Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikHindari 5 Warna Cat Tembok Ini untuk Ruangan Sempit

    Hindari 5 Warna Cat Tembok Ini untuk Ruangan Sempit

    Memilih warna cat tembok sebaiknya tidak sembarangan, lho. Simak warna apa saja yang harus kamu hindari di sini!

    News.OLX – Kamu ingin mendekorasi ruangan kecil di rumah? Kalau iya, sebaiknya kamu harus perhatikan pemilihan warna cat tembok untuk ruangan kamu. Jangan asal-asalan pilih!

    Hal ini lantaran warna yang salah justru malah membuat ruangan kamu semakin tampak kecil dan menyesakkan. Nah, agar tidak salah pilih, kamu bisa simak warna apa saja yang harus kamu hindari di bawah ini!

    1. Warna Cat Tembok Putih Polos

    Pada dasarnya, warna putih memang bisa membuat ruangan kecil kamu jadi tampak lebih luas dan lega. Namun, tidak dengan putih polos.

    Justru, menggunakan putih polos pada ruangan yang kecil malah dapat mempengaruhi psikologi kamu, lho. Kamu dapat merasa takut, cemas dan sebagainya berkat efeknya yang membuat ruangan seperti tidak ada ujungnya.

    Inilah juga mengapa warna putih polos sering digunakan pada ruang penyiksaan yang kecil tanpa ada perabotan apapun. Bila kamu ingin menggunakan putih, sebaiknya gunakan putih tulang atau beige yang lebih warm

    2. Cat Merah

    Menggunakan warna merah pada suatu ruangan memang membuat suasananya tampak lebih menarik. Namun, ternyata warna ini juga memberikan efek yang sama seperti putih polos.

    Warna cat tembok yang satu ini dapat membuat kamu merasa stres bila digunakan pada ruangan yang kecil. Hal ini lantaran sifat psikologis merah yang cukup agresif dan kuat.

    Alih-alih menggunakan merah terang atau dengan tone yang lebih gelap, kamu bisa pilih varian yang tone-nya lebih muda. 

    3. Oranye

    Memilih oranye untuk kamar atau ruang bersantai yang kecil mungkin akan membuatnya tampak lucu dan menarik. Namun, bila kamu berada di ruangan dengan cat oranye terlalu lama, kamu akan merasa lelah.

    Hal ini lantaran oranye memberikan energi yang besar. Sehingga, ini akan sangat tidak cocok bila kamu aplikasikan pada ruangan kecil seperti kamar atau ruang belajar.

    warna cat tembok 1

    4. Dark Blue

    Apakah kamu penyuka warna gelap seperti dark blue? Bila ya, sebaiknya jangan gunakan warna ini pada ruangan yang kecil, ya.

    Dark blue memang dapat membuat dekorasi ruangan kamu tampak menarik. Apalagi bila kamu tambahkan dengan lampu galaxy. Namun, warna gelap hanya akan membuat ruangan kamu tampak lebih kecil.

    Selain itu, ruangan terasa lebih sesak. Akan tetapi, kamu masih bisa gunakan spektrum lain dari dark blue ini, kok. Asalkan kamu memilih warna yang lebih muda.

    5. Cat Netral yang Tidak Cocok

    Warna-warna netral terkadang bisa jadi pilihan yang tepat untuk ruangan kecil kamu. Misalnya, seperti warna beige atau emas yang soft yang dapat membuat kamar atau ruang kecil di rumah jadi tampak lebih lega.

    Namun, ada beberapa warna cat tembok netral yang undertone-nya kurang cocok untuk ruangan yang kecil. Terutama, saat terkena sinar matahari atau penerangan lampu.

    Hal ini lantaran ada beberapa warna netral terang yang justru malah jadi redup saat terkena cahaya. Yang mana, ini malah membuat kamar atau ruang kecil di rumah jadi tampak lebih sempit.

    Itulah beberapa warna cat tembok yang tidak boleh kamu gunakan pada ruangan yang kecil. Kamu bisa pilih warna yang lebih soft agar ruangan tampak lebih lega.

    Nah, jika kamu ingin mencari jasa interior design atau cat, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait