Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikDashboard Mobil Dilapisi Sticker, Apakah Aman?

    Dashboard Mobil Dilapisi Sticker, Apakah Aman?

    Dashboard mobil dilapisi sticker, bagus atau buruk? Ini dia pro dan kontra di balik stiker sebagai aksesori tambahan.

    News.OLX – Melapisi dashboard mobil dengan stiker dapat memberikan tampilan segar dan berbeda pada interior. Cara ini tergolong relatif murah jika kamu ingin mengubah atau memperbarui look interior tanpa melakukan perubahan permanen.

    Lantas, apakah aman untuk lapisi dashboard mobil dengan stiker? Sebetulnya, aman-aman saja untuk melapisi dashboard mobil jika dilakukan dengan hati-hati. Ada baiknya, kamu memperhatikan hal-hal di bawah ini agar dashboard mobil aman saat kamu melapisinya dengan stiker.

    1. Pilih Tipe Stiker yang Sesuai

    Tipe stiker yang kamu pilih bisa berdampak langsung pada kondisi dan penampilan dashboard mobil. Pasalnya, beberapa jenis stiker bisa meninggalkan residu bahkan merusak permukaan dashboard, apalagi jika stiker-stiker ini punya perekat yang sangat kuat atau menggunakan bahan agresif.

    Jadi, pastikan stiker tidak mengandung bahan kimia yang berpotensi merusak material dashboard. Beberapa bahan kimia bisa menyebabkan perubahan warna, kerusakan, atau perubahan pada tekstur permukaan dashboard.

    Selain itu, gunakan stiker dengan daya rekat yang cukup agar menempel dengan baik pada dashboard. Namun, pastikan daya rekatnya tidak terlalu kuat agar mudah dicopot nantinya. Dengan begitu, tampilan mobilmu makin kece, namun dashboard mobil tetap aman.

    2. Perhatikan Suhu Mobil

    Pertimbangan lain adalah suhu di dalam mobil. Faktanya, suhu di dalam mobil bisa meningkat tajam, terutama jika mobil terpapar langsung sinar matahari. Suhu tinggi ini bisa melunakkan bahkan mencairkan perekat stiker.

    Alhasil, daya rekat stiker bisa terpengaruh, sehingga stiker mudah terlepas dan mengalami perubahan bentuk. Di samping itu, stiker juga sulit dilepas apabila ditempelkan pada suhu tinggi. Akibatnya, stiker dapat meninggalkan residu di permukaan dashboard.

    Untuk mengatasi masalah ini, pilih stiker yang memang tahan terhadap suhu tinggi. Dengan begitu, stiker lebih tahan terhadap perubahan suhu dan tetap rekat meskipun terpapar panas.

    dashboard mobil (1)

    3. Hindari Penggunaan Air Berlebih

    Saat membersihkan dashboard mobil, sebaiknya hindari penggunaan air berlebihan. Dashboard mobil memiliki banyak komponen elektronik di dalamnya. Contohnya, ada panel kontrol, sistem infotainment, atau sensor lainnya.

    Air yang masuk ke dalam dashboard bisa merusak komponen ini lalu menyebabkan masalah seperti korsleting atau gangguan fungsi.

    Selain itu, beberapa material dashboard biasanya tidak tahan terhadap paparan air berlebih. Air dapat menyebabkan perubahan warna, deformasi, atau kerusakan pada permukaan dashboard, terlebih jika materialnya adalah bahan yang mudah terpengaruh oleh kelembaban.

    Di sisi lain, air bisa merusak daya rekat stiker. Alhasil, stiker tidak melekat dengan baik dan meninggalkan residu ketika dicopot. Nah, saat menempelkan stiker, pastikan bahwa permukaan dashboard benar-benar kering dan bersih supaya stiker bisa menempel sempurna.

    Jadi, lapisi dashboard mobil dengan stiker itu aman, namun kamu perlu mempertimbangkan saat melapisinya. Di samping itu, kamu bisa lebih berhati-hati dan memperhatikan detail-detail di atas supaya penggunaan stiker tidak merusak dan memengaruhi fungsionalitas kendaraan.

    Mau jual-beli mobil yang mudah? Kamu bisa melakukannya hanya di OLX! Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store untuk pengalaman jual-beli yang lebih canggih dan praktis.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait