Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    MobilMasih Jadi Favorit, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed!

    Masih Jadi Favorit, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed!

    Honda Freed merupakan salah satu mobil yang mengisi segmen multi purpose vehicle (MPV) pintu geser yang mengaspal mulai 2009. Mobil ini cukup memiliki banyak peminat di Indonesia. Namun, sayangnya mobil ini disuntik mati atau discontinue pada 2015 karena alasan bisnis.

    Sehingga, jika kamu tertarik untuk membelinya saat ini, Honda Freed hanya tersedia unit bekasnya lansiran 2009 hingga 2016. Mobil ini bisa dipinang dengan harga kisaran Rp 100 juta hingga Rp 205 juta sesuai tahun dan kondisi unit mobil.

    Meskipun begitu, ternyata mobil ini masih ramai peminat dan dianggap masih layak untuk digunakan sehari-hari. Bagaimana tidak, desainnya mewah dan kualitas produksi yang luar biasa baik khas Honda menjadi alasan tersendiri mengapa banyak yang berburu Honda Freed bekas.

    Kelebihan Honda Freed

    honda freed (1) (1)

    Tentunya, setiap mobil memiliki kelebihannya masing-masing. Mari kita bedah kelebihan apa saja yang dimiliki oleh Honda Freed?

    1. Desain mewah

    Mobil ini sudah didukung kehadiran headlamp yang memiliki desain sipit dna terlihat mewah. Kemudian, tampilan grill depan yang terdiri dari tiga baris dengan kolaborasi dua headlamp menjadikannya terlihat mewah.

    Honda Freed juga dilengkapi dengan lampu kabut dengan desain minimalis yang terletak pada bumper sehingga menambah kesan mewah. Di bagian samping spion mobil juga terdapat lampu sein.

    Dan di bagian belakang terdapat lampu yang desainnya mengikuti alur bodi sehingga terlihat lebih mewah.

    2. Fitur keamanan lengkap

    Honda Freed memiliki berbagai fitur keamanan yang lengkap dan ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi mobil ini. Fitur ini bisa menekan angka kematian akibat kecelakaan di jalanan.

    Sabuk keamanan yang dipasangkan di mobil Honda Freed ini berteknologi pretensioner dan load limiter. Teknologi ini berfungsi untuk meminimalisir tekanan pada bagian dada. Sehingga, ketika terjadi pengereman mendadak atau tabrakan tidak terasa menyakitkan.

    Mobil ini juga dilengkapi dengan dual SRS front airbags pada bagian pengemudi dan penumpang juga bisa meminimalisir dampak buruk dari kecelakaan.

    3. Lumayan Irit dan ramah lingkungan

    Berbicara soal konsumsi bahan bakar. Honda Freed punya konsumsi bahan bakar yang lumayan irit. Untuk penggunaan dalam kota, mobil ini mampu menempuh jarak 11 km per liter. Sedangkan untuk luar kota, 13 km per liter.

    Selain konsumsi bahan bakar yang irit, mobil ini diklaim sangat efisien bahan bakar. Hal tersebut berkat standar Euro-4 dan fitur ECO yang dimiliki agar proses pembakarannya optimal. Bahkan, emisi gas buang yang dihasilkan pun ramah lingkungan.

    4. Nyaman dikendarai

    Dibekali dengan transmisi otomatis 5-percepatan menambah kenyamanan serta membuat Honda Freed mampu diandalkan untuk melewati berbagai kondisi jalan serta kebutuhan di jalanan.

    Dukungan fitur lainnya seperti suspensi depan dan belakang yang menggunakan MacPherson Strut with Stabilizer dan H-Shape Torsion Beam melengkapi kenyamanan saat mengendarai Honda Freed.

    Kemudi mobil pabrikan Honda ini juga terasa ringan, baik dalam kecepatan rendah ataupun tinggi. Hal ini disebabkan adopsi fitur electric power steering yang mumpuni pada Honda Freed.

    Kelemahan Honda Freed

    Meskipun memiliki banyak kelebihan, tentu mobil ini juga memiliki kelemahan yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa lebih bisa mengatasi kelemahannya tersebut. Jangan sampai kamu menjadi menyesal setelah membelinya. Berikut ini kelemahan Honda Freed:

    1. Bagasi kecil dan sempit

    Bagasi menjadi salah satu kelemahan Honda Freed selaku MPV. Biasanya mobil di segmen tersebut identik dengan area bagasi yang lebar dan luas namun tidak untuk mobil Freed satu ini.

    2. Fasilitas hiburan tidak lengkap

    Walaupun kesan yang ditampilkan mobil ini mewah dan mahal, fasilitas yang dimilikinya justru tidak lengkap. Namun hal ini mungkin bisa diinisiasi dengan pemasangan perangkat hiburan tambahan dari toko aksesoris mobil.

    3. Tenaga mesin kurang

    Karena mesin yang digendong oleh Honda Freed merupakan mesin yang sama dengan Honda Jazz tentu saja tenaganya agak terasa kurang karena bobot Honda Freed jauh lebih berat dibandingkan dengan Honda Jazz. Oleh karena itu mobil ini sedikit ngos ngosan ketika dibawa ke medan yang menanjak.

    Honda Freed : apakah masih worth it untuk dibeli?

    Kesimpulannya, Honda Freed masih sangat layak untuk dibeli. Meskipun tenaga mesinnya cenderung kurang, namun kalau untuk keperluan keluarga mobil ini sangat nyaman untuk digunakan dan interiornya pun lega sehingga nyaman.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait