Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJangan Asal Masuk Lajur Contraflow, Sebelum Tau Tips dan Triknya

    Jangan Asal Masuk Lajur Contraflow, Sebelum Tau Tips dan Triknya

    Melaju di lajur contraflow ini butuh tingkat kewaspadaan tinggi dari pengendara. Salah sedikit saja, bisa fatal akibatnya.

    News.OLX – Buat OLXers yang hendak melakukan perjalanan liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) menggunakan kendaraan kesayangannya, diharap tetap menjaga kewaspadaannya. 

    Mengantisipasi kemacetan panjang di jalur bebas hambatan menuju wilayah Jawa, Pihak kepolisian melakukan berbagai rekayasa lalu lintas, salah satu caranya adalah contraflow. 

    Buka-tutup satu lajur berlawanan arah akan dilakukan sesuai jadwal dan kondisi lapangan untuk mengurai kepadatan jalan

    Melaju di lajur contraflow ini butuh tingkat kewaspadaan tinggi dari pengendara. Salah sedikit saja, bisa fatal akibatnya. 

    Simak tips mengemudi di jalur contraflow yang dibagikan oleh Auto2000 berikut ini:

    Pelajari Jadwal dan Titik Contraflow

    Sebelum melintas di lajur contraflow, sangat perlu bagi pengendara mengetahui jadwal dan lokasi contraflow. 

    Informasi mengenai aturan ini biasanya bisa didapatkan melalui sosial media atau operator jalan tol. Sebelum lajur lawan-arah pasti sudah ada rambu-rambu yang dipasang.

    Pintu Keluar Tol Tidak Terlewati

    Pada umumnya, jalur contraflow memiliki satu pintu masuk dan satu pintu keluar. Jika pintu gerbang keluar tol sudah terlewat, maka OLXers perlu melanjutkan perjalanan hingga jalur contraflow berakhir dan mencari pintu keluar jalan tol.

    Melihat rute contraflow antara KM 47 – KM 87 Jalan Tol Jakarta Cikampek, artinya semua pintu tol antara titik tersebut akan terlewati kalau memilih lajur contraflow. Termasuk interchange menuju Jalan Tol Cipularang tujuan Bandung yang berada di Dawuan KM 67. Jadi, jika tujuan liburan OLXers menuju Kota Bandung, sebaiknya jangan melalui lajur contraflow.

    Jangan memaksa masuk contraflow selepas keluar Jalan Layang Tol MBZ

    Ujung Jalan Layang Tol MBZ ada di sekitar KM 47 Jalan Tol Cikampek. Sehingga, ada kemungkinan OLXers tidak bisa pindah ke lajur contraflow mengingat hal ini berisiko memotong akses masuk kendaraan lainnya. Hal ini harus diperhitungkan dengan benar.

    Tempatkan laju kendaraan di posisi kanan sebelum akses contraflow

    Ketika sudah mengetahui titik dan lokasi jalur contraflow, maka sebaiknya persiapkan kendaraan untuk melaju di lajur kanan. 

    Bersiaplah sekitar 2 km sebelum pintu masuk jalur contraflow supaya tidak kelewatan atau melakukan manuver mendadak yang berbahaya.

    Jika jalur contraflow berada di KM 47, maka pengemudi harus bersiap mengambil lajur kanan saat berada di KM 45. Dengan demikian, arus lalu lintas kendaraan lain tidak akan terganggu dan tidak memicu kecelakaan. Nyalakan sein kanan saat jarak dengan akses masuk tinggal 500 meter.

    Atur kecepatan mobil

    Tips melewati lajur contraflow

    Mobil tidak boleh terlalu cepat atau terlalu lambat di lajur lawan arah ini. Jika terlalu pelan, akan menghambat lalu lintas. Namun kalau terlalu cepat juga berbahaya mengingat berada di jalur mobil lain dari lawan arah. Idealnya, kecepatan kendaraan di jalur contraflow adalah 60 km/jam.

    Jaga jarak aman

    OLXers juga harus menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Terapkan teori tiga detik untuk menjaga jarak aman. Dengan menjaga jarak aman, dapat membuat pengemudi mengantisipasi segala kemungkinan.

    Hindari keluar jalur contraflow

    Lajur contraflow biasanya hanya menggunakan setengah jalur jalan tol. Artinya setengah lajur tetap digunakan untuk kendaraan dari arah berlawanan. 

    Tentu ini punya risiko tinggi juga, jadi sebaiknya hindari keluar lajur dengan maksud mendahului kendaraan di depan. 

    Perhatikan kondisi pengemudi dan penumpang

    Metode safety driving perlu diterapkan selama melintasi jalur lawan-arah. Yang terutama adalah jangan main ponsel atau hal yang mengalihkan perhatian. Fokus dan waspada dengan melihat ke arah depan, sisi kanan dan kiri lewat spion, dan sesekali melihat ke arah belakang.

    Selain itu pastikan juga kondisi OLXers tetap prima dan tidak mengantuk agar lebih waspada saat hendak memasuki jalur contraflow yang berjarak sekitar 40 km itu. Pastikan pula penumpang tidak ada kebutuhan ke toilet dan bahan bakar mencukupi.

    Pastikan mobil Toyota dalam kondisi sehat

    Karena hanya memanfaatkan satu lajur jalan dan tidak bisa kembali ke lajur normal, posisi berhenti mobil karena mengalami kendala mogok pastinya langsung memblokade arus lalu lintas, bahkan bisa berhenti total jika tidak ada solusinya.

    Pastikan mobil dalam kondisi sehat sebelum memutuskan untuk masuk ke jalur ini. Jangan memaksakan untuk melewatinya kalau terdeteksi ada potensi masalah. Sebaiknya tetap lewat jalur normal dan berkunjung ke Posko Siaga 24 Jam Auto2000 di Rest Area KM 57 untuk pemeriksaan.

    Auto2000 mengoperasikan Posko Siaga 24 Jam yang berlokasi di Rest Area Km 57 Tol Jakarta – Cikampek antara 22 Desember 2023 – 1 Januari 2024. Artinya, kalau OLXers pemilik mobil Toyota memilih melewati contraflow dari arah Jakarta, tidak dapat berkunjung ke posko tersebut.

    “Berkendara di jalur contraflow membutuhkan mobil dan pengemudi yang sehat dan andal. Untuk itu persiapkan fisik AutoFamily sebelum pergi libur Nataru dan pastikan mobil dalam kondisi sehat supaya tidak memicu masalah. Silakan berkunjung ke Posko Siaga 24 Jam Auto2000 buat AutoFamily yang ingin servis berkala dan mengecek kondisi mobil dengan benefit gratis TMO Wiper Fluid,” tutup Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Minggu (24/12/2023).

    Sebagai bagian dari Holiday Campaign Program, Posko Siaga 24 Jam akan beroperasi antara 22 Desember 2023 – 1 Januari 2024 di lokasi berikut ini:

    • Posko Siaga Cikampek (Rest Area Km 57 Tol Jakarta – Cikampek)
    • Posko Siaga Probolinggo (Rest Area Utama Raya Tol Trans Jawa)
    • Posko Siaga Banten (SPBU 34.42409 Banten)

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLXDownload aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait