Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    ReviewKomparasi Toyota Yaris Cross, Hyundai Creta, dan Honda HR-V

    Komparasi Toyota Yaris Cross, Hyundai Creta, dan Honda HR-V

    News.OLX – Kedatangan Toyota Yaris Cross di segmen medium compact SUV di Indonesia makin memanaskan persaingan dikelas yang. Apalagi jika dibandingkan dengan Hyundai dan Honda yang memiliki jagoan di kelas ini.

    Komparasi Toyota Yaris Cross semakin panas dengan penantang seperti Hyundai Creta dan Honda HR-V yang digadang-gadang layak diperhitungkan.

    Lalu seperti apa komparasi Toyota Yaris Cross, Hyundai Creta, dan Honda HR-V? Simak ulasan lengkapnya biar tak salah pilih.

    Dimensi

    Toyota All-New Yaris Cross memiliki dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm.

    Dengan ground clearance mencapai 170 mm, mobil ini cukup memadai untuk sebuah SUV perkotaan yang sesekali dipakai berwisata ke pantai atau pegunungan.

    Hyundai Creta memiliki panjang 4315 mm, lebar 1790 mm, tinggi 1630 mm mm, wheelbase 2610 mm dan ground clearance 200 mm.

    Sedangkan HR-V dimensinya adalah panjang 4.385 mm, lebar 1.790 mm serta tinggi 1.590 mm. Sementara ground clearance nya 185 mm dan wheelbase 2.610 mm.

    Dari segi dimensi, disini terlihat bahwa mobil yang terbesar dikelasnya ialah Honda HR-V, sedangkan mobil yang memiliki ground clearance tertinggi di kelas ini ialah Hyundai Creta. Yaris Cross menjadi mobil yang paling kompak di segmen ini.

    Eksterior

    Eksterior pada All-New Yaris Cross di desain dengan desain keen look khas Toyota Global yang memiliki tampilan sangat sporty dan dinamis. Dan mobil ini menjadi satu satunya di kelasnya yang sudah memiliki Power Back Door dengan kick sensor sehingga  lebih terkesan mewah. Selain itu design velg two tone machine alloy juga membuat mobil ini terlihat kekar dan siap bertualang.

    Sedangkan Hyundai Creta juga punya pendekatan yang berbeda dengan lainnya. Hyundai Creta punya desain yang lebih elegan dan mewah dengan pnempatan lampu DRL yang menyatu dengan grille. Hyundai Creta juga dibekali lampu halogen pada bagian depan untuk varian Active dan Trend dan lampu LED untuk varian Prime.

    Untuk memberi tampilan sporty, Hyundai Creta turut dibekali dengan Diamond Cut Alloy Wheels berukuran 17 inci.

    Terakhir, Honda HR-V punya desain yang agresif dan sporty. Tampilan bodinya juga terlihat seksi dengan desain atap yang menukik tajam seperti SUV coupe. Kesan SUV Coupe nya juga semakin kental dengan model handle belakang yang tersembunyi dan terintegrasi di pilar hitam belakang.

    Desain lampu HR-V dibuat sipit, tapi sepenuhnya menggunakan teknologi LED. HR-V seakan lebih polos pada body, tidak banyak lekuk di bagian pintu untuk mengejar kesan sporti tapi tetap mewah. Untuk sisi velg, Honda HR-V ini punya velg two tone ukuran 17 inci untuk varian S dan E dan velg 18 inci single tone untuk tipe SE dan RS yang keduanya punya desain yang sporti dan mewah.

    Interior

    Beralih ke sisi interior, All-New Yaris Cross terasa roomy dan sporty, dengan panel soft dashboard yang lebar sehingga terkesan mewah. Kesan lapang ini juga semakin diperkuat dengan hadirnya Panoramic Glass Roof with Power Sunshade yang mengesankan kesan luas.

    Kokpit pada Yaris Cross juga punya desain driveroriented dengan panel instrumen TFT 7 inch digital yang dapat dikostumisasi dan menonjolkan kesan sporty, dipadukan dengan black piano finish serta bahan lembut dan ornamen berlapis satin untuk menciptakan nuansa canggih dan berkualitas tinggi.

    Sedangkan Hyundai Creta memiliki lingkar kemudi mobil menyerupai bentuk D-Cut steering wheel yang membuatnya terlihat lebih sporty.

    Tipe tertinggi Creta bahkan memiliki beragam fitur memanjakan, seperti speedometer digital, pembersih udara, panoramic sunroof, AC digital otomatis, pengisian daya nirkabel, head unit dengan Android Auto dan Apple CarPlay, lampu ambient dan kursi depan yang dapat dipanaskan atau didinginkan.

    Lanjut ke HR-V, ia juga menawarkan panoramic roof untuk memberi suasana berbeda pada dalam kabin dan desain kokpit HR-V adalah yang paling simpel dikelasnya dengan tarikan garis lurus di dashboard yang mengingatkan kami terhadap interior Mazda.

    Hal unik juga bisa ditemukan didalam Honda HR-V yaitu pada kisi kisi AC yang bisa keluar dengan arah full atau sebagian saja. Sebuah fitur yang sangat berguna bagi para pengemudi ataupun penumpang agar tidak merasa terlalu kedinginan apabila semua kisi AC di buka ventilasinya.

    Fitur

    Toyota All-New Yaris Cross dilengkapi dengan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM).

    Fitur Panoramic View Monitor juga hadir untuk memberikan bantuan visibilitas yang menyeluruh ketika berkendara.

    Teknologi active safety canggih Toyota Safety Sense (TSS) serta advanced convenient features T Intouch ikut melengkapi fitur All-New Yaris Cross untuk memaksimalkan keamanan serta konektivitas pelanggan untuk menghadirkan peace of mind.

    Hyundai Creta dilengkapi dengan beberapa fitur canggih seperti head unit 8 hingga 10,25 inci tergantung variannya, rem ABS, Cruise Control, Bluelink yang tersedia di tipe Trend sampai Prime, Wireless Charger, hingga Panoramic Sunroof.

    Fitur keselamatannya, Hyundai Creta dilengkapi dengan Electronic Stability Control, Hill Start Assist, Parking Distance Warning, Driver and Front passenger airbags, Lane Keeping Assist, Blind spot Collision-Avoidance Assist, hingga Safe Exit Warning.

    Sedangkan pada HR-V beragam fitur juga hadir melengkapi diantaranya Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, Smart Entry System, Electrostatic Touch LED Map, Air Diffusion Outlet dengan 3 mode pengaturan udara, dan Panoramic Glass Roof.

    Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low Speed Follow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN) ditambah Vanity Mirror Lamp, Electrostatic Touch LED Map Light yang berfungsi untuk menyalakan lampu dengan gestur tangan tanpa adanya sentuhan.

    Dapur pacu

    Sekarang beralih ke bagian yang nggak kalah penting, yaitu dapur pacunya. Pada All New Yaris Cross terdapat dua pilihan mesin yaitu bensin dan HEV (Hybrid) Untuk mesin bensin, ia memakai mesin dengan kode mesin yang sama dengan Toyota Avanza dan Veloz, yaitu 2NR-VE 1.500 cc empat silinder VVT-i yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 106 dk dan torsi puncak 138 Nm.

    Untuk varian Hybrid nya yang berkode 2NR-VEX, mempu menghasilkan tenaga 89,8 dk dengan torsi 121 Nm dari mesin bensinnya dan dikombinasi dengan motor listrik yang mampu menyumbang tenaga 79 dk dan torsi 141 Nm. Jika mobil ini dijalankan pada mode sport dimana kedua mesinnya aktif secara bersamaan tenaga yang bisa didapatkan adalah 168 dk dengan torsi puncak 262nm. Namun harap diingat, karena Yaris Cross HEV ini adalah mobil Hybrid, tenaga yang dikeluarkan tentu bergantung pada mode yang dipilih dan kapasitas baterai dan medan yang dilalui.

    Sedangkan pada Hyundai Creta dibekali dengan mesin handal berupa mesin bensin Smartstream 1.5L yang dapat mengeluarkan tenaga 113 hp pada 6.300 rpm dengan torsi maksimal 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

    Terakhir, HR-V pada generasi terbaru ini dilengkapi pilihan mesin 1.500 cc NA dan Turbo. Pada varian S, E, dan SE dilengkapi mesin 1.5L i-VTEC DOHC Naturally Aspirated dengan tenaga 121 dk dan torsi 145 Nm. Sedangkan untuk varian RS dilengkapi dengan mesin 1,500cc I-VTEC DOHC Turbocharged dengan tenaga mencapai 177 dk dan torsi 240nm.

    Lantas mana yang dipilih?

    Mengingat ketiganya sama-sama menawarkan banyak keunggulan dan mampu mengakomodir segala jenis kebutuhan, maka pertimbangan terakhir boleh jadi dari segi harga.

    Untuk Toyota Yaris Cross dibanderol dengan rentang angka Rp 300 jutaan hingga Rp 460 jutaan untuk tipe Hybrid GR Sport.

    Sedangkan Hyundai Creta berada pada rentang harga Rp 291,3 juta sampai Rp 403 juta.

    Lalu untuk Honda HRV dibanderol dengan harga Rp 375 juta sampai Rp 529 juta untuk tipe tertinggi yaitu RS.

    Kesimpulan

    Apabila kamu mencari SUV medium yang sporti dan paling irit dari segi bahan bakar dan budget kamu dibawah 500 juta Rupiah, Maka Yaris Cross bisa menjadi pilihan, mengingat Yaris Cross merupakan mobil satu satunya yang bermesin Hybrid di kelasnya. Namun apabila budget kamu agak mepet dan lebih suka desain yang elegan maka Hyundai Creta bisa menjadi pilihan. Dan apabila performa dan desain sporti ala mobil Sport yang kamu utamakan maka Honda HR-V RS dengan mesin Turbo bisa menjadi pilihan kamu.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait