Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikDampak Buruk Jika Mobil Kekurangan atau Kelebihan Oli

    Dampak Buruk Jika Mobil Kekurangan atau Kelebihan Oli

    Ingat, takaran oli harus pas kalau nggak mau mobil alami dampak buruk ini!

    News.OLX – Oli adalah komponen penting dalam kendaraan yang tidak hanya berfungsi sebagai pelumas, tetapi juga untuk pelindung komponen dan pendingin agar mobil tidak mudah mengalami overheat.

    Karena oli sangat penting untuk kendaraan, kamu harus paham bagaimana merawat oli mobil, berapa lama harus diganti dan bagaimana takaran yang tepat juga dalam mengisi oli.

    Karena menggunakan jumlah oli yang tidak mencukupi atau berlebihan dalam mesin mobil dapat memiliki dampak buruk pada kinerja kendaraan dan memperpendek umur mesin.

    Baca juga: Mengapa Harus Kuras Tangki Bensin Mobil? Ini Alasannya!

    Maka dari itu, dibawah ini adalah beberapa dampak buruk dari kekurangan atau kelebihan oli dalam mesin mobil:

    Dampak jika mobil kekurangan oli

    Berikut adalah dampak jika mobil kamu kekurangan oli.

    1. Terjadi gesekan yang berlebihan

    Oli bertindak sebagai pelumas antara komponen-komponen mesin yang bergerak, seperti piston, bearing, dan camshaft. Jika oli terlalu sedikit, gesekan antara komponen ini akan meningkat, yang dapat menyebabkan keausan yang cepat dan kerusakan mesin.

    2. Peningkatan suhu mesin

    Jika gesekan pada komponen mesin berlebihan. otomatis mobil akan mengalami overheat juga karena kekurangan oli. Hal itu dikarenakan oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin yang membantu menghilangkan panas yang dihasilkan oleh gesekan dan pembakaran.

    Kekurangan oli dapat menyebabkan peningkatan suhu mesin, yang dapat merusak komponen seperti piston, ring, dan klep.

    3. Penurunan tenaga dan efisiensi bahan bakar

    Selain itu, mesin yang kekurangan oli akan mengalami penurunan tenaga dan efisiensi bahan bakar karena komponen yang lebih panas dan lebih banyak gesekan dapat mengurangi performa keseluruhan kendaraan.

    Sehingga alur konsumsi bahan bakar pun tidak bisa maksimal karena hal tersebut. Akhirnya mobil akan terasa berat saat dikendarai meskipun BBM kamu full tank.

    4. Risiko mesin mati

    Jika kadar oli terlalu rendah, yang paling fatal adalah resiko mesin menjadi mati atau mengalami kerusakan serius karena kekurangan pelumasan. Sehingga mobil saat di starter pun tidak mau dinyalakan sama sekali.

    Baca juga: Awas Ketipu, Ini Tips Mengetahui Mobil Bekas Tabrak

    oli (2)

    Dampak buruk jika mobil kelebihan oli

    Kelebihan oli juga dapat memberikan dampak buruk pada mobil. Berikut di antaranya.

    1. Peningkatan tekanan pada oli

    Kelebihan oli dalam mesin dapat menghasilkan tekanan oli yang berlebihan, yang dapat menyebabkan kerusakan pada segel dan perangkat lain dalam sistem pelumasan.

    2. Boros BBM

    Sama hal nya dengan kekurangan oli, kelebihan oli pun dapat mengakibatkan peningkatan gesekan dalam mesin sehingga mobil akan ngebul, yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan meningkatkan emisi polutan.

    3. Terjadinya karbonisasi dan deposito dalam mesin

    Kelebihan oli dapat mengakibatkan pembentukan deposito dan karbon dalam mesin. Kedua hal tersebut adalah kotoran yang dapat mengganggu aliran udara pada mesin dan bahan bakar serta mengurangi performa mesin.

    4. Mobil mudah overheat

    Terlalu banyak oli dalam mesin pun dapat menyebabkan pemanasan berlebihan juga karena oli tidak dapat membawa panas dengan baik. Sehingga panas malah menyebar hampir ke seluruh komponen yang dapat merusak mesin secara tidak langsung.

    5. Potensi Kontaminasi Oli

    Kelebihan oli pun dapat membuat oli jadi lebih mudah terkontaminasi oleh bahan-bahan lainnya seperti bahan bakar atau air, yang mengakibatkan dapat merusak sifat pelumasan oli.

    Baca juga: Cara Kerja Filter Oli Mobil dan Apa Saja Jenisnya

    Oleh karena itu, penting untuk selalu mengikuti panduan pengisian oli yang diberikan oleh produsen kendaraan dalam manual book kamu.

    Pastikan kamu menggunakan jenis dan takaran oli yang sesuai untuk mesin dan lakukan perawatan yang tepat, termasuk periksa level oli secara teratur, dan ganti oli sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait