Rabu, Juli 17, 2024
Lainnya
    BeritaGuna Cegah Kecelakaan, Polri Akan Razia Kelaikan Bus Pariwisata Setiap Pekan

    Guna Cegah Kecelakaan, Polri Akan Razia Kelaikan Bus Pariwisata Setiap Pekan

    Polri akan menggelar razia kelaikan bus pariwisata setiap pekan untuk mencegah kecelakaan.

    OLX News – Polri mengungkapkan adanya tindak pemeriksaan atau razia bus pariwisata laik operasi untuk mencegah terjadinya laka lantas dan menekan angka kecelakaan di jalan raya.

    Nantinya, operasi ini akan dilaksanakan tiap akhir pekan, baik di jalan utama, tempat wisata, maupun lokasi lain. Pihak kepolisian akan memberikan tindakan tegas pada bus yang tidak laik operasi dengan menghentikan operasionalnya. 

    Sementara bagi pengelola akan mendapat imbauan untuk mengganti armada tersebut agar bisa kembali beroperasi untuk mengangkut penumpang.

    Razia Kelaikan Bus Pariwisata

    Razia kelaikan bus pariwisata adalah salah satu bentuk kepedulian Polri terhadap keselamatan masyarakat. Pada inspeksi dadakan yang terjadi di wilayah Jakarta dan Bogor, polisi bermitra dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan telah melakukan razia pada ±160 unit bus.

    Dari yang sudah diperiksa, didapatkan 123 unit bus laik operasi dan sisanya bermasalah. Entah kurang laik jalan, entah tidak terpenuhinya kelengkapan administrasi juga persyaratan teknis. Seperti beroperasi tanpa kartu pengawasan (KP), KP yang kadaluarsa, tanpa KIR, atau tidak tersedianya surat-surat resmi.

    Di antaranya yang terjaring operasi untuk mengganti unit kendaraan angkutan, yaitu:

    • PO Ros Trans Sukabumi,
    • PO Prima Raya Serang,
    • Perusahaan Otobus (PO) Armada Jaya Perkasa Serang,
    • PO Wanel Utama Trans Jakarta Utara, dan
    • PO Dewi Sinta Bandung.

    Masalah di lapangan tidak cukup di sana, terbukti ada tiga perusahaan otobus yang memalsukan bukti lulus uji elektronik BLU-e dan KP.

    Ke depannya, kepolisian dan Dirjen Perhubungan Darat berharap akan adanya peningkatan tingkat kesadaran perusahaan otobus akan ketentuan dan kebijakan yang pemerintah berlakukan demi kepentingan bersama.

    Selain itu, tujuan operasi ini bermaksud untuk meminimalisir angka laka lantas dan pencegahan kecelakaan akibat armada tidak layak operasi. Karena kelaikan bus sangat berpengaruh pada keselamatan penumpang yang diangkutnya.

    Polisi juga mengimbau pada para pengguna jasa untuk lebih berhati-hati dalam memilih bus pariwisata. Hal paling penting yang harus masyarakat perhatikan adalah kelengkapan administrasi laik jalan dari bus pariwisata tersebut.

    Bagi masyarakat umum yang ingin mengetahui kelaikan bus, bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi Mitra Darat atau mitradarat.dephub.go.id.

    Apabila kamu menemukan bus dengan kondisi yang kurang layak untuk beroperasi di jalan, jangan ragu untuk melaporkannya ke pihak terkait.

    Dapatkan informasi menarik ter-update lainnya hanya di OLX. Download aplikasi OLX melalui Google Play Store atau App Store untuk akses praktis.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait