Buat pemilik kendaraan merek Suzuki diharapkan untuk lebih waspada lagi jika ada penawaran program service gratis di masa pandemi saat ini. Karena baru-baru ini ramai muncul broadcast di Whatsapp Group, pesan palsu terkait program service gratis melalui situs s.id/SuzukiPeduliCovid yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.
Konsumen akan diminta untuk melakukan pengisian data penting yang tujuannya tentu merugikan pemilik mobil Suzuki itu sendiri.
Menanggapi hal ini, PT SUzuki Indomobil Sales (SIS) yang merupakan agen pemegang merek resmi Suzuki di Indonesia langsung memberikan klarifikasi, bahwa program tersebut bukan dari PT SIS dan dibuat tanpa persetujuan atau izin PT SIS sehingga setiap informasi yang terdapat dalamnya sama sekali tidak benar.
“Saat ini beredar broadcast message program ‘Suzuki Peduli Covid’ berupa perawatan mobil gratis yang bisa didapatkan konsumen dengan mengisi sejumlah data penting. Kami menduga ini adalah penipuan untuk mengumpulkan data konsumen karena PT SIS tidak pernah mengeluarkan program tersebut. Kami selalu menginformasikan setiap program melalui surat resmi kepada semua dealer, website maupun media sosial. Untuk itu, pada Selasa (16/6/2020), kami telah membuat laporan resmi pengaduan konten negatif berupa berita bohong kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Kami harap konsumen kami tidak tertipu dengan pesan hoax tersebut,” terang Riecky Patrayudha, 4W, 2W, Marine Service Director PT SIS pada hari ini, Rabu (17/6/2020).
Pesan berantai yang sifatnya hoax tersebut menawarkan perawatan mobil secara gratis meliputi beberapa layanan seperti ganti oli, tune up, sparepart, balancing, spooring, checkup 32 part, gratis masker dan hand sanitizer dengan terlebih dahulu harus mengisi data-data penting dan pribadi berupa nama, alamat, nomor telepon, e-mail, dan sebagainya.
PT SIS menginformasikan bahwa semua program Suzuki Indonesia yang resmi akan tercantum pada website Suzuki Indonesia (www.suzuki.co.id) serta media sosial Suzuki Indonesia (Facebook, Twitter, dan Instagram).
Selain itu, Suzuki juga menyediakan layanan bebas pulsa 24 jam di Halo Suzuki (0800 1100 800) yang dapat konsumen Suzuki gunakan untuk memastikan setiap program (Sales, Service, dan Sparepart) yang ada di Suzuki.