Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    BeritaJeep Wrangler Rubicon Jadi Karakter Bang Ottos di Serial Animasi Trungtung, Selalu...

    Jeep Wrangler Rubicon Jadi Karakter Bang Ottos di Serial Animasi Trungtung, Selalu Ingatkan Pentingnya Aman Berkendara dan Tertib di Jalan Raya

    Jeep Wrangler Rubicon bernama Bang Ottos ini merupakan Duta Aman Berkendara yang selalu mengingatkan untuk tertib dalam berlalu lintas.

    JAKARTA – Serial animasi Trungtung merupakan animasi Indonesia yang diproduksi oleh studio animasi The Little Giantz. Serial ini ditayangkan di kanal YouTube Little Giantz yang menceritakan sebuah mobil pikap bernama Trungtung.

    Animasi Trungtung pertama kali tayang sejak 2 Oktober 2022. Hingga saat ini animasi ini memiliki dua episode baru yang masih menceritakan sebuah mobil pikap bernama Trungtung yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas. 

    Dalam episode keduanya ini hadir karakter baru bernama Bang Ottos yang merupakan mobil Jeep Wrangler Rubicon berwarna biru. Jeep Wrangler Rubicon bernama Bang Ottos ini merupakan Duta Aman Berkendara yang selalu mengingatkan untuk tertib dalam berlalu lintas.

    Bang Ottos

    Meski ia merupakan mobil petualang yang mampu menerobos segala medan, Bang Ottos tetap mematuhi peraturan lalu lintas. Ia pun mengingatkan untuk Trungtung untuk memilih yang pasti saja, seperti memilih sparepart asli, service rutin, hingga perawatan untuk menjaga kondisi kendaraan agar selalu baik.

    Selain itu ia juga mengingatkan Trungtung untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Diketahui saat Trungtung menyarankan untuk naik ke trotoar karena cukup lama mengantri, Bang Ottos mengingatkan bahwa untuk memilih jalur yang pasti aja, seperti tagline dari OLX Autos.

    Tentunya ada pesan mulia yang disampaikan lewat karakter Bang Ottos, bahwa saat di jalan, mobil dengan harga mahal, berbodi besar dan bisa menempuh berbagai jalur dan medan jalanan, tidak perlu menjadi arogan  dan harus bisa menghargai hak pengguna jalan lainnya.

    Nah, penasaran dengan Jeep Wrangler Rubicon berwarna biru tersebut? Begini spesifikasi Jeep Wrangler Rubicon yang menjadi karakter Bang Ottos. 

    Spesifikasi Jeep Wrangler Rubicon

    Jeep Wrangler Rubicon

    Jeep Wrangler sebelumnya menggunakan mesin dengan kapasitas yang cukup besar, yaitu mesin V6 Pentastar 3.6L (3.604cc). Mesin ini digunakan pada Wrangler JK dari 2007 silam hingga diganti oleh V6 3.0L (2.985cc) di tahun 2015. 

    Untuk saat ini kapasitasnya semakin kecil menjadi 2.0L atau lebih tepatnya 1.995cc. Selain itu jumlah silindernya pun berkurang dari 6 menjadi 4.

    Jeep Wrangler Rubicon ini menggunakan mesin GME 2.0 L berbahan bakar bensin dengan 4 silinder 16 katup DOHC. Meski kapasitasnya mengecil, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 270 hp dan torsi 400 Nm.

    Mobil ini tersedia dalam transmisi otomatis saja dengan 8 percepatan. Selain itu mesin ini dipasangkan dengan twin-scroll turbocharger. 

    Untuk sistem bahan bakarnya sendiri menggunakan Direct Injection. Dalam Kota Jeep Wrangler Rubicon mencetak 8,3 km/l, sementara di rute Tol ia meraih 10,9 km/l.

    Interior Jeep Wrangler Rubicon

    Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Jeep Wrangler Rubicon ini tampil lebih premium. Saat masuk ke dalam kabin langsung terasa kesan mewah. 

    Banyak bagian dalam mobil ini dilapisi oleh kulit yang menambah kesan premium. Lapisan kulit ini dapat ditemui di armrest di pintu dan dashboard. Selain itu bagian doortrim pun tidak ketinggalan.

    Penampilan dari dashboardnya pun semakin keren dengan berbagai tombol dan panel yang disusun secara sistematis dan rapi. Terlihat sebuah head unit dengan ukuran 8,4 inci yang sudah layar sentuh dan MID full colour 7 inci. 

    Masuk ke dalamnya pun terasa luas dan muat untuk 4 hingga 5 orang penumpang di dalamnya dengan ruangan yang lega. Tentu hal ini semakin menambah kenyamanan saat digunakan sebagai kendaraan sehari-hari.

    Eksterior Jeep Wrangler Rubicon

    Sekilas mirip dengan Jeep Wrangler Rubicon yang sudah dirilis pada tahun-tahun sebelumnya. Namun Jeep Rubicon saat ini hadir dengan desain baru yang memiliki penampilan berbeda pada bagian gril depan.

    Penampilan depannya memang cukup identik dengan Jeep Wrangler edisi sebelumnya, namun gril dengan 7 bilah kisi-kisi udara yang besar ini langsung menempel dengan lampu utama.

    Pada bagian bumper depannya, terdapat DRL LED yang terintegrasi langsung. Selain itu Jeep Wrangler Rubicon yang masuk ke Indonesia ini sudah menerapkan LED headlights, jadi terdapat DRL LED tambahan yang melingkar di sisi dalam lampu utamanya.

    Desain dari pelipatan kaca depan memungkinkan untuk kaca spion tidak ikut terlipat dengan desain empat baut baru. Beberapa tambahan desain adalah untuk memudahkan pelepasan pintu dengan engsel yang mudah dilepas dengan Torx yang saat ini berbahan alumunium.

    Fitur di Rubicon

    Sebagai kendaraan off-road, Jeep Wrangler Rubicon ini memiliki beberapa fitur untuk menunjang kenyamanan berkendara. Seperti layaknya mobil mewah pada saat ini, Jeep Wrangler Rubicon ini sudah dilengkapi dengan tombol start/stop button.

    Pintunya pun sudah keyless yang memudahkan pengemudi. Setirnya pun sudah teleskopik dan terdapat beberapa fitur hiburan seperti head unit besar 8,4 inci dengan layar sentuh dan sistem UConnect yang sudah mengadopsi Apple CarPlay dan Android Auto. 

    Selain itu ada tambahan power outlet berdaya AC 230 V dan 150 W mengisi ulang baterai laptop di belakang. Untuk fitur lainnya terdapat auto headlights, auto wiper.

    Untuk AC sendiri sudah dual zone auto climate control, electrochromatic mirror, spion lipat elektrik, sound system premium dari Alpine dengan 9 speaker, subwoofer tahan air dan amplifier 12-channel 552 W, dan cruise control.

    Nah, sebagai kendaraan SUV yang identik untuk medan off-road, fitur keamanan pada mobil ini terdapat empat rem cakram, ABS, EBD, ESC (Electronic Stability Control) dan ERM (Electronic Roll Mitigation). 

    Selain itu dilengkapi Hill Descent Control dan Hill Start Assist. Terdapat juga sensor parkir dan kini kamera mundur dengan dinamis, yang kerennya terintegrasi langsung di ujung kunci ban serep belakang.

    Harga Baru Jeep Rubicon

    Jeep Wrangler Rubicon ini ditawarkan dengan beberapa varian dan tersedia dengan transmisi otomatis saja. Selain itu terdapat dua pilihan 2 pintu dan 4 pintu yang tentunya memiliki perbedaan harga.

    Untuk harga barunya sendiri Jeep Wrangler Rubicon ini memiliki harga:

    • Jeep Wrangler Rubicon 2-Door Rp1,73 milyar
    • Jeep Wrangler Rubicon 4-Door Unlimited Rp1,83 milyar

    Harga Bekas Jeep Wrangler Rubicon

    Bagi Anda yang berminat untuk meminang mobil Jeep Wrangler Rubicon ini tentunya tidak harus selalu membeli unit baru. Pasalnya mobil ini juga memiliki pasar mobil bekas yang cukup bagus. 

    Dimana mobil bekas dari Jeep Wrangler Rubicon ini masih dibanderol dengan harga yang cukup stabil dibandingkan dengan unit barunya. Kisaran dari harga mobil ini berada pada harga Rp1,1 milyar hingga Rp1,5 milyar tergantung dari varian dan kondisinya.

    Nah, setelah menyimak ulasan mengenai Jeep Wrangler Rubicon ini tentu Anda, sedikit banyak mengetahui dari kehebatan SUV yang kerap dipakai di medan off-road ini. Sebagai karakter Bang Ottos dalam serial Trungtung, selalu patuhi peraturan lalu lintas dan pilih yang pasti untuk perawatan mobil Anda.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait