Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikLampu Motor Tiba-tiba Redup, Apa Penyebabnya?

    Lampu Motor Tiba-tiba Redup, Apa Penyebabnya?

    Ketika lampu motor tiba-tiba redup hal ini dapat mengakibatkan pengurangan jarak pandang saat berkendara di malam hari. Selain berbahaya dari segi keselamatan, lampu utama motor yang redup berpotensi menerima tilang dari petugas Kepolisian. 

    News.OLX – Oleh karena itu, penting bagi pengendara untuk memahami penyebab dan solusi untuk mengatasi penurunan kecerahan lampu ini.

    Penyebab utama dari lampu depan redup adalah adanya gangguan pada sistem kelistrikan, sehingga beberapa komponen yang dapat mempengaruhi sistem kelistrikan pada sepeda motor.

    Baca juga: Mengendarai Motor Trail di Trek Berpasir Nggak Bisa Asal, Ini Tipsnya

    Bagian-bagian kelistrikan sepeda motor umumnya meliputi spull, kiprok, kabel bodi, dan baterai atau aki. Komponen-komponen inilah yang perlu mendapatkan perhatian.

    Berikut adalah lima cara untuk menaggulangi lampu motor yang tiba-tiba redup, seperti yang telah dilaporkan oleh Federal Oil.

    Lampu motor2

    1. Aki motor mulai melemah

    Daya listrik pada kendaraan bermotor, termasuk untuk menyalakan lampu, berasal dari aki. Oleh karena itu, komponen ini juga harus diperiksa secara rutin.

    2. Kabel kelistrikan bermasalah

    Banyak pemilik sepeda motor suka melakukan modifikasi pada kendaraannya, termasuk pada kelistrikan. Pemasangan kelistrikan yang tidak benar bisa mengakibatkan lampu motor redup karena pemasangan kabel yang tidak tepat. 

    Cek juga kabel utama penghubung lampu, siapa tahu meleleh karena ada kesalahan arus.

    3. Masalah relay

    Salah satu penyebab lampu redup pada sepeda motor adalah permasalahan pada bagian relay. Langkah yang perlu diambil adalah memeriksa bagian relay atau sekring yang terhubung dengan lampu sepeda motor.

    Baca juga: 4 Tips Memilih Membeli Mobil Jadul

     Biasanya, sekring atau relay menjadi kotor dan berkarat di bagian dalamnya, mempengaruhi performa lampu.

    4. Kondisi socket lampu sepeda kotor

    Penyebab lainnya adalah kondisi socket lampu sepeda motor yang sudah longgar atau lepas. Langkah perbaikan yang perlu dilakukan adalah memeriksa jalur kabel dan socket yang terhubung dengan lampu sepeda motor dengan cermat. 

    Perhatikan secara detil bagian socket, karena bahan plastik sering mengalami kekenduran pada dudukannya, sehingga tidak dapat terhubung dengan baik pada kabel lampu.

    5. Saklar lampu kotor

    Penyebab lampu motor redup lainnya adalah karena saklar lampu yang kotor. Masalah ini dapat timbul akibat masa pakai yang sudah lama dan kurang perawatan. 

    Baca juga: Ingin Ganti Kaca Film Mobil? Simak Tips Memilihnya yang Tepat dan Rekomendasi Jenisnya

    Lamanya masa pemakaian dapat menyebabkan saklar debu dan berkarat, sehingga sinar yang dihasilkan lampu tidak stabil dan menjadi terang-redup bergantian.

    Motor yang diproduksi pada saat ini menerapkan teknologi Automatic Headlight On (AHO). Teknologi ini membuat lampu motor dapat menyala sepanjang waktu tanpa saklar untuk switch on/off.

    6. Fitting lampu rusak

    Fitting lampu yang tidak layak pakai juga dapat menjadi penyebab redupnya lampu motor Anda. Fitting lampu yang rusak biasanya ditandai dengan terbakarnya dudukan lampu, di sekitar bagian tembaganya. Sedangkan bagian tembaga penting untuk menghantarkan listrik.

    7. Spull penerangan melemah

    Spul penerangan yang melemah juga bisa jadi penyebab utama lampu utama redup. Kamu harus mengukur ketahanan komponen ini untuk mengecek normal-tidaknya spull penerangan. Menurut Suzuki, apabila ketahanan komponen ini berkisar 0,2-1,2 ohm pada kondisi mesin 40 derajat, maka komponen ini dinyatakan normal.

    Namun apabila ketahanan menunjukkan angka mendekati 2 ohm, maka dapat dipastikan bahwa spull penerangan motor kamu sudah mulai lemah dan harus segera diganti.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait