Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    MobilReviewKomparasi Kelebihan Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan Honda WR-V

    Komparasi Kelebihan Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan Honda WR-V

    News.OLX – Honda WR-V resmi meluncur di Indonesia dengan status world premiere alias perdana di dunia. Mobil ini dikembangkan di Indonesia, tapi tidak menutup kemungkinan akan dijual di luar negeri.

    Pendatang terbaru di kelas SUV kecil ini disebut bakal berada di kelas yang sama dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Nah, kalau kamu sendiri lebih pilih mana? Biar nggak bingung, cek komparasinya di sini!

    Dimensi

    Secara dimensi, Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan Honda WR-V ini tidak memiliki banyak perbedaan lantaran ketiganya masuk ke dalam kategori SUV kompak.

    Dimulai dari Toyota Raize 1.0 Turbo, mobil ini memiliki panjang 4.030 milimeter, lebar 1.710 milimeter, tinggi 1.635 milimeter dengan jarak sumbu 2.525 milimeter. Toyota Raize punya ground clearance 200 milimeter.

    Sama dengan Toyota Raize, Daihatsu Rocky juga memiliki panjang 4.030 milimeter, lebar 1.710 milimeter, tinggi 1.635 milimeter dan jarak sumbu 2.525 milimeter, serta ground clearance setinggi 200 milimeter.

    Sementara itu, Honda WR-V, mobil ini punya dimensi panjang 4.060 milimeter, lebar 1.780 milimeter, dan tinggi 1.608 milimeter. Jarak sumbu rodanya membentang sepanjang 2.485 milimeter. Sedangkan ground clearance-nya mencapai 220 milimeter.

    Mesin

    Toyota Raize menawarkan dua pilihan mesin, yakni turbo dan mesin N/A atau tanpa turbo. Untuk varian turbonya, Toyota Raize menggendong mesin 1KR-VET 3 silinder turbo 12 katup DOHC dengan VVT-i.

    Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 96,6 daya kuda dengan torsi maksimal 140,2 Nm. Sementara untuk varian yang tanpa turbo, hadir dengan mesin 1.200 cc tiga silinder 12 katup DOHC Dual VVT-i.

    Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga mencapai 86,7 daya kuda dengan torsi maksimal 112,7 Nm.

    Daihatsu Rocky punya mesin yang kurang lebih sama dengan Toyota Raize. Varian turbonya hadir dengan mesin 1KR-VET 3 silinder turbo 12 katup DOHC dengan VVT-i yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 95 daya kuda dan torsi puncak 147 Nm.

    Untuk varian 1.200 cc-nya, Daihatsu Rocky mengusung mesin  berkode WA-VE 3 silinder yang bisa memuntahkan tenaga sebesar 86 daya kuda dan torsi 112 Nm.

    Sedangkan Honda WR-V menggendong mesin 1.5 L i-VTEC DOHC 4 silinder segaris DBW, 16 katup. Mesin tersebut memiliki tenaga maksimum 119,3 daya kuda pada 6.600 RPM dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 RPM.

    Fitur

    Untuk tipe tertentu, Toyota Raize dilengkapi fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang meliputi fitur Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Assist with Steering Control, Front Departure Alert, hingga Rear Cross Traffic Alert.

    Ada pula Blind Spot Monitor, serta Pedal Misoperation Control. Toyota Raize juga memiliki kamera parkir belakang, Hill Start Assist, dan Vehicle Stability Control.

    Pada Daihatsu Rocky, terdapat fitur Advanced Safety Assist (ASA) yang memiliki 6 fungsi, yaitu Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, hingga Pedal Misoperation Control.

    Bukan hanya itu, fitur ASA tersebut juga meliputi Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

    Selain ASA, Daihatsu Rocky juga dibekali dengan rear parking camera dan back sonar, Vehicle Stability Control (VSA), serta Hill Start Assist (HSA) tergantung varian dan tipe transmisi yang dipilih.

    Pilih yang mana?

    Soal pilihan, tentunya kembali lagi ke kebutuhan. Jika kamu membutuhkan mobil SUV dengan daya jelajah yang baik, tangguh, dan lincah namun tetap irit bahan bakar, maka Toyota Raize atau Daihatsu Rocky bisa menjadi pilihan yang tepat.

    Hal ini karena keduanya memiliki mesin dengan kubikasi yang kecil, sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih irit.Selain itu, dari segi harga kedua mobil tersebut relatif lebih ramah di kantong.

    Sebut saja untuk harga bekasnya, Toyota Raize saat ini dibanderol mulai dari Rp 240 jutaan hingga Rp 270 jutaan. Sedangkan Daihatsu Rocky bekas dibanderol mulai dari Rp 180 jutaan hingga Rp 240 jutaan.

    Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bekas juga cocok buat kamu yang membutuhkan kendaraan dalam waktu dekat mengingat Honda WR-V merupakan mobil yang baru saja diluncurkan dan memiliki masa inden.

    Jangan bingung belinya di mana, kamu bisa kamu menemukan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bekas berkualitas dan Siap Pakai di OLX.

    Tenang, beli mobil bekas di mobbi dijamin aman, karena tiap unit yang ada di OLX sudah melewati pemeriksaan secara seksama dan teliti oleh inspektor berpengalaman.

    Unit mobil bekas dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait