Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKeluar Asap Putih atau Hitam dari Knalpot Motor 4 Tak, Apa Penyebabnya?

    Keluar Asap Putih atau Hitam dari Knalpot Motor 4 Tak, Apa Penyebabnya?

     

    Motor 4 TAK kamu tiba-tiba mengeluarkan asap? wASPADAI HAL INI!

    Banyak yang tidak disadari oleh masyarakat adalah jika ada asap yang keluar pada knalpot khususnya untuk motor 4 Tak adalah penanda dari adanya masalah pada ruang pembakaran.

    Knalpot yang bermasalah memiliki 2 warna pada asapnya yaitu asap berwarna putih dan hitam. Dari warna asap tersebut, OLXer bisa mengetahui penyebab dari masalah knalpot dan dapat memberikan petunjuk tentang masalah dengan motor kamu. 

    Baca juga: 6 Fakta Mengerikan Bahayanya Asap Kendaraan Bermotor

    Berikut ini adalah beberapa penyebab umumnya terjadi pada knalpot dan melihat dari kepekatan masing-masing warna knalpot :

    Asap putih

     

    Asap motor putih

    Asap berwarna putih pada kendaraan sebenarnya adalah keadaan yang normal terjadi pada knalpot motor. Tetapi, kepekatan pada warna asap putih di motor juga tidak boleh diremehkan.

    Karena kesalahan yang sering terjadi adalah asap warna putih terkesan tidak terlalu bermasalah oleh banyak masyarakat karena dianggap itu adalah hal normal. Namun yang harus OLXer ketahui adalah semakin pekat asapnya adalah deteksi masalah pada motor.

    Kenali tanda-tanda dari kepekatan dan bau pada asap dari knalpot OLXer agar kamu bisa mengetahui penyebab dari masalah pada motor. 

    Asap putih tipis

    Biasanya, asap putih tipis yang keluar dari knalpot motor adalah normal, terutama ketika motor pertama kali dinyalakan setelah dingin. Ini adalah uap air yang terbentuk akibat perbedaan suhu antara udara dingin dan mesin yang panas.

    Namun jika asap putih tipis ini terus muncul meskipun mesin motor sudah panas / masuk suhu kerjanya, ini biasanya merupakan baret pada liner blok mesin atau ring piston yang sudah lemah sehingga ada sedikit oli yang masuk ke ruang bakar

    Asap putih tebal dan berlebihan

    Jika OLXer melihat asap putih yang berlebihan dan tebal, terutama jika disertai dengan bau yang kurang sedap, bisa menjadi tanda bahwa mesin mengalami masalah seperti masalah pendinginan atau kebocoran cairan pendingin atau oli mesin yang masuk ke ruang bakar.\

    Ini juga bisa menjadi indikasi bahwa sebagian cairan pendingin atau oli mesin masuk ke dalam ruang bakar, yang bisa merupakan masalah serius.

    Asap putih tebal ini juga merupakan tanda blok mesin mengalami baret atau ring piston sudah lemah, makanya oli masuk ke ruang bakar dan terbakar sehingga menimbulkan asap putih.

    Baca juga: Penyebab Muncul Asap Putih dari Knalpot, Jangan Dianggap Remeh

    Asap hitam

    Sedangkan untuk asap berwarna hitam yang keluar pada knalpot untuk kendaraan di jaman sekarang adalah pertanda besar adanya permasalahan pada ruang bakar. 

    Hal ini disebabkan karena mesin-mesin yang diciptakan sekarang saat pembakaran BBM sudah lebih efisien dan lebih bisa mengurangi asap yang keluar pada motor. 

    Tetapi, jika OLXer menyadari bahwa kepekatan pada warna asap nya berbeda dan terasa mengganggu, poin-poin di bawah ini adalah penjelasan mengenai permasalahan yang terjadi pada motor kamu. 

    Asap hitam tebal

    Asap hitam tebal adalah tanda bahwa mesin mungkin terlalu banyak bahan bakar. Hal ini bisa disebabkan oleh masalah seperti karburator yang kotor atau rusak, tekanan bahan bakar yang terlalu tinggi, atau pengaturan bahan bakar yang tidak tepat.

    Asap hitam dengan bau yang tidak sedap

    Asap hitam dengan bau yang tidak sedap adalah hal yang tak wajar terjadi pada knalpot. Hal ini menunjukkan bahwa pembakaran BBM yang tidak sempurna, bisa disebabkan oleh masalah pada sistem penyalaan atau masalah pengapian.

    Baca juga: Mengenal Jenis, Fungsi, dan Cara Kerja Knalpot Mobil

    Dari penjelasan pada kedua warna asap yang keluar pada knalpot, penting untuk diingat bahwa kondisi yang lebih spesifik dari motor Olxers mungkin memerlukan diagnosa yang lebih mendalam oleh seorang mekanik profesional. 

    Jika kamu mengalami masalah dengan asap yang keluar dari knalpot motor, sebaiknya segera periksakan ke bengkel motor untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah tersebut. 

    Lebih baik, jika knalpot mengeluarkan asap berwarna putih ataupun hitam segera kamu kenali tanda-tanda masalah pada mesin sehingga lebih cepat untuk ditangani. 

    Baca juga: Kenapa Harus Ada Knalpot dan Bagaimana Cara Perawatannya 

    Mengabaikan masalah mesin dapat mengakibatkan kerusakan lebih lanjut dan biaya perbaikan yang lebih tinggi di kemudian hari.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait