Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikFreon AC Mobil Kok Bisa Habis? Ini Penyebabnya!

    Freon AC Mobil Kok Bisa Habis? Ini Penyebabnya!

    JAKARTA – Pada sistem pendingin mobil, terdapat freon AC mobil yang merupakan senyawa berbentuk zat cair yang memiliki fungsi vital. Zat ini memiliki fungsi untuk menyerap panas dalam sistem AC.

    Freon yang merupakan refrigerant ini memiliki perasaan untuk mengubah udara panas yang diserap evaporator. Udara yang diserap ini nantinya akan menjadi lebih dingin saat dihembuskan oleh kompresor.

    Udara yang berubah menjadi dingin akan keluar dengan adanya tekanan yang dihasilkan oleh kompresor. Apabila freon AC sudah tidak bisa digunakan kembali, maka udara yang ditekan kompresor ini tidak akan dingin. 

    Nah, pada saat seperti inilah sudah saatnya untuk mengisi kembali freon AC agar fungsi dari AC mobil Anda kembali dengan kondisi prima. Selain itu biasa suhu pada kabin panas, tentu akan membuat kenyamanan dalam berkendara berkurang.

    Maka dari itu sebelum freon AC habis, perlu diperhatikan kapan terakhir kali mengisi maupun memperhatikan ciri-cirinya. Pasalnya saat freon AC sudah mau habis, ia akan memberikan sebuah tanda yang cukup mudah untuk dikenali.

    Berikut ulasan mengenai freon AC mobil yang bisa dengan muda Anda pelajari.

    Penyebab freon AC mobil cepat habis

    Tidak hanya karena penggunaannya yang sudah lama dan waktunya pengisian ulang, terkadang ada masalah-masalah lain yang menyebabkan freon AC Mobil cepat habis, di antaranya adalah:

    Freon AC Mobil Bocor

    Sebagai sebuah zat yang mudah menguap, bila terjadi kebocoran pada selang maupun penyimpanannya akan langsung cepat habis.

    Saluran AC tersumbat

    Terdapat kotoran yang menyumbat saluran AC akan menyebabkan kebocoran. 

    Kompresor terlalu panas

    Kompresor AC yang terlalu panas disebabkan karena kinerja AC yang berlebih. 

    Kondensor AC mobil rusak

    Kondensor AC mobil yang sudah tua tentu akan memberikan pengaruh terhadap kinerja mesin AC mobil, terlebih kondensor berperan penting dalam mendinginkan freon AC mobil. 

    Fan belt AC terputus

    Fan belt AC mobil yang mati atau terputus dapat memberikan pengaruh buruk pada kinerja mesin AC mobil. 

    Jenis freon AC mobil

    Apabila freon AC pada mobil Anda habis, bisa diisi kembali pada bengkel resmi atau bengkel spesialis AC kepercayaan Anda. Untuk freon AC sendiri ada beberapa jenis yang biasa digunakan.

    Freon R-12

    Pertama adalah Freon R-12, freon AC ini biasanya digunakan oleh mobil keluaran tahun 80-an hingga 90-an. Sebagai jenis freon chloro fluoro carbon bahan penyusunnya adalah ethane dan methane yang memiliki dampak buruk dalam penipisan lapisan ozon. 

    Freon ini tidak memiliki warna, serta tidak mudah terbakar dan beracun. Freon ini memiliki kelebihan yaitu bisa stabil dalam suhu rendah atau tinggi. 

    Selain itu freon ini memiliki harganya sangat murah, namun sayangnya memiliki kandungan chloro yang berbahaya bagi lingkungan sehingga tak digunakan lagi. 

    Freon R-22

    Selanjutnya adala freon pengganti dari R-12 dan banyak digunakan pada mobil tahun 90-an. Termasuk dalam kategori Hydro Chloro Fluoro Carbon yang bisa menimbulkan kerusakan ozon. Hanya saja lebih sedikit pengaruhnya. 

    Cirinya adalah tidak menimbulkan korosif, dan dielektriknya besar. Freon ini masih banyak digunakan tapi tidak boleh berlebihan. 

    Freon R-134a

    Pada freon ini disebut juga Hydro Fluoro Carbon yang sudah banyak digunakan serta tidak ada kandungan chloro. R-134a menjadi jenis freon mobil standar yang banyak digunakan pada AC mobil modern saat ini. 

    Penggunaannya tak bisa digabungkan dengan jenis freon lainnya karena karakternya berbeda. Hanya saja freon jenis ini bisa memicu pemanasan global karena GWP yang tinggi. 

    Freon Hydrocarbon

    Terakhir adalah freon yang dibuat dari bahan hidrogen dan karbon yang masih alami. Digunakan sebagai pengganti refrigerant sintetis jadi tak merusak lapisan ozon karena tingkat GWP yang rendah. 

    Karakternya mirip dengan freon sintetis di atas, hanya saja mudah terbakar sehingga perlu perawatan khusus. 

    Berapa lama freon AC mobil habis

    Untuk mengetahui bahwa freon AC habis adalah dengan cara mengeceknya. Namun untuk pengisian ulangnya kembali biasanya memiliki rentang waktu yang berbeda-beda setiap mobil.

    Tergantung dari penggunaan mobil tersebut. Bila sering digunakan tentu freon AC tersebut akan lebih cepat habis. Namun pada umumnya, freon AC akan diganti setiap tiga tahun sekali.

    Ciri freon AC mobil habis

    Selain habis karena penggunaannya, freon AC mobil juga bisa habis karena terjadi sebuah kebocoran. Namun untuk mendeteksi sendiri apakah terjadi kebocoran cukup sulit. Mengingat freon adalah jenis bahan yang mudah untuk menguap di kondisi udara apapun. 

    Ada beberapa ciri-ciri yang bisa diperhatikan untuk mengetahui freon AC mobil habis.

    Hanya keluar angin

    Ciri  menandakan freon habis bisa dirasakan saat AC mobil Anda bekerja dengan normal.  Baik itu kompresor AC terdengar menyala dan bekerja, hal yang sama juga terjadi pada RPM mesin. 

    Kipas pendingin juga akan menyala, namun hanya angin saja yang keluar dan tidak dingin serta hembusan udara cenderung hangat. Walaupun Anda sudah mengatur suhu sampai temperatur dingin sekalipun, udara dalam kabin tak akan berubah menjadi sejuk. 

    Tidak muncul cairan mengalir pada sight glass

    Ciri lain yang dapat mengetahui freon AC habis adalah dengan dengan mengecek langsung pada bagian kap mesin. Buka kap mobil sambil menyalakan mesin, kemudian carilah sight glass yang berbentuk bulat dan transparan. 

    Kaca yang memiliki nama sight glass ini berfungsi untuk mendeteksi apakah masih terdapat freon. Pada bagian dalam kaca akan terlihat cairan jika freon mobil masih ada. Tapi jika tak ada Freon, maka tak terlihat cairan yang mengalir di dalamnya. 

    Magnetic Clutch yang terus bekerja 

    Komponen magnetic clutch akan terbebas karena adanya tekanan dari freon saat AC mobil dinyalakan. Selain itu saat AC dinyalakan akan keluar suara ketukan dari dalam ruang mesin. 

    Akan tetapi bila tidak ada suara ketukan dan magnetic clutch terus terhubung, artinya freon hampir habis atau bahkan sudah habis. Alasannya adalah selang AC yang seharusnya dipenuhi dengan freon berubah menjadi udara. 

    Sedangkan udara tersebut jika dikompresi jadi lebih mudah sehingga tidak ada tekanan udara yang maksimal. 

    Tidak terlihat embun di selang AC

    Selain mengecek sight glass, ada cara lain dengan mengecek selang low pressure AC. Pengecekan ini tetap menyalakan mesin dan AC kemudian cari selang AC. 

    Selang yang berukuran kecil dan mengarak ke kondensor adalah selang high pressure. Sedangkan selang low pressure lebih besar dan menuju ke kompresor. Selang berukuran besar inilah yang harus diamati. 

    Jika freon masih terisi maka akan muncul embun pada selang low pressure AC. Embun ini muncul karena adanya perbedaan suhu dalam selang dan mesin yang panas. Tapi jika ternyata tak ada embun sama sekali, tandanya freon AC mobil sudah habis. 

    Nah, setelah mengetahui freon AC, pastikan untuk selalu menjaga kondisi AC mobil Anda dengan prima. Kalau soal urusan mobil bekas, pastikan pada dealer dari OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unti yang Anda beli,

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada Kualitasnya. #PilihYangPasti untung Di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi.. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait