Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Mobil10 Fakta Menarik Wuling Air EV, Mobil Listrik Termurah!

    10 Fakta Menarik Wuling Air EV, Mobil Listrik Termurah!

    Wuling Air EV, jadi kejutan untuk sebuah mobil listrik. Bentuknya yang kecil, membuat Air EV jadi terlihat mungil dan imut.

    Kehadiran Wuling Air EV juga menjadikan mobil tersebut sebuah mobil listrik paling murah di Indonesia, dimana meski belum resmi meluncur namun estimasi harganya sekitar Rp 250 juta untuk tipe Standar Range dan Rp 300 untuk tipe Long Range. 

    Dengan harga yang terjangkau tersebut, kini masyarakat bisa lebih mudah untuk beralih ke kendaraan irit biaya dan ramah lingkungan seperti mobil listrik. 

    Wuling Air EV ternyata juga menyimpan berbagai keunikan yang jarang ditemukan di mobil-mobil konvensional lainnya. Berikut 10 hal unik yang ada di Wuling Air EV!

    1. Desain Bodi Futuristik

    Fakta pertama soal Wuling Air EV yaitu, mobil ini menggunakan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV), dan memiliki desain futuristik, baik dari eksterior, interior dan fitur yang dibenamkan. 

    Untuk eksterior, karena mobil listrik maka tak ada aksen grill yang biasanya memiliki lubang agar angin masuk yang dapat mendinginkan radiator seperti mobil konvensional.

    Meski dari segi dimensi kecil seperti Kei Car di Jepang, namun mobil ini lebih terlihat compact dan modern, layaknya mobil masa depan 

    2. Sistem Penguncian Smart Key

    Smart Key di Wuling Air EV
    Smart Key di Wuling Air EV

    Hal unik dari mobil listrik mungil Wuling Air EV adalah tak perlu memutar kunci di dashboard mobil seperti kebanyakan mobil lainnya. 

    Sebenarnya, inovasi ini bukanlah hal baru di dunia otomotif. Tapi untuk mobil seharga Rp 250-300 jutaan, fitur ini jarang ditemukan. Mobil di kelas dengan harga dibawah 300 jutaan umumnya masih menggunakan kunci yang di putar atau engine start button.

    Sistem penguncian dan untuk menghidupkan mesin Wuling Air EV sangat praktis dan simpel. Untuk Keyless Smart Key tak perlu digenggam atau dipegang, karena cukup masukan kantong celana.

    Begitu pemilik mobil yang membawa kunci mendekati mobil, cukup menekan tombol di dekat gagang pintu. Sensor otomatis akan mendeteksi agar kunci pintu, dan tailgate dapat dibuka.

    Untuk menjalankan mobil, juga tidak perlu menekan tombol apa-apa. Karena tak ada tombol start/ stop button, maka untuk menyalakan mesin kamu cukup menginjak pedal rem. Setelah itu mobil akan menyala dengan ditandai tulis ready dan layarnya akan menyala. Hanya dengan memindahkan perseneling ke mode D, mobil bisa langsung dikendarai.

    Baca juga: Daftar Lengkap 15 Mobil Listrik Yang Dijual di Indonesia dan Harganya!

    3. Lingkar Kemudi Mirip Konsol Game

    Interior Wuling Air ev
    Interior Wuling Air ev. (Herdi Muhardi)

    Hal menarik lain pada Wuling Air EV yaitu lingkar kemudi atau stir dengan palang dua yang sudah dibalut kulit. 

    Nah, tombol-tombol yang ada pada mobil ini mirip konsol game dengan warna putih. Tombol tersebut dapat mengoperasikan audio dan beberapa pengaturan menu untuk meter cluster serta head unit. 

    Belum lagi, lingkar kemudi ini bisa disesuaikan kenyamanannya dengan pengemudi, karena dilengkapi fitur till up and down sehingga bisa disesuaikan dengan posisi mengemudi yang nyaman.

    Hal menarik lain pada Wuling Air ev yaitu lingkar kemudi atau stir dengan palang dua yang sudah dibalut kulit. 

    Nah, tombol-tombol yang ada pada mobil ini mirip konsol game dengan warna putih. Tombol tersebut dapat mengoperasikan audio dan beberapa pengaturan menu untuk meter cluster serta head unit. 

    Belum lagi, lingkar kemudi ini bisa disesuaikan kenyamanannya dengan pengemudi, karena dilengkapi fitur till up and down. 

    4. Konsol Tengah Dengan Fitur Mobil Mewah

    Mobil listrik Wuling Air EV juga cukup unik pada bagian konsol tengah. Bagaimana tidak, desain konsol tengah ini mirip mobil-mobil mewah khas Eropa.

    Wuling Air EV ini disematkan dengan Rotary Gear Selector, yang berfungsi untuk mengoperasikan transmisi, dimana cara menggunakannya knob ring cukup diputar sesuai kebutuhan.

    Selain untuk pengoperasiaan transmisi, konsol tengah ini sudah dilengkapi tombol untuk jendela elektrik, Electric Parking Brake, dan Auto-Vehicle Holding. Fitur yang lengkap tersebut membuat pengalaman berkendara menjadi lebih mewah.

    Baca juga:  Apakah Wuling Air EV Bisa Dicharge Pakai Listrik Rumah?

    5. Panel Modern Dengan Unit Layar Sentuh

    Interior Wuling Air ev
    Interior Wuling Air ev

    Wuling Air EV memiliki layar sentuh memanjang dengan ukuran 10,25 inch. Hal ini jadi terlihat modern. Demikian juga dengan meter cluster dengan ukuran yang sama yaitu 10,25 inch.

    Layar-layar ini merupakan bagian dari teknologi Intelligent Tech Dashboard, dan kedua layar sentuh tersebut bagian dari Integrated Floating Wide Screen sehingga terkesan futuristik saat pertama kali melihatnya. 

    Pengemudi bisa menjalankan berbagai macam fitur, mulai dari music player, radio, AC dengan navigasi dari panel layar sentuh.

    Baca juga: Daftar Mobil Pajak Termurah di Indonesia

    6. Punya Colokan Rahasia

    Wuling rupanya sangat memikirkan hal kecil yang ternyata sangat berguna bagi pemiliknya. Salah satunya keberadaan colokan USB yang diletakan pada kaca spion tengah.

    Colokan ini bisa sangat bermanfaat, misalkan jika kamu ingin menyematkan dashcam atau kamera depan yang bisa merekam ke arah depan selama perjalanan.

    Dengan adanya colokan USB di spion, maka, kabel dashcam yang biasanya tidak terurai memanjang dan tersambung di power outlet pada dashboard, kini bisa teratasi. Selain itu kabel yang menghalangi visibilitas bisa teratasi.

    7. Wuling Air EV Jarak Tempuhnya Cukup Jauh

    Pengecasan Wuling Air di belakang logo W (Wuling).
    Pengecasan Wuling Air di belakang logo W (Wuling). (Herdi Muhardi)

    Untuk sebuah mobil perkotaan, Wuling Air EV yang dilengkapi dua kantung udara ini memiliki jarak tempuh cukup jauh. 

    Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa Wuling Air EV memiliki 2 tipe, yakni Standard Range, dan tipe Long Range.

    Untuk Standar Range memiliki baterai dengan kapasitas 18 kWh mampu menempuh hingga jarak 200 km, sedangkan tipe Long Range baterainya berkapasitas 26,5 kWh dan bisa berlari sejauh 300 km.

    Hal menarik lainnya yaitu, mobil ini bisa dicas dengan daya listrik rumah minimum 2.200 watt dan voltase normal 220 Volt. Lebih baiknya lagi, jika menggunakan daya lebih besar seperti 6.600 watt, tentunya akan lebih cepat lagi untuk pengisiannya.  

    Adapun lama waktu pengecasan, jika daya di rumah sekitar 2,2kW maka pengisian antara 20-100 persen bisa sekitar 8,5 – 11 jam. Sementara jika dayanya sekitar 6,6 kW, untuk pengisian 20-100 persen bisa memakan waktu hanya sekitar 4 jam saja.

    8. Wuling Air EV Cocok Jadi Mobil Perkotaan

    Wuling Air EV memiliki dimensi panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, tinggi 1.631 mm serta bobotnya sekitar 1.160 kg. Desain dengan ukuran mungil inilah membuat mobil ini lincah, sehingga cocok untuk mobil perkotaan atau city car.

    Kelebihan lainnya, bentuk yang mungil membuat mobil ini cocok untuk menyalip di kondisi padatnya lalu lintas dan jika terpaksa masuk ke jalan kecil atau gang sehingga bisa jadi solusi yang tepat.

    Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Listrik di Indonesia!

    9. Bisa Mengangkut Empat Orang Dewasa

    kapasitas Wuling Air EV bisa angkut 4 orang penumpang.
    kapasitas Wuling Air EV bisa angkut 4 orang penumpang.

    Beberapa waktu lalu, Wuling memberikan kesempatan untuk melakukan pengujian pada Air EV. Nah, saat mobil dijejali empat orang dewasa dengan tinggi 170 cm, ternyata mobil ini bisa mengakomodasinya. 

    Bahkan penumpang belakang tak perlu resah, apakah akan sempit di baris belakang. Wuling di desain dengan leg room yang lapang. Masih ada ruang gerak sehingga lutut tidak menempel dengan seat depan.

    Namun perlu dicatat, jika digunakan untuk mobil perkotaan memang sangat cocok. Sedangkan jika digunakan jarak jauh sepertinya tidak disarankan.  

    jika ingin bepergian dengan pasangan dan membawa barang, maka jok pada baris kedua bisa dilipat dengan pengaturan 50:50.

    10. Logo Wuling Bisa Menyala 

    Kebanyakan mobil modern saat ini dilengkapi dengan penerangan DRL, sehingga saat malam atau siang hari lampu akan menyala, kemudian jadi tanda keberadaan mobil di jalan raya.

    Wuling punya cara yang tak biasa, dimana bagian logo yang ada di depan bisa menyala, sehingga bisa jadi mirip lampu DRL seperti mobil lain. Logo ini juga ternyata menjadi pintu kecil, yang ternyata tempat mobil melakukan pengisian daya listrik.

    Baca juga: 10 Mobil Bekas Harga 100 Jutaan Keluaran Tahun Tinggi!

    Demikian 10 fakta unik dari mobil berteknologi terbaru dari Wuling, Air EV. Jika berminat untuk membeli mobil ini, pastikan bahwa kamu sudah siap dan tidak kaget dengan perbedaan mencolok antara mobil listrik dengan mobil mesin BBM.

    Semoga bermanfaat, dan bila ingin menjual mobil bekas-mu dengan cepat dan harga yang menarik, bisa dengan mengunjungi platform jual beli mobil bekas di OLX Autos.

    Prosesnya sangat mudah dan cepat. Cukup dengan mengisi data kendaraanmu, melakukan inspeksi, kamu akan segera dapat penawaran beli dari OLX dan mobilmu langsung laku!

    Artikel ini diperbarui pada tanggal 29 November 2022 Oleh Bisma L.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait