Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikEstimasi Biaya Untuk Kamu Yang Mau Servis di Bengkel Dinamo Mobil

    Estimasi Biaya Untuk Kamu Yang Mau Servis di Bengkel Dinamo Mobil

    Bengkel dinamo mobil merupakan tempat yang dikunjungi ketika kendaraan mengalami kerusakan pada bagian dinamo starter. Sebab, jika tidak segera diperbaiki di sana, maka mobilmu tidak akan bisa di-starter alias mati total.

    News.OLX – Adapun dinamo starter merupakan komponen yang menggerakan flywheel atau poros pada mesin sehingga mobil bisa hidup ketika tuas kunci diputar atau ditekan.

    Berbeda dengan kendaraan roda dua yang memiliki kick starter, biasanya mobil hanya mengandalkan dinamo starter untuk menyalakan mesin karena mesin mobil punya kapasitas besar (rata rata diatas 1,000cc dan akan sangat berat untuk diputar manual)

    Sebab itu, dinamo mobil perlu segera diperbaiki jika terjadi tanda-tanda awal kerusakan seperti suara mendesing hingga mobil sulit dinyalakan.

    Estimasi biaya perbaikan atau penggantian dinamo stater

    Siapkan rincian estimasi biaya berikut untuk perbaikan dinamo starter mobil, tergantung dari tingkat kerusakan, penggantian komponen, hingga beli baru.

    1. Tingkat kerusakan ringan

    Dinamo starter mobil tidak memerlukan penggantian keseluruhan dan hanya perlu merawat beberapa bagiannya saja jika kerusakannya ringan. Biaya perbaikan untuk kerusakan ringan pada dinamo starter mobil berkisar antara Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu.

    Namun ada biaya tambahan jika terdapat kerusakan yang tidak bisa diperbaiki. Alhasil, kamu harus mengganti komponen untuk memperbaiki dinamo tersebut. 

    Adapun komponen yang biasanya sering diganti adalah seperti tembaga yang musti digulung ulang. Selain itu, kerusakan dinamo juga sering terjadi pada komponen Bendix, Carbon Brush atau Anchor.

    Harga penggantian dan perbaikan komponen tembaga berkisar antara Rp400 ribu hingga Rp500 ribu. Sementara biaya perbaikan untuk kerusakan pada komponen Bendix, Carbon Brush dan Anchor kisaran Rp 1 juta.

    2. Ganti baru

    Jika dinamo starter rusak total, maka mau tidak mau harus diganti dengan yang baru. Adapun harga dinamo bisa berbeda-beda untuk setiap merek mobil, kualitas dan gradenya.

    Selain itu, harga dinamo starter untuk mobil keluaran tahun lawas juga lebih murah ketimbang keluaran baru. Misalnya, harga dinamo starter Daihatsu Xenia, Avanza dan Rush yang dijual di perdagangan elektronik dibanderol seharga Rp800 ribuan hingga Rp 1 jutaan.

    Kemudian dinamo starter untuk minivan macam Grand Max dan Luxio yang ditawarkan seharga Rp 523 ribuan. Beda lagi dengan dinamo starter Toyota Innova yang memiliki taksiran harga Rp 1,3 juta hingga Rp 2,9 juta.

    Sementara itu, harga dinamo starter untuk mobil-mobil city car seperti Vios, Etios Valco dan Yaris seharga kisaran Rp 1 juta hingga Rp 1,9 juta.

    Jika budget yang dimiliki terbatas, kamu juga bisa pertimbangkan juga untuk mengganti dinamo starter mobil bekas atau copotan untuk menekan harga lebih murah. Kamu bisa mencarinya di lapak elektronik maupun bengkel mobil yang ada di kota tempat kamu tinggal.

    3. Dinamo bekas

    Beberapa bengkel mobil juga menyediakan penjualan dinamo starter mobil bekas atau yang dikenal dengan nama dinamo copotan. Biaya untuk dinamo bekas ini juga bervariasi.

    Umumnya dimulai dari sekitar Rp 800 hingga Rp 1,5 jutaan untuk merek jika copotan berasal dari onderdil asli. Misalnya, harga dinamo bekas orisinil untuk mobil Honda Jazz tipe RS di lapak perdagangan elektronik sekitar Rp 850 ribuan.

    Adapun harga dinamo starter bekas orisinil  misalnya untuk mobil Honda Stream dan CRV keluaran 2005 – 2007 dibanderol sekitar Rp 500 ribuan belum dengan ongkos kirim.

    Hal serupa juga ditawarkan di berbagai bengkel mobil yang ada di sekitar Jakarta. Hanya saja, kamu perlu menambahkan biaya jasa konsultasi dan juga pemasangannya sekitar Rp200 ribuan jika ingin membelinya langsung dari bengkel.

    Cara merawat dinamo starter dengan benar

    Harga dinamo starter mobil memang terbilang mahal. Sebab itu, jaga dan rawatlah dinamo starter mobilmu agar tetap awet serta tidak mengalami kerusakan secara tiba-tiba.

    Terdapat beberapa komponen cara yang bisa dilakukan dalam perawatan dinamo starter mobil, di antaranya dengan membersihkan komponen-komponen penting seperti carbon brush (arang) dan bendix secara berkala minimal 1 tahun sekali.

    Menghindari genangan tinggi atau menerjang banjir juga dapat membantu kamu untuk memperpanjang umur dinamo stater dikarenakan musuh utama dinamo stater adalah air dan debu. Menerjang genangan tinggi mungkin saja membuat air dapat menyusup kedalam dinamo stater dan menyebabkan hubungan pendek.

    Selain itu, pastikan kamu menggunakan aki yang tepat dan sesuai dengan merek dan jenis mobil. Menggunakan aki yang salah bisa memperpendek umur dinamo starter mobil dan bahkan merusaknya.

    Kemudian, jangan memaksa kendaraanmu menyala dalam waktu yang lama. Hindari pula memutar kunci kontak dalam waktu yang lama dan terus-menerus tanpa menghidupkan mesin mobil karena akan membuat dinamo stater panas dengan cepat dan merusak motor dan kumparan didalamnya.

    Kamu juga harus menghindari penggunaan daya listrik berlebih, ya! Jangan memasang aksesori tambahan atau perangkat elektronik yang berlebihan, seperti audio mobil yang mengkonsumsi daya listrik tinggi tanpa dilengkapi aki tambahan.

    Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada dinamo starter mobil. Terakhir, saat melakukan perawatan mobil, pilihlah bengkel perbaikan dinamo starter mobil yang terpercaya dan ahli dalam bidangnya.

    Mereka dapat memberikan saran dan perawatan yang tepat agar dinamo starter mobil tetap awet dan berfungsi dengan baik.

    Dengan melakukan beberapa tips di atas, diharapkan dapat membantu kamu untuk menjaga agar dinamo starter mobil tetap awet dan tidak mudah rusak.

    Kunjungi OLX atau unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan informasi terbaru tentang otomotif lainnya.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait