Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    InformasiEstafet Peduli Bumi, Inisiatif Asuransi Astra Perkuat Literasi Keuangan Berbasis Syariah

    Estafet Peduli Bumi, Inisiatif Asuransi Astra Perkuat Literasi Keuangan Berbasis Syariah

    Asuransi Astra melalui event Estafet Peduli Bumi (EPB) memberikan literasi keuangan syariah kepada Masyarakat Dusun Tuti, Desa Sokong dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Kayangan, Lombok Utara.

    News.OLX – Rangkaian kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu 12-13 Maret 2024, bertepatan dengan pelaksanaan hari pertama puasa Ramadhan 1445 H.

    Literasi pengelolaan keuangan berbasis syariah kepada masyarakat setempat di Dusun Tuti, Desa Sokong, Lombok Utara berlangsung di hari pertama.

    Materi yang dibawakan secara langsung oleh Regional Manager Jatim-Intim Asuransi Astra, Muliawansyah bertujuan selain mendorong masyarakat agar semangat dalam mengembalikan kondisi keuangan pasca bencana gempa bumi yang menimpa pada tahun 2018, literasi keuangan syariah ini juga berguna untuk meningkatkan kembali kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan produk keuangan agar menciptakan sebuah perilaku yang mengarah pada upaya manajemen keuangan yang lebih efektif melalui pemahaman, kecakapan, dan kompetensi yang dibutuhkan dengan mematuhi prinsip-prinsip syariah sehingga berpengaruh baik dalam pengambilan keputusan.

    Asuransi Astra
    Regional Manager Jatim-Intim Asuransi Astra, Muliawansyah saat sedang menyampaikan materi literasi pengelolaan keuangan berbasis syariah kepada masyarakat setempat di Dusun Tuti, Desa Sokong, Lombok Utara. Masyarakat setempat juga dibimbing untuk mengalihkan risiko dengan berani berasuransi guna menghindari kerugian sebagai upaya pengelolaan finansial yang baik untuk masa depan.

    Di sini, masyarakat setempat juga dibimbing untuk mengalihkan risiko dengan berani berasuransi guna menghindari kerugian sebagai upaya pengelolaan finansial yang baik untuk masa depan.

    Masih dipayungi aspirasi dan berlokasi pada daerah yang sama, Asuransi Astra juga melakukan serah terima Masjid Baitul Hijrah yang merupakan hasil kolaborasi antar Asuransi Astra dan AMITRA, yang diperuntukkan bagi masyarakat sekitar Dusun Tuti.

    Asuransi Astra
    Kiri-kanan: Perwakilan warga; Kepala Dusun Sokong, Ekawahyudi; Wakil Kepala Desa Tuti, Bambang; Compliance & Risk Management Director Asuransi Astra, Adi Sepiarso; VP Governance, Risk Management, and Compliance Asuransi Astra, Djoko Anindito; Regional Manager Jatim-Intim Asuransi Astra, Muliawansyah; dan Unit Manager Environment & Social Responsibility Asuransi Astra, Abdullah Kholifah ketika sedang melakukan serah terima secara simbolis Masjid Baitul Hijrah yang merupakan hasil renovasi kolaborasi antar Asuransi Astra dan AMITRA, brand pembiayaan syariah di bawah PT Federal International Finance (FIFGROUP), yang diperuntukkan bagi masyarakat sekitar Dusun Tuti.

    Selain serah terima, pembagian sejumlah donasi alat ibadah berupa kitab suci, mukena, dan sarung kepada masjid serta sembako Ramadan kepada masyarakat juga dilaksanakan dengan harapan masyarakat dapat melaksanakan ibadah salat maupun puasa khususnya pada bulan Ramadan ini dengan tetap peace of mind.

    Asuransi Astra Sokong UMKM di Kecamatan Kayangan, Lombok Utara

    Asuransi Astra
    Literasi keuangan syariah juga diberikan kepada para UMKM di Kecamatan Kayangan, Lombok Utara yang dijelaskan oleh VP Governance, Risk Management, and Compliance Asuransi Astra, Djoko Anindito. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Asuransi Astra bersama Universitas Mataram, guna memberikan pembelajaran akan pentingnya mengelola keuangan pribadi dan usaha yang kompleks.

    Di hari kedua, beralih pada pilar kewirausahaan, Asuransi Astra bersama dengan Universitas Mataram memberikan literasi manajemen keuangan syariah kepada para pelaku UMKM yang berada di Kecamatan Kayangan, Lombok Utara dan dibawakan langsung oleh VP Governance, Risk Management, and Compliance Asuransi Astra, Djoko Anindito.

    Kegiatan ini diwujudkan guna memberikan pembelajaran akan pentingnya mengelola keuangan pribadi dan usaha yang kompleks seperti mengontrol biaya operasional bisnis, mengetahui jumlah utang piutang, hingga memberikan perlindungan terhadap aset usaha.

    Kemudian, guna memberikan kebermanfaatan secara positif dalam jangka panjang, Asuransi Astra juga menyalurkan dana bergulir bagi sejumlah pelaku UMKM guna dapat membantu mengembangkan usaha masyarakat sehingga produktivitas penjualan dan pendapatan mengalami peningkatan yang akhirnya membantu meningkatkan perekonomian masing-masing penggiat usaha dan ekonomi Indonesia.

    Asuransi Astra
    Guna memberikan kebermanfaatan secara positif dalam jangka panjang, Asuransi Astra juga menyalurkan dana bergulir bagi sejumlah pelaku UMKM guna dapat membantu mengembangkan usaha masyarakat sehingga produktivitas penjualan dan pendapatan mengalami peningkatan.

    “Kami berharap dalam pemberian literasi keuangan syariah kepada masyarakat dan juga para pelaku usaha UMKM ini, selain dapat mendongkrak angka literasi keuangan masyarakat Indonesia guna mencapai masyarakat sejahtera, namun juga benar-benar dapat berguna bagi masing-masing peserta dalam mengatur finansialnya sehingga tetap peace of mind dalam setiap langkah kehidupannya di masa sekarang dan mendatang,” tutur Compliance & Risk Management Director Asuransi Astra, Adi Sepiarso.

    “Tak hanya literasi, karena bertepatan dengan bulan Ramadan, kami juga ingin aksi yang diwujudkan memiliki makna berbagi untuk sesama sehingga kami juga melakukan serah terima masjid yang berhasil direnovasi dengan baik bersama beberapa rekan kolaborasi hingga pemberian donasi alat ibadah dan sembako serta penyaluran dana bergulir untuk pelaku UMKM. Seluruh rangkaian kegiatan yang kami lakukan, kami harap dapat menjadi sebuah inspirasi bukan hanya kepada perusahaan atau instansi pemerintah tertentu namun juga kepada masyarakat sekitar untuk turut serta berbagi kebaikan kepada sesama,” lanjutnya.

    Aspirasi Estafet Peduli Bumi (EPB) merupakan rangkaian kegiatan berkelanjutan yang diinisiasi oleh Asuransi Astra pada tahun 2022 dan hingga kini sudah berlangsung di 11 kota yakni Medan, Semarang, Jakarta, Balikpapan, Makassar, Denpasar, Sumba, Cianjur, Surabaya, Malang, serta Palangka Raya dan akan terus berlanjut.

    Rangkaian kegiatan EPB diwujudkan guna menyejahterakan Indonesia dengan mempertimbangkan berbagai aspek di dalamnya demi pembangunan berkelanjutan bersama.

    Sejalan dengan misi keempat Asuransi Astra yakni, menjadi warga usaha yang melaksanakan tanggung jawab sosial dan mengelola lingkungan hidup secara berkesinambungan. Asuransi Astra akan terus berkontribusi di kota-kota selanjutnya guna memberikan dampak berkelanjutan demi memberikan peace of mind bagi jutaan masyarakat Indonesia.

    Kunjungi OLX atau unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan informasi terbaru tentang otomotif lainnya.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait