Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Panduan PembeliJangan Sampai Kena Getok, Segini Pasaran Harga Tambal Ban Mobil

    Jangan Sampai Kena Getok, Segini Pasaran Harga Tambal Ban Mobil

    Harga tambal ban mobil berbeda-beda mengikuti cara menambalnya, umumnya mulai dari 15 ribu hingga lebih dari 100 ribu.

    News.OLX – Kamu lagi asyik menikmati momen di jalan, tapi tiba-tiba terdengar letupan keras? Biang keroknya adalah lubang kecil yang kalau kamu biarkan, lama-kelamaan bisa membahayakan nyawa sendiri dan keselamatan orang lain. Jadi, berapapun harga tambal ban yang harus dibayar, tindakan perbaikan jelas penting.

    Tidak sedikit metode yang ditawarkan untuk menambal ban kempis, tergantung pada kondisi karet bundar. Solusi yang umum di kalangan mekanik di antaranya adalah tambal payung, tambal peluru, dan tambal cacing. Tentu, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

    Mengacu pada tingkat kompleksitas dan materialnya, harga tambal ban juga bermacam-macam.

    Harga Tambal Ban Mobil berdasarkan Jenisnya

    Harga tambal ban

    Ini kisaran harga tambal ban berdasarkan teknik atau jenis tambalnya:

    1. Tambal Payung (Plug and Patch)

    Teknik tambal payung menggunakan tempelan berbentuk payung dengan sumbat.

    Tambalan dioleskan pada ban dalam, kemudian penyumbat ditarik dari luar untuk mengisi dan menutup lubang. Sekiranya perlu, lubang boleh dilebarkan agar lebih pas.

    Namun, cara ini kurang efektif untuk menambal kebocoran pada dinding ban, lubang yang berdekatan dengan bekas tambalan lain, atau lubang yang diameternya lebih dari setengah sentimeter.

    Dalam contoh kasus seperti ini, kamu mesti mengganti si karet bundar.

    Sementara itu, harga tambal ban payung cenderung lebih mahal daripada metode lainnya sebab lebih awet, mulai dari Rp75.000 per ban.

    Terlebih lagi, cara ini juga menuntut pekerjaan yang lebih teliti. 

    2. Tambal Peluru

    Jenis lain yang juga umum adalah tambal peluru. Tambal peluru berupa potongan karet perekat pipih yang direkatkan pada lubang dari dalam ban.

    Ban dicopot dari velg, area di sekitar lubang dibersihkan, lalu tambalan dipasang di titik yang terkena tusukan.

    Tambal peluru juga punya sifat vulkanisir, yakni mengeras dan tetap melekat saat panas muncul akibat gesekan selama kendaraan melaju.

    Dengan harga tambal ban peluru termurah Rp15.000 per titik, inilah metode yang paling terjangkau.

    Namun, perlu kamu camkan juga, teknik ini kurang aman karena tidak seawet cara tambal ban lainnya.

    3. Tambal Cacing (Tire Seal String)

    Tambal cacing merupakan reparasi eksternal dengan menggunakan alat khusus untuk memasukkan material seperti benang ke dalam lubang. Tali tersebut memang lengket dan melekat pada sisi-sisi lubang.

    Harga tambal ban cacing juga ekonomis, mulai dari Rp20.000 per titik bocor. Tak heran kalau tambal ban cacing juga jadi solusi praktis bagi konsumen yang ingin mengirit.

    Namun, ban yang diperbaiki dengan metode ini cuma bakal bertahan selama beberapa bulan. Sebab, tambal ban cacing memberi ruang bagi udara untuk masuk ke dalam ban.

    Ketika memikirkan opsi mana yang paling pas, faktor-faktor seperti jenis tusukan dan budget wajib kamu perhitungkan masak-masak. Dengan begitu, kendaraan tetap dalam kondisi prima dalam kurun waktu yang lama.

    Cari alat otomotif dengan harga terbaik? Tengok saja OLX, pusatnya semua kebutuhan berkendara. Kamu bisa mengecek dan membeli barang-barang otomotif dengan praktis, cukup dari rumah atau di mana pun kamu berada. Download aplikasinya sekarang di Google Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait