Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    ReviewKonsumsi BBM Daihatsu Rocky 1.0 Turbo vs 1.2, Mana yang Paling Irit?

    Konsumsi BBM Daihatsu Rocky 1.0 Turbo vs 1.2, Mana yang Paling Irit?

    News.OLX – Daihatsu Rocky termasuk salah satu jajaran mobil compact SUV favorit masyarakat Indonesia. Hal ini lantaran mobil tersebut memiliki konsumsi bahan bakar yang irit.

    Secara umum terdapat dua varian Rocky. Varian tersebut adalah Daihatsu Rocky 1.0 Turbo yang memiliki mesin berkapasitas 1.000 cc yang dilengkapi dengan turbocharger. Sementara varian lainnya adalah Rocky 1.2 yang memiliki kapasitas mesin 1.200 cc tanpa turbo.

    Kedua varian mobil memilki keunggulan performa dan efisiensi bahan bakarnya. Namun, antara varian 1.0 liter turbo dan 1.2 liter, manakah yang paling irit? Berikut penjelasnnya.

    Perbandingan mesin turbo dan n/a

    Biasanya kita beranggapan mesin berkapasitas lebih besar akan lebih boros BBM. Tapi menariknya, Menurut Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning & Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor, varian Daihatsu Rocky dengan mesin 1.2 liter memiliki kemampuan mengirit bahan bakar yang lebih baik dibandingkan dengan versi 1.0 liter turbo.

    “Efisiensi bahan bakar dari Rocky 1.2 Liter ini terbaik di kelasnya dan kami sudah melakukan pengujian dengan perjalanan di kondisi jalan Indonesia. Di mana pencapaian Rocky 1.2 ini bisa mencapai 18 hingga 19 Km/liter,” ungkap Anjar saat peluncuran secara virtual Rocky 1.200 cc pada Kamis (17/6/2021).

    Anjar menyebut, hal ini telah dibuktikan dari hasil pengujian bahan bakar melalui jarak tempuh. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi BBM tipe 1.000 cc turbo mencapai sekitar 17-18 km/liter, sementara tipe 1.200 cc dapat menempuh jarak sekitar 18-19 km/liter.

    Namun, perlu diingat bahwa konsumsi BBM suatu kendaraan tidak hanya dipengaruhi oleh mesinnya saja, tetapi juga oleh gaya berkendara dan kondisi jalan yang dilalui. Untuk mencapai efisiensi bahan bakar yang optimal, disarankan untuk mengemudi dengan bijak, menjaga kecepatan stabil, dan melakukan perawatan berkala pada mobil.

    Spesifikasi Mesin

    Daihatsu Rocky menawarkan spesifikasi mesin yang bervariasi, tergantung pada varian yang dipilih. Terdapat empat model Daihatsu Rocky, yaitu 1.2 M, 1.2 X, 1.0 R TC, dan 1.0 R TC ASA. Ketiga varian pertama tersedia dalam transmisi manual (M/T) dan transmisi otomatis berjenis CVT, sementara varian 1.0 R TC ASA hanya tersedia dengan transmisi CVT.

    Untuk mesinnya, Daihatsu Rocky menggunakan konfigurasi tiga silinder. Varian 1.2 liter menggunakan mesin tipe WA-VE dengan kapasitas silinder 1.198 cc, menghasilkan tenaga maksimum sebesar 88,4 ps/rpm pada 6.000 rpm, dan torsi maksimum 11,5 kg-m/rpm pada 4.500 rpm.

    Sementara itu, varian 1.0 liter turbo menggunakan mesin tipe 1KR-VET dengan kapasitas silinder 998 cc, menghasilkan tenaga maksimum sebesar 97,9 ps/rpm pada 6.000 rpm, dan torsi maksimum 14,3 kg-m/rpm pada rentang 2.400-4.000 rpm.

    Selain itu, Daihatsu Rocky juga dilengkapi dengan tangki bahan bakar berkapasitas 36 liter dan sistem kemudi Rack & Pinion dengan Electric Power Steering (EPS). Semua fitur ini dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan efisien bagi penggunanya.

    Dengan data dan hasil uji coba yang ada, dapat disimpulkan bahwa Daihatsu Rocky dengan mesin 1.2 liter memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibandingkan dengan versi 1.0 liter turbo.

    Meski perbedaannya tidak terlalu signifikan, namun setiap tetes bahan bakar yang dapat dihemat akan memberikan manfaat yang berarti bagi pengguna dalam jangka panjang.

    Jadi, bagi kamu yang sedang mencari mobil dengan konsumsi BBM yang irit, Daihatsu Rocky varian 1.2 liter merupakan pilihan yang menarik.

    Dengan performa yang handal dan efisiensi bahan bakar yang baik, Daihatsu Rocky dapat menjadi kendaraan yang cocok untuk menemani perjalanan sehari-hari kamu. Terbaik dikelasnya!

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait