Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Jumper Aki Mobil yang Aman

    Cara Jumper Aki Mobil yang Aman

    Jumper aki mobil ternyata mudah!

    News.OLX – Jumper aki adalah salah satu komponen penting yang harus dimiliki pengendara pada kendaraan. Soalnya, salah satu toolkit ini berfungsi untuk menindaklanjuti situasi darurat yang jika mobilmu tiba-tiba mogok karena aki yang soak. 

    Meskipun sangat penting, sayangnya, banyak pengendara yang belum mengerti bagaimana cara menggunakan jumper aki untuk mengatasi masalah aki soak. Sebab itu itu, penting bagi pemilik mobil untuk mengetahui cara melakukannya dengan benar.

    Lantas bagaimana cara melakukannya, dan mengapa hal ini begitu penting? Berikut penjelasannya.

    Pentingnya mengetahui cara jumper aki

    Aki mobil adalah salah satu komponen kunci dalam kendaraan yang memberikan tenaga untuk menghidupkan mesin. Namun, terkadang aki dapat menjadi lemah atau bahkan soak, terutama jika kendaraan dibiarkan dalam keadaan mati dalam waktu yang lama. 

    Ketika ini terjadi, mobil tidak akan dapat dihidupkan dan kamu akan memerlukan jumper aki untuk mengatasi masalah tersebut.

    Baca juga: Mesin Mobil Kerap Mati Mendadak Saat Melintasi Rel Kereta, Apa Sebabnya?

    Namun, jumper aki bukanlah tindakan sederhana yang dapat dilakukan tanpa pengetahuan yang cukup. Jika tidak dilakukan dengan benar, dapat menyebabkan kerusakan serius pada kendaraan dan bahkan berpotensi menyebabkan kebakaran.

    Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memahami prosedur yang benar untuk jumper aki mobil, seperti yang telah dijelaskan di sumber Media Indonesia.

    jumper aki 2

    Alat yang harus disiapkan

    Sebelum kamu dapat melakukan jumper aki, kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki semua peralatan dan bahan yang diperlukan. Hal ini termasuk alat di bawah ini.

    1. Kabel jumper

    Pastikan kamu memiliki kabel jumper yang cukup panjang dan dalam kondisi baik. Kabel jumper yang buruk dapat menyebabkan masalah saat melakukan jumper aki.

    2. Alat pengaman mata

    Gunakan alat pengaman mata jika memungkinkan. Meskipun ini mungkin terdengar sebagai langkah yang kecil, tetapi sangat penting untuk melindungi mata dari percikan yang mungkin terjadi selama proses jumper aki.

    3. Kendaraan bantuan dengan aki sehat

    Kamu memerlukan kendaraan lain yang memiliki aki dalam kondisi baik dan baterai yang cukup kuat untuk digunakan sebagai sumber daya untuk menghidupkan kendaraan yang baterainya mati.

    Cara jumper aki mobil

    Setelah menyiapkan alat-alat tersebut, terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan jumper aki. Berikut penjelasannya.

    1. Matikan kendaraan

    Pastikan mobil yang akan digunakan untuk jumper aki dalam keadaan mati. Ini adalah langkah penting untuk menghindari risiko kejutan listrik atau masalah lainnya. 

    2. Posisi mobil yang aman

    Posisikan mobil yang mogok di tempat yang aman dan datar. Ini akan memudahkan kamu dalam menjalankan kabel jumper dan menghindari bahaya yang mungkin terjadi.

    3. Usahakan dengan mobil yang sejenis

    Lebih aman jika jumper aki dilakukan dengan mobil yang sejenis. Karena jumlah daya aki akan serupa sehingga meminimkan risiko jika besar voltase aki terlalu berbeda jauh.

    Langkah-langkah Melakukan Jumper Aki yang Aman

    Setelah semua persiapan telah dilakukan, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan jumper aki mobil dengan aman:

    1. Pasang kabel jumper

    Jepit ujung klem kabel merah atau positif pada kutub positif (+) dari aki mobil yang mogok. Pastikan klem kabel tersebut terpasang dengan kuat untuk menghindari kendor atau terlepasnya kabel selama proses jumper aki.

    2. Sambungkan kabel ke mobil lain

    Jepit ujung klem kabel merah atau positif yang lain pada kutub positif (+) dari aki mobil yang masih hidup. Pastikan kabel jumper tidak menyentuh bagian-bagian logam lainnya selama proses ini.

    3. Kaitkan kabel negatif

    Jepit ujung klem kabel hitam atau negatif pada kutub negatif (-) dari aki mobil yang masih hidup. Ini adalah langkah penting untuk menghindari risiko percikan api atau kejutan listrik.

    Baca juga: Apa Manfaat Menguras Air Radiator Secara Berkala?

    Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat melakukan jumper aki mobil secara aman dan efektif. Ini adalah tindakan darurat yang berguna untuk mengatasi masalah aki yang lemah atau mati, tetapi selalu penting untuk menjaga keamanan saat melakukannya.

    Semoga artikel ini bermanfaat untukmu saat menghadapi situasi seperti ini di masa depan. Ingatlah selalu untuk berhati-hati dan teliti dalam menjalankan prosedur jumper aki.

    Ayo temukan tips dan trik lainnya di OLX Member of ASTRA. Selain itu kamu bisa mencari mobil atau motor bekas impian di OLX. Yuk unduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait