Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    InformasiLebih Untung Pakai Busi Asli dan Berkualitas, Jangan Tergiur Harga Murah!

    Lebih Untung Pakai Busi Asli dan Berkualitas, Jangan Tergiur Harga Murah!

    Kualitas serta performa busi NGK menjadikannya sebagai busi nomor 1 di dunia dan paling banyak digunakan oleh para pemilik mobil dan motor.

    News.OLX – Meski bentuknya kecil dan tidak kelihatan karena posisinya ketutupan cangklong, busi adalah komponen paling penting fungsinya di kendaraan bermotor. Ketika memahami fungsinya, maka setiap pemilik kendaraan, mobil maupun motor tentunya tidak bisa lagi anggap sepele untuk urusan busi. 

    Fungsi busi gak sebatas memercikkan api untuk proses pembakaran bahan bakar saja, lebih dari itu, komponen ini juga punya peran menjadi penghantar panas dari ruang pembakaran ke sistem pendingin mesin. 

    Intinya, dengan fungsi yang baik dari busi, merupakan jaminan performa mesin mobil dan motor yang lebih baik.

    Sayangnya, posisi busi yang tertutup ini kadang bikin pemilik motor ke-skip untuk urusan perawatannya. Asal mesin bisa hidup, dianggap mesin tidak ada masalah dan kondisi busi-nya baik-baik saja.   

    Tiga fungsi busi yang jangan sampai terabaikan

    Busi memang tidak bisa lepas dari mesin kendaraan konvensional atau yang biasa disebut dengan Internal Combustion Engine (ICE). Sebelum membahas fungsi busi, ada baiknya kita mencari tau dulu apa itu ICE. 

    ICE merupakan sebuah mesin yang sumber tenaganya berasal dari pengembangan gas-gas panas bertekanan tinggi hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara, yang berlangsung di dalam ruang tertutup dalam mesin, yang disebut ruang bakar (combustion chamber).

    Nah, busi jadi aktor utama dari proses pembakaran bahan bakar di dalam mesin kendaraan tersebut. Adapun tiga fungsi utama busi adalah sebagai berikut:

    Sebagai pemantik api

    Busi adalah pemantik api yang tugasnya membakar udara dan bensin dalam combustion chamber. Tegangan tinggi yang dikirim ke elektroda busi nantinya akan menyulut api dan memulai pembakaran (ignisi).

    Menyalurkan panas dari ruang pembakaran

    Selain itu, busi juga memiliki fungsi penting kedua, yakni sebagai komponen yang akan menyalurkan panas dari ruang pembakaran ke sistem pendingin mesin. Performa busi yang baik tentunya mampu menjaga mesin dari kondisi panas berlebihan atau over heat.

    Untuk mengukur kondisi mesin

    Mekanik bengkel akan lebih mudah mengukur kondisi mesin dengan melihat busi. Kalau ternyata busi dalam kondisi jelek (berkerak dan pengapiannya lemah) bisa diidentifikasi kalau mesin kendaraan sedang bermasalah. 

    Dengan fungsi utama busi ini, bisa dipastikan setiap pemilik kendaraan harus benar-benar bijak untuk memilih dan menggunakan busi yang tepat. 

    Karena keuntungan dalam menggunakan busi yang berkualitas, memastikan mesin bekerja dengan lebih efisien, yang berujung pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit, sekaligus memperpanjang umur mesin.

    Rekomendasi busi nomor ‘wahid’ di dunia

    Busi NGK

    Ngomongin busi juga gak bisa lepas dari ngomongin merek busi yang satu ini, yakni NGK. Kualitas serta performa busi yang satu ini menjadikannya sebagai busi nomor 1 di dunia dan paling banyak digunakan oleh para pemilik mobil dan motor. 

    Meski banyak merek busi lainnya yang juga mengklaim sebagai busi terbaik dan berkualitas, namun kualitas busi NGK sudah dibuktikan oleh banyak penggunanya. 

    Bahkan jika membedahnya lebih dalam lagi, busi NGK diketahui punya banyak perbedaan, baik dari struktur busi-nya itu sendiri, sampai pada proses manufaktur serta komponen bahan baku yang semua dibawa langsung dari Jepang.

    “Pada proses manufaktur busi NGK, kami menggunakan serbuk khusus (sealing powder) yang berfungsi sebagai penguat struktur bentuk busi, serta menahan kebocoran gas yang muncul dari ruang bakar,” beber Diko Oktaviano sebagai Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia menjelaskan langsung keunggulan dari busi NGK, Rabu (24/1/2024) di kawasan Pondok Cabe, Tangerang.

    Diko menjelaskan, secara umum kelebihan busi NGK bisa dilihat dari varian atau tipe busi, mulai dari Nickel hingga MotoDX dengan keunggulan pada bahan materialnya.

    “Selain penggunaan serbuk khusus, proses untuk merapatkan metal shell pada busi NGK dilakukan dengan proses cold caulking, yang menjadikan akurasi komponen meningkat dan lebih kokoh,” tambah Diko.

    Busi NGK

    Proses cold caulking ini menciptakan struktur kedap udara yang lebih unggul dan kuat pada busi NGK karena dilengkapi dengan talc ring, bubuk khusus, antara insulator dan metal shell.

    Secara umum, proses caulking (merapatkan bagian metal shell) dalam produksi busi terbagi menjadi dua cara, yakni cold caulking dan thermal caulking. 

    Proses yang terakhir disebutkan memiliki kelemahan berupa warna metal shell yang berubah akibat perlakuan panas.  

    “Itulah alasan mengapa harga busi NGK sedikit lebih tinggi dibanding busi kompetitor, tidak lepas dari keunggulan produk kami yang memberikan jaminan kualitas jauh lebih baik, seperti struktur dengan bahan khusus yang membuat busi lebih padat, komponen yang berasal langsung dari Jepang dan proses manufaktur dengan standar kualitas Jepang,” tegasnya.

    Cara membedakan busi NGK asli atau palsu

    Busi NGK

    Dengan penjelasan di atas, bisa dipastikan bahwa busi NGK menawarkan banyak keunggulan dibanding busi merek kompetitor. Namun keunggulan ini sekaligus membawa dorongan oknum-oknum tidak bertanggungjawab untuk membuat busi palsu (imitasi) demi meraup keuntungan sendiri.

    Dalam kesempatan ini, pihak PT Niterra Mobility Indonesia sekaligus memberikan edukasi, bagaimana membedakan antara busi NGK asli dengan yang palsu atau imitasi.

    Berikut merupakan ciri spesifik yang membedakan busi NGK asli dan yang palsu:

    • Marking : Pada busi NGK palsu jenis hurufnya berbeda dan tanda tulisan tidak jelas.
    • Hexagon : Busi NGK imitasi biasanya tidak ada Lot No atau menggunakan tipe huruf berbeda. 
    • Gasket : Busi NGK yang palsu, gasketnya mudah lepas dari bagian ulirnya, bahkan cukup diputar dengan tangan saja bisa lepas.
    • Ground elektroda : Perbedaan antara busi NGK asli dan palsu juga bisa dilihat dari bentuk ground elektroda-nya yang berbeda. 

    “Untuk bisa membandingkan busi NGK asli dan palsu atau dengan busi merek kompetitor yang ada di pasaran, yang perlu dipahami adalah busi NGK menggunakan sealing powder khusus yang ini tidak dimiliki oleh kompetitor, sehingga mempengaruhi kualitas, khususnya dalam hal durabilitas,” terang Diko. 

    Selain itu, keunggulan lain di busi ini terdapat pada insulator yang dibuat di Jepang dengan standar manufaktur yang ketat. Di busi imitasi banyak ditemukan struktur busi serta proses manufaktur yang tidak layak, sehingga sangat mempengaruhi kinerja ruang bakar yang berpotensi merusak mesin kendaraan.

    Kerugian yang akan di alami jika menggunakan busi NGK palsu dan busi murah adalah kemungkinan terjadinya gejala kerusakan pada mesin seperti suara mesin brebet, mesin susah dihidupkan dan tingkat keausan lebih cepat

    Kesimpulan

    Kesimpulan yang bisa ditarik dari artikel ini adalah, pemilik kendaraan jangan asal dalam memilih atau menggunakan busi untuk kendaraannya. Busi NGK yang asli banyak menawarkan keuntungan bagi pemilik kendaraan, baik dari sisi performa mesin kendaraan hingga urusan efisiensi bahan bakar. Jangan tergiur untuk menggunakan busi palsu karena harga lebih miring. Meski dengan harga sedikit lebih mahal tapi mampu menjaga performa dan durabilitas mesin, menjadi sebuah keuntungan bagi pemilik kendaraan.

    Dapatkan informasi menarik lainnya di OLX Member of Astra. Download aplikasinya di  di  Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait