Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    ReviewHarga Selangit, Ini Keunggulan Mobil Tesla Yang Tidak Dimiliki Mobil Listrik Lainnya

    Harga Selangit, Ini Keunggulan Mobil Tesla Yang Tidak Dimiliki Mobil Listrik Lainnya

    Jadi pelopor EV, ini dia keunggulan mobil Tesla yang tidak dimiliki oleh mobil listrik lainnya.

    News.OLX – Meskipun terkenal dengan harga yang selangit, mobil Tesla tetap menduduki tahta sebagai raja mobil listrik di dunia. Bahkan di tengah persaingan pasar mobil listrik yang semakin ramai, dan persaingan melawan Tesla semakin kuat setiap tahunnya, Tesla tetap mendominasi pasar dengan 65% penjualan EV di AS. Apa yang membuat Tesla begitu istimewa? Jawabannya terletak pada berbagai fitur canggih yang tidak dimiliki oleh mobil listrik lainnya? Berikut adalah beberapa keunggulan utama Tesla dibandingkan para pesaingnya.

    Kettleman,City,,Ca,-,Jan,29,,2022:,Many,Cars,Charging

    1. Jaringan Supercharger

    Tesla punya keunggulan utama dalam urusan pengisian daya, yaitu jaringan Supercharger. Jaringan ini sangat luas dan terus dikembangkan, saat ini sudah ada lebih dari 45.000 Supercharger di seluruh dunia. Kehebatan lainnya, kamu bisa mengisi daya hingga 200 km hanya dalam 15 menit.

    Selain itu, penggunaannya mudah, cukup parkir dan colokkan kabelnya.  Tidak perlu menekan tombol, menggesek kartu, atau menggunakan aplikasi.  Navigasi Tesla pun terintegrasi dengan Supercharger, jadi kamu bisa merencanakan perjalanan dengan melihat lokasi Supercharger terdekat, termasuk perkiraan waktu pengisian daya.

    2. Aplikasi Tesla yang Berbeda

    Berbeda dengan aplikasi mobil listrik kebanyakan yang hanya menawarkan fitur standar seperti melihat status baterai dan membuka kunci, Aplikasi Tesla memberikan lebih dari itu.  Selain bisa digunakan sebagai kunci digital untuk membuka dan menyalakan mobil dari jarak dekat, kamu juga bisa mengendalikannya dari jauh.

    Lewat aplikasi ini, kamu bisa membatasi kecepatan mobil, mengaktifkan mode valet, instal update software, bahkan menambahkan fitur baru ke mobilmu hanya dengan sekali klik.  Fitur menarik lainnya adalah jadwal servis dan ngobrol langsung dengan petugas servis dalam hitungan menit. Jika ada masalah, petugas bisa mendiagnosis mobilmu dan memperbaikinya tanpa kamu perlu keluar rumah.  

    3. Sentry Mode

    Sentry Mode memungkinkan Tesla mengawasi lingkungan sekitar menggunakan kamera untuk merekam aktivitas mencurigakan di dekat mobil saat diparkir. Ketika diaktifkan, Tesla akan menyalakan lampu depan dan menampilkan peringatan di layar sentuh yang besar sambil merekam aktivitas mencurigakan tersebut.  Pemilik mobil pun akan langsung diberi tahu lewat aplikasi.

    Lebih canggih lagi, Live Sentry Mode memungkinkanmu melihat kamera Tesla, termasuk kamera interior, secara langsung melalui aplikasi dari mana saja.  Menariknya, Tesla dilengkapi speaker eksterior, sehingga kamu bisa berbicara melalui aplikasi ke speaker tersebut untuk menakuti penyusup atau sekadar menjahili orang yang lewat. 

    4. Opsi Hiburan yang Lengkap

    Tesla menawarkan opsi hiburan paling lengkap dibanding mobil listrik lainnya.  Layanan streaming seperti Netflix, Hulu, Disney+, Twitch, dan TikTok sudah tersedia di dalam mobil.  Tak hanya itu, tersedia juga berbagai permainan yang bisa dimainkan dengan layar sentuh, kontroler game, bahkan setir mobil.

    Untuk pemilik Model S atau X terbaru, kamu bisa menikmati Steam yang memungkinkanmu memainkan game AAA generasi terbaru seperti Cyberpunk dan Call of Duty.  Selain itu, kamu juga bisa menggunakan web browser, melakukan panggilan Zoom dengan kamera interior, dan karaoke via Careoke.  Bosan di perjalanan?  Nyalakan speaker eksterior dan buat pesta parkir dadakan!  Belum selesai sampai disitu, Tesla terus memberikan update software yang menghadirkan game, aplikasi, dan fitur baru.

    5. Pembaruan Over-the-Air

    Tesla adalah salah satu produsen mobil pertama yang memperkenalkan update software over-the-air untuk kendaraannya.  Dengan update ini, kamu bisa mendapatkan fitur baru dan perbaikan bug tanpa perlu repot datang ke bengkel.  Beberapa mobil listrik lain juga menawarkan update, tetapi Tesla menyertakan update performa.  Sebagai contoh, saat pertama kali membeli Tesla, tenaga kudanya mungkin berada di angka tertentu.  Namun, setelah update software, tenaga kudanya bisa meningkat dalam hitungan menit.  Berbeda dengan produsen mobil lain yang biasanya mengeluarkan model baru setiap empat tahun dengan peningkatan performa dan fitur, Tesla memberikan update secara berkala.

    6. Keselamatan

    Mobil Tesla dinobatkan sebagai mobil komersial dengan peringkat keselamatan tertinggi di dunia.  Tesla meraih rating bintang 5 di setiap kategori dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) dan Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

    Keunggulan Tesla dalam keselamatan salah satunya karena tidak adanya mesin di bagian depan.  Ini berarti material baja dan aluminium bisa menyerap sebagian besar benturan sebelum diteruskan ke pengemudi dan penumpang.  Selain itu, baterai yang terletak di bagian bawah mobil membuat titik gravitasi rendah sehingga mobil lebih stabil dan kecil kemungkinannya terbalik.  Tesla juga dilengkapi dengan 8 kamera yang berfungsi sebagai mata ekstra untuk mendeteksi mobil, objek, dan bahkan pejalan kaki.  Kamera ini bisa memberi peringatan bahaya dan bahkan mengambil tindakan seperti mengerem mobil atau membelokkannya untuk menghindari kecelakaan.

    7. Full Self-Driving

    Semua Tesla dilengkapi fitur Autopilot yang menggabungkan sensor, kamera, radar, dan algoritma software canggih untuk memungkinkan mobil mengemudi dan mengendalikan gerakannya di jalan.  Fitur ini membantu pengemudi dalam hal seperti Adaptive Cruise Control yang secara otomatis menyesuaikan kecepatan mobil untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan, dan Lane Centering yang menggunakan algoritma penglihatan komputer untuk mendeteksi dan mengikuti marka jalan.

    Keunggulan utama Tesla terletak pada kemampuan Full Self-Driving (FSD) yang bisa bernavigasi secara otonom di jalan tol, termasuk berpindah jalur, masuk dan keluar jalan tol, dan mendeteksi lampu lalu lintas dan rambu-rambu jalan.  FSD juga bisa mengenali dan merespons rambu-rambu berhenti, berhenti total saat diperlukan, dan bahkan memarkir mobil sendiri.  Fitur favorit banyak orang adalah Auto Summon yang memungkinkan Tesla berjalan sendiri dalam jarak pendek ke lokasimu di tempat parkir, masuk dan keluar dari tempat parkir secara otonom.

    8. Layanan Servis Mobil yang Ekstra

    Berbeda dengan mobil lain, jika ada masalah dengan Tesla, teknisi bisa mendiagnosis mobil dari jarak jauh dan menyelesaikan masalah software.  Jika masalahnya ada di hardware, teknisi Tesla akan datang ke rumah untuk melakukan perbaikan.  Pengalaman pemilik Tesla menunjukkan kemudahan dan kecepatan layanan ini.

    Teknisi datang ke rumah untuk mengganti kamera yang rusak dalam waktu 30 menit, dan mengganti ban tanpa perlu meninggalkan rumah.  Layanan roadside assistance juga tersedia, kamu bisa menghubungi teknisi melalui aplikasi dan mereka akan datang untuk memperbaiki masalah di tempat.

    9. Mode Pertahanan Bioweapon

    Tesla Model X dan Model Y, serta Model S dan Model 3 versi terbaru, dilengkapi dengan sistem filtrasi HEPA yang canggih untuk memberikan kualitas udara terbaik di dalam kabin.  Sistem ini mampu menyaring polen, bakteri, polusi, dan bahkan ancaman biologis.  Tesla mengklaim sistem filtrasinya ratusan kali lebih efisien daripada filter mobil biasa, sehingga pengemudi dan penumpang terlindungi dari berbagai bahaya di lingkungan sekitar.

    10. Dog Mode

    Bagi pecinta anjing atau pemilik hewan lainnya, Tesla menghadirkan Dog Mode yang memungkinkan kamu meninggalkan hewan di dalam mobil dengan temperatur yang aman.  Kamu bisa mengatur temperatur kabin seperti di rumah, dan Tesla akan menjaga temperatur tersebut sampai kamu kembali.  Tesla juga akan menampilkan pesan di layar sentuh untuk memberitahu orang-orang bahwa hewan peliharaanmu aman dan kamu akan segera kembali.

    Baru-baru ini, Tesla menambahkan fitur yang memungkinkan kamu melihat kondisi hewan peliharaan secara real-time melalui kamera kabin di aplikasi Tesla.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait