Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    LainnyaLakukan Langkah Ini untuk Perbaiki Rolling Door yang Nyangkut

    Lakukan Langkah Ini untuk Perbaiki Rolling Door yang Nyangkut

    Rolling door nyangkut saat dibuka atau ditutup? Ikuti empat langkah ini agar pintu kembali berfungsi seperti sedia kala!

    News.OLX – Memang sungguh menyebalkan ketika rolling door macet. Selain membuat sulit akses ke barang-barang di dalamnya, jika tidak menutup dengan benar, hal ini juga bisa menimbulkan risiko keamanan. Coba empat tips di bawah ini untuk memperbaiki pintu yang macet.

    1. Luruskan Rel

    Sekiranya penyebab rolling door nyangkut adalah akibat lekukan yang tidak sejajar, mula-mula luruskan rel untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Longgarkan sekrup yang menghubungkan rel ke kusen pintu dan atur ulang jalurnya menggunakan palu.

    Kemudian, konfirmasi bahwa trek sudah lurus sebelum mengencangkan kembali sekrup. Jika ada celah atau gesekan, cukup arahkan ke jalur yang benar. Kamu juga bisa melepaskan trek bagian atas dan menggesernya selebar setengah sentimeter antara bukaan dan pintu.

    Terakhir, kencangkan lagi sekrupnya setelah selesai.

    2. Cari Per yang Rusak

    Rolling Door

    Per rolling door yang rusak juga bisa membuat pintu macet. Cukup cari pegas di sisi atas atau samping pintu. Jika per tampak melorot, kemungkinan besar per sudah rusak.

    Jangan sekali-kali mencoba mengganti per rusak sendiri. Sebaliknya, serahkan saja pada ahlinya. Mengotak-atik komponen ini malah akan berujung pada luka serius. Selain itu, rolling door juga bisa makin nyangkut.

    3. Luruskan Rangka

    Rangka logam di sekeliling rolling door biasanya terbuat dari bahan ringan seperti aluminium yang mudah bengkok. Untuk memeriksanya, lepaskan pintu dari trek.

    Selanjutnya, pegang kedua sisi pintu dan angkat perlahan untuk melepaskannya dari rangka. Letakkan pintu di atas permukaan yang datar dan cek apakah ada sudut yang terangkat. Bila pintu tidak rata, tekuk rangkanya sedikit demi sedikit ke arah yang berlawanan.

    Namun, kalau pintu tidak bisa kembali ke bentuk semula, timpa setiap sudutnya dengan sesuatu yang berat semalaman untuk mencoba apakah cara ini berhasil.

    4. Lumasi Jalur dan Rantai Rolling Door

    Jalur dan rantai pembuka rolling door sama-sama butuh lubrikasi supaya berfungsi dengan baik. Apabila salah satu dari keduanya kurang dilumasi, pintu bisa macet saat dibuka atau ditutup. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya beri pelumas ke kedua bagian ini.

    Kamu bisa menggunakan oli mesin biasa, baik dalam bentuk semprotan atau botol. Tetapi, opsi semprotan bakal jauh lebih nyaman dipakai, apalagi di sudut-sudut yang sempit.

    Rolling door milikmu sedang bermasalah? Kalau iya, kemungkinan besar pintu tersebut nyangkut akibat pemakaian sehari-hari. Tapi, jangan panik! Untungnya, masalah ini mudah ditangani. Meski begitu, jangan ragu untuk segera menghubungi tenaga ahli apabila masalahnya tidak kunjung teratasi.

    Soal jual beli mobil bekas, serahkan pada OLX. Dengan reputasi positif, semua transaksi di OLX pasti aman dan memuaskan. Supaya lebih gampang menjual atau meminang mobil impian, buruan download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait