Controls
    2. Vehicle speed sensor
    3. Clutch pedal switch
    4. Brake pedal switch
    5. Throttle position sensor
    6. Vacuum valve control
    7. Vacuum actuator
    8. ECU

    Dalam penggunaannya, biasanya pengaturan cruise control ini dapat diatur melalui tombol yang berada di setir maupun di bawah setir. Tombol ini berupa ON, OFF, SET/ACCL dan Cancel. 

    Penggunaan yang mudah, dan membuat pengemudi semakin nyaman dalam perjalanan jauh. Akan tetapi penggunaan ini harus tetap dikontrol dan tetap memperhatikan jalan demi keselamatan.

    Baca juga: Mobil Kasta Bawah Gak Pakai Audio Steering Switch? Jangan Sedih!

    Mobil dengan Fitur Cruise Control

    Sampai saat ini fitur cruise control sudah banyak sekali disematkan pada mobil-mobil keluaran terbaru. Banyak dari mobil yang menggunakan cruise control ini merupakan mobil jenis SUV dan MPV, namun ada beberapa mobil dari city car maupun hatcback yang juga menggunakannya.

    Berikut 5 mobil yang menggunakan fitur cruise control:

    Honda BR-V Prestige with Honda Sensing

    Fitur cruise control pada mobil ini dapat diaktifkan dengan minimal kecepatan 30km/jam. Pengaturannya pun sangat mudah yaitu dengan tombol yang berada di setir dengan menekan tombol STANDBY lalu menekan tombol SET.

    Setelah fitur ACC aktif, gas dan rem akan diatur secara otomatis oleh komputer mengikuti kecepatan kendaraan di depan. Jika mau menambah atau mengurangi kecepatan, tinggal tekan tombol + atau – yang ada di setir.

    Pada mobil ini mampu mengatur jarak dengan objek atau mobil yang ada di depannya. Bahkan terdapat pilihan Batasan jarak tersebut, dekat, menengah dan jauh.

    Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate

    Penggunaan cruise control ini hampir sama seperti Honda BR-V di atas. Setelah menekan tombol STANDBY maka akan muncul logo cruise control pada layar MID, lalu Anda menekan tombol SET.

    Namun pada mobil ini cruise controlnya akan aktif pada minimal kecepatan 40 km/jam.

    Hyundai Ioniq 5

    Mobil dengan merek asal Korea Selatan yang dibuat di Indonesia ini baru pertama kali mengadopsi teknologi cruise control pada mobil Hyundai Ioniq 5 ini. Sehingga berkendara mobil ini semakin nyaman dibandingkan dengan mobil lainnya untuk jarak jauh. Apalagi mobil ini merupakan mobil listrik.

    Wuling Almaz RS

    Mobil buatan China ini juga semakin populer. Disematkan teknologi cruise control, sudah dilengkapi dengan fitur Traffic Jam Assistant. Fitur Traffic Jam Assistant ini berguna agar fitur cruise control tetap aktif saat mobil atau kendaraan di depan menurunkan kecepatan di bawah 25 km/jam hingga berhenti.

    Wuling Almaz RS juga sudah dikombinasikan dengan fitur Bend Cruise Control (BCC), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Traffic Jam Assistance (TJA), sampai dengan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

    MG HS i-Smart

    Mobil brand Inggris yang diproduksi di Thailand namun saham mayoritasnya milik salah satu perusahaan China. Saat ini sudah menggunakan Adaptive cruise control.

    Mobil dengan nama MG HS i-Conect dapat menjaga jarak dengan kendaraan di depan secara otomatis dengan kecepatan tertentu yang sudah diatur.

    Menariknya, untuk menemani kecanggihan fitur MG HS i-Conect, ada pula fitur MG Pilot memiliki kemampuan Lane Assist System, Front Drive Assist dan Rear Drive Assist.

    Itulah ulasan mengenai fitur cruise control pada mobil yang saat ini semakin menunjang kenyamanan dalam berkendara. Nah, kalau soal urusan menjual mobil, pastikan untuk menjual pada dealer terpercaya seperti OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik serta pembayaran instan.

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman. Kamu bisa dapatkan pembayaran instan dan tanpa hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait