Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    MotorHonda PCX 160 Meluncur di Indonesia, Ini Kehebatan dan Detail Spesifikasinya

    Honda PCX 160 Meluncur di Indonesia, Ini Kehebatan dan Detail Spesifikasinya

    News.OLX.co.id – PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya secara resmi meluncurkan Honda PCX 160 di Indonesia. Dengan body yang gambot, Honda PCX 160 diklaim telah mengalami perubahan menyeluruh mulai dari mesin, rangka, desain dan fitur.

    Menurut President Director PT AHM Keiichi Yasuda berbekal mesin, desain, dan fitur terbaru, Honda PCX 160 diharapkan dapat semakin melengkapi kesenangan berkendara bagi pecinta skutik premium yang juga mendambakan teknologi tinggi. 

    “All New Honda PCX series semakin nyaman dikendarai dalam berbagai situasi, baik di perkotaan maupun jarak jauh. Perubahan pada ukuran ban yang semakin besar juga mendukung skutik premium ini semakin nyaman dan tampil berkesan,” ungkap Yasuda saat video conference, Jumat (5/2/2021).

    Baca juga: Honda PCX Punya Warna Baru, Ini Harganya?

    Nah, OLXer mau tahu apa saja sih sebenarnya kehebatan dari Honda PCX 160, antara lain:

    Desain dan Fitur

    Gonda PCX 160

    Secara tampilan memang terlihat tak jauh berbeda dengan PCX 150. Hanya saja, Honda mengklaim PCX 160 menghadirkan kenyamanan dan berkendara kelas tinggi dengan konsep dasar PCX ‘Personal Comfort Saloon’, dan kombinasi dari kemewahan dengan sentuhan garis yang memberikan ekspresi dinamis. 

    Perubahan pertama yang terlihat jelas yaitu pada desain lampu yang lebih horizontal dan melebar, dan lampu belakang terkesan cahaya efek tiga dimensi. OIa lampu-lampu Honda PCX 160 juga sudah mempertahankan lampu LED.

    Tampilan baru juga terjadi pada LCD panel meter yang lebih lebar dan mampu memberikan informasi semakin lengkap. Fitur informasi terbaru pada LCD panel meter ini antara lain indikator baterai, perawatan v-belt, dan indikator fitur HSTC pada tipe ABS.

    Tak ketinggalan, Honda PCX 160 jadi kekinian karena sudah menghadirkan USB charger type A yang tentunya dapat digunakan untuk melakukan pengisian daya. Selain itu, skuter matik ini juga sudah dilengkapi Honda Smart Key berupa alarm dan answer back system. 

    Baca juga: Lebih Dekat Dengan Honda PCX e-HEV, Ini Keunggulannya

    Oia, bagasi Honda PCX 160 ini sudah dilakukan peningkatan kapasitas bagasi hingga 30 liter, dan kapasitas tangki bahan bakar mampu menampung 8,1 liter. Perubahan juga terdapat pada ruang area kaki pengendara, yang lebih panjang tiga sentimeter, sehingga membuat posisi berkendara semakin nyaman dalam menempuh area perkotaan maupun jarak jauh.

    Perubahan lainnya dilakukan pada suspensi belakang dengan poros yang semakin panjang hingga 1 cm untuk mendukung kenyamanan saat melintasi jalanan yang kasar. Selain itu, Honda PCX 160 juga menawarkan pilihan fitur keselamatan seperti Anti-Lock Braking System (ABS).

    Dengan menawarkan posisi riding yang pas, Honda PCX 160 sangat nyaman dipakai berkendara jarak jauh maupun dekat.

    Performa Mesin

    Honda PCX 160 sudah mengusung mesin generasi terbaru dengan kapasitas 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cair menghasilkan tenaga 16 Tk pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm pada 6500 rpm. 

    Untuk mendukung performa, Honda PCX 160 mampu mengkonsumsi bahan bakar mencapai 45 Km/l. Pengetesan dilakukan melalui pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling stop system (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3.

    Tonton video menarik dari OLX Indonesia Youtube Channel :

    Pilihan warna dan Harga 

    Honda PCX 160 dipasarkan dengan dua tipe yaitu CBS, dan ABS. Untuk tipe CBS terdapat warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Glorious Matte Black, dan Marvelous Matte Gray. Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Brilliant Black, dan Royal Matte Blue. Nah, untuk tipe ABS memiliki jok two-tone serta emblem PCX dengan warna tembaga untuk tampilan yang lebih mewah.

    Soal harga, Honda PCX 160 tipe CBS dijual Rp 30,35 juta dan tipe ABS dilepas Rp 33,95 juta. kedua harga ini dijual dengan statis DKI Jakarta. Berikut detail spesifikasi Honda PCX 160.

    Baca juga: Mesinnya Sama, Pilih Mana, Honda ADV 160 atau Honda PCX 160?

    Dimensi 

    Honda PCX 160

    Spesifikasi

    Panjang x Lebar x Tinggi (mm) 1.936x742x1.108 mm
    Jarak Sumbu Roda 1.313 mm
    Jarak Terendah ke Tanah 135 mm
    Tinggi Tempat Duduk 764 mm
    Berat Kosong 113 kg (CBS), 132 Kg (ABS)
    Kapasitas Tangki Bahan Bakar 8,1 liter

     

    Mesin

    Honda PCX 160

    Spesifikasi

    Tipe Mesin 4 Langkah, 4-Valve, eSP+
    Tipe Pendingin Pendingin Cair
    Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
    Volume 156,9cc
    Diameter x Langkah 60,55 mm
    Perbandingan Kompresi 12:1
    Daya Maksimum 16 Tk / 8.500 rpm
    Torsi Maksimum 14,7 Nm / 6.500 rpm
    Tipe Transmisi Otomatis, V-Matic
    Tipe Starter Elektrik
    Tipe Kopling Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
    Kapasitas Minyak Pelumas 0,8 liter

     

    Ban dan Suspensi

    Honda PCX 160

    Spesifikasi

    Tipe Rangka Double Cradle
    Ban Depan 110/70 – 14 M/C Tubeless
    Ban Belakang 130/70 – 13 M/C Tubeless
    Sistem Pengereman Depan Cakram Hidrolik (Tipe CBS),

    Triple Pots Hydraulic combined Brake System,

    Anti Lock Braking System (ABS)

    Sistem Pengereman Belakang Cakram Hidrolik
    Suspensi Depan Teleskopik
    Suspensi Belakang Suspensi Belakang Ganda

    Kelistrikan

    Honda PCX 160

    Spesifikasi

    Sistem pengapian Full Transistorized
    Tipe Baterai 12V-5Ah, Tipe MF
    Tipe Busi NGK LMAR8L-9
    Power Charger 5V, 2,1 A

     

    Demikian ulasan lengkap mengenai motor Honda PCX 160 dari sisi spesifikasi mesin, fitur, warna, hingga harganya. Berminat untuk memiliki kendaraan roda dua satu ini? Semoga, artikel ini dapat membantu Anda untuk mempertimbangkan sebelum membelinya.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait