Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    InformasiFitur Lirik Lagu di Spotify Free Dibatasi, Harus Langganan Premium

    Fitur Lirik Lagu di Spotify Free Dibatasi, Harus Langganan Premium

    Spotify membatasi akses lirik lagu bagi pengguna gratisan. Untuk menikmati lirik lagu, harus langganan premium.

    News.OLX – Spotify, platform streaming musik ternama, baru-baru ini membuat gebrakan dengan membatasi akses lirik lagu bagi pengguna gratis. Kebijakan baru ini sontak menuai pro dan kontra di kalangan pengguna Spotify.

    Pengguna Spotify Gratis Kehilangan Akses Lirik Lagu

    Penggemar musik yang terbiasa menikmati alunan lagu sambil membaca liriknya di Spotify kini harus gigit jari. Pasalnya, Spotify mulai menyembunyikan fitur lirik lagu di balik paywall, memaksa pengguna untuk berlangganan paket Premium.

    Pembatasan ini terungkap setelah sejumlah pengguna Spotify meluapkan kekecewaan mereka di media sosial dan forum internet. Mereka mengunggah screenshot yang menunjukkan pemberitahuan tentang pembatasan akses lirik lagu.

    Batas Bulanan untuk Pengguna Gratis

    Meskipun akses lirik lagu di Spotify dibatasi, pengguna gratis masih bisa menikmatinya dengan batasan tertentu. Spotify menetapkan batas bulanan untuk jumlah lirik lagu yang bisa dilihat.

    Setiap kali pengguna mengetuk tombol “Tampilkan lirik”, hal itu akan dihitung dalam batas bulanan mereka. Jika batas terlampaui, pengguna akan menerima notifikasi dan diarahkan untuk berlangganan Spotify Premium.

    Alasan di Balik Pembatasan Akses Lirik Lagu

    Dilansir dari laporan Tech Crunch pada Jumat (3/5/2024), Spotify belum secara resmi mengumumkan penghapusan fitur lirik dari layanan mereka. 

    Namun, pada tahun 2023, Spotify mulai melakukan uji coba untuk menghilangkan fitur lirik bagi pengguna versi gratis. Uji coba pembatasan ini sudah dimulai sejak September 2023. 

    Saat itu, Spotify menjelaskan bahwa uji coba ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih luas kepada pengguna. 

    CJ Stanley, salah satu eksekutif komunikasi Spotify global, menyatakan bahwa perusahaan secara rutin melakukan berbagai uji coba, di mana beberapa di antaranya dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan, sementara yang lainnya berfungsi sebagai pembelajaran penting.

    Perubahan kebijakan ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Pada musim gugur 2023, Spotify mulai menguji coba pembatasan lirik lagu untuk pengguna gratis di beberapa negara.

    Belum ada pengumuman resmi dari Spotify terkait alasan di balik pembatasan ini. Namun, spekulasi menduga bahwa hal ini dilakukan untuk mendorong pengguna beralih ke paket Premium.

    Spotify saat ini memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif bulanan dengan 236 juta pelanggan Premium. Meskipun begitu, platform streaming musik ini masih belum mencapai target pendapatan yang diharapkan.

    Pembatasan akses lirik lagu ini bisa menjadi salah satu strategi Spotify untuk meningkatkan jumlah pelanggan Premium dan mendongkrak pendapatan.

    Pembatasan akses lirik lagu di Spotify free tier, tentunya mengecewakan bagi sebagian pengguna. Namun, hal ini bisa menjadi peluang bagi Spotify untuk meningkatkan jumlah pelanggan Premium dan mencapai target pendapatannya.

    Sebagai pengguna, kita bisa memilih untuk berlangganan Spotify Premium untuk mendapatkan akses penuh ke fitur lirik lagu dan berbagai keuntungan lainnya. Atau, kita bisa mencari alternatif platform streaming musik lain yang masih menyediakan akses lirik lagu gratis. Untuk harga spotify premium hanya Rp54.990 per bulan. Kamu juga bisa membatalkan kapan saja.

    Update berita terkini dengan mengunjungi situs OLX atau download aplikasi OLX di melalui Google Play Store dan App Store untuk kemudahan dalam mendapatkan informasi terbaru seputar gaya hidup, teknologi, dan berita terkini lainnya.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait