Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMengenal Kampas Rem Mobil, Fungsi, Penyebab Cepat Habis dan Cara Menggantinya

    Mengenal Kampas Rem Mobil, Fungsi, Penyebab Cepat Habis dan Cara Menggantinya

    JAKARTA – Kampas rem mobil merupakan salah satu komponen di dalam sistem pengereman mobil. Keberadaan dari kampas rem ini membuat pengereman mobil lebih pakem dan dapat memberikan jaminan keamanan dalam berkendara.

    Apabila kampas rem mobil ini habis, fungsi dari sistem pengereman mobil akan terganggu. Akibatnya akan sangat sulit untuk menurunkan laju kendaraan saat dalam kondisi melaju cepat.

    Paling buruk apabila kampas rem ini habis bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang sering muncul di pemberitaan. Maka dari itu perlu memahami kampas rem mobil agar saat berkendara selalu dalam perasaan nyaman dan aman.

    Sebagai pengguna mobil sehari-hari, konsumsi dari kampas rem mobil ini tentu akan lebih cepat habis dari biasanya. Sehingga pemilik mobil perlu mengetahui ciri-ciri dari kampas rem yang akan habis dan cara menggantinya.

    Pasalnya, dalam mengganti kampas rem ini cukup mudah dan dapat dilakukan secara mandiri tanpa harus dibawa ke bengkel. Namun Anda harus memiliki beberapa peralatan untuk membuka berbagai kunci dan baut dari komponen ini.

    Fungsi Kampas Rem Mobil

    Kampas rem mobil berada di dekat roda dan memiliki fungsi viral dalam sistem pengereman mobil. Fungsi dari kampas rem ini ada beberapa macam yang membuat pengendara menjadi nyaman saat menggunakan mobilnya.

    Pengereman lebih mudah

    Adanya kampas rem membuat pengereman lebih mudah. Salah satu contohnya adalah saat ingin memberhentikan laju kendaraan, dengan adanya kampas rem hal ini dapat terjadi dengan mudah untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

    Kampas rem ini akan menekan disc brake dan membuat laju roda mobil Anda melambat sesuai tekanan dari pedal rem.

    Pengaturan pengereman lebih mudah

    Selain membuat pengereman lebih mudah, kampas rem ini berfungsi untuk membuat pengaturan pengereman menjadi lebih mudah.

    Lapisan amplas pada kampas rem ini berfungsi agar sistem pengereman bisa bekerja maksimal. Ketika mobil melaju serta ingin berhenti dan berbelok.

    Tentunya dalam mengendalikan laju mobil dengan berbagai manuver menjadi lebih nyaman dan mudah bila memiliki kampas rem.

    Membantu Kendaraan Melewati Medan yang Sulit

    Pada saat mengendarai mobil, pasti akan menemui medan yang cukup sulit seperti jalanan yang tidak rata dan berlubang. Maka dari itu dibutuhkan pengereman yang pakem agar mempermudah untuk melewatinya.

    Ketika berada di tanjakan dan dalam keadaan yang cukup ramai, kampas rem akan menahan laju mobil sehingga membuat mobil menurunkan akselerasi.

    Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Habis

    Terdapat beberapa ciri-ciri untuk mengetahui bahwa kampas rem pada mobil Anda akan habis. Biasanya ciri-ciri akan mudah untuk diketahui saat mobil digunakan.

    Rem tidak pakem

    Salah satu ciri paling mudah untuk mengetahui bahwa kampas rem mobil Anda habis adalah kondisi pengereman yang tidak pakem. Saat Anda menginjak pedal rem, laju kendaraan tidak serta merta langsung menurun malah terasa blong dan tetap melaju.

    Jangan panik, namun kurangi saja gigi transmisi kendaraan Anda agar terjadi Engine brake yang membantu menurunkan laju kendaraan. 

    Kondisi rem yang tidak pakem ini terjadi karena kampas rem pada mobil Anda telah habis. Sehingga sistem pengereman pada mobil tidak maksimal.

    Terdengar suara decitan

    Suara decitan pada mobil Anda ini terjadi karena kondisi kampas rem habis dan dipaksa untuk menekan disc brake. Maka yang terjadi bukan laju kendaraan yang menurun, namun karena gesekan tersebut malah membuat suara decitan.

    Lebih parah lagi karena kampas rem yang habis, disc brake pada mobil Anda bisa tergores dan menyebabkan kerusakan parah apabila dibiarkan cukup lama.

    Penyebab kampas rem habis
    Rem cakram mobil (pixabay)

    Pedal rem bergetar saat diinjak

    Saat ingin menurunkan laju mobil Anda, salah satu hal yang dilakukan adalah dengan menginjak pedal rem. Namun saat pedal rem ini diinjak malah terjadi sebuah getaran yang tidak biasanya terjadi.

    Getaran ini bisa menandakan bahwa kondisi kampas rem pada mobil Anda ini telah habis. Hal ini disebabkan karena kampas rem sudah mulai tipis sehingga piringan cakram tidak bisa mencengkram secara sempurna.

    Akhirnya terjadi getaran yang akan Anda rasakan pada pedal rem. Jangan salah, getaran ini bukan hanya terasa di pedal rem, namun juga sampai di bagian setir mobil bila kondisinya semakin buruk.  

    Penyebab Kampas Rem Mobil Cepat Habis

    Penyebab dari kampas rem mobil yang cepat habis sangat terpengaruh oleh penggunaan mobil tersebut. Apabila pengemudi sering melakukan pengereman, tentu kampas rem akan cepat habis karena penggunaannya yang intensif.

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan kampas rem ini cepat habis antara lain:

    Mobil digunakan secara ugal-ugalan

    Untuk membuat kampas rem awet, pengendara dilarang memacu kecepatan tinggi apalagi ugal-ugalan. Sebab, sebuah mobil bergerak menggunakan energi kinetik. Semakin tinggi kecepatannya, semakin tinggi energi kinetiknya.

    Nah, jika lebih banyak energi kinetik, berarti lebih banyak keausan karena saat melakukan pengereman, kampas rem akan bekerja lebih ekstra agar laju mobil benar-benar terhenti.

    Menginjak gas dan rem bersamaan

    Menginjak pedal gas dan rem secara bersamaan, tentu akan menyebabkan kampas rem cepat habis. Pasalnya mesin mobil diperintah untuk melaju dan kampas rem diperintah untuk menahan laju roda.

    Ketika hal ini terjadi malah bisa  beresiko pada kampas yang cepat habis namun bisa menyebabkan komponen lain ikut rusak.

    Berhenti mendadak

    Berhenti secara mendadak memang tidak dapat dihindari bila memang terjadi keadaan yang darurat. Biasanya berhenti mendadak ini terjadi karena posisi kendaraan yang di depan kendaraan sudah terlalu dekat.

    Maka dari itu pentingnya untuk menjaga jarak antar kendaraan saat melaju agar tidak terjadi kecelakaan. Jika hal ini sering dilakukan, maka bukan tak mungkin beberapa komponen akan bermasalah seperti kampas rem, kaliper rem hingga kebocoran minyak rem.

    Selain itu, jika sering melakukan pengereman secara mendadak maka hal itu akan membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. 

    Membawa beban berat

    Membawa beban yang berat dapat menjadi salah satu faktor kampas rem mobil Anda cepat habis. Pasalnya saat terjadi sebuah pengereman, beban yang berat ini turut menyumbang gaya dorong berlebih yang membuat kinerja kampas rem lebih berat.

    Cara Mengganti Kampas Rem Mobil

    Untuk mengganti kampas rem mobil yang sudah habis tidaklah terlalu sulit. Penggantian ini bisa Anda lakukan secara mandiri saat memiliki waktu luang. 

    Berikut cara mengganti kampas rem:

    1. Menyiapkan segala peralatan dan perlengkapan serta kampas rem pengganti.
    2. Membuka baut roda untuk melepas roda dan ban.
    3. Gunakan dongkrak untuk mengangkat mobil Anda.
    4. Lepaskan semua mur dari baut roda saat dibuka tadi, serta lepaskan rodanya.
    5. Setelah tampak piringan, gunakan kunci shock 12mm dan 14, untuk membuka pen caliper.
    6. Tarik caliper ke atas agar terlepas dari piringan atau disc brake.
    7. Lepaskan kampas rem pada caliper dengan cara ditarik keluar.
    8. Setelah dilepas, pasang kampas rem baru pada tempatnya.
    9. Dorong piston kaliper agar kondisi kampas rem terbuka agar mudah untuk dimasukan ke disc brake, lalu kencangkan dengan kunci shock.
    10. Pasang kembali roda pada tempat semula.
    11. Lalu tekan pedal rem sampai menunjukan kondisi seperti semula.
    12. Mobil siap untuk digunakan.

    Nah, setelah menyimak mengenai kampas rem mobil, tentu sedikit banyak pengetahuan Anda telah bertambah. Selalu jaga kondisi kendaraan Anda dalam kondisi prima agar nyaman saat digunakan.

    Kalau soal urusan mobil bekas, selalu pilih yang #PastiAja yaitu di dealer OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada Kualitasnya. #PilihYangPasti untung Di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait