Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    BeritaMasuk Musim Hujan, Pemilik Mitsubishi XForce Bisa Maksimalin Drive Mode Ini

    Masuk Musim Hujan, Pemilik Mitsubishi XForce Bisa Maksimalin Drive Mode Ini

    “Kalau pas lagi hujan, kita pakai yang Wet mode Mitsubishi XForce, nanti throttle control-nya itu untuk gas pasti akan lebih lambat dan rem akan bereaksi,” jelas Rifat.

    News.OLX – Masih membahas terkait keunggulan di Mitsubishi XForce, dimana model SUV paling gress dari Mitsubishi Motors ini punya fitur drive mode atau mode berkendara yang cukup banyak pilihan. 

    Fitur drive mode ini merupakan satu-satunya yang ada di segmen compact SUV yang dijual di Indonesia. Artinya, untuk SUV kompetitor belum ada.

    Tapi saat ini, fitur canggih tersebut baru bisa ditemui pada varian Mitsubishi XForce Ultimate.

    Setidaknya ada 4 mode berkendara yang bisa diatur pengemudi pada Mitsubishi XForce, yaitu Normal, Wet, Gravel, dan Mud. 

    “Jadi ada empat drive mode yang ada di mobil yakni Normal, Gravel, Wet, sama Mud. Empat drive mode gak ada hubungannya sama transmisi. Tapi berhubungan dengan steering throttle control, sama AYC, dan satu lagi rem. Itu semua akan terkalibrasi untuk tindakan preventif yang kita lewati di jalan mana pun,” terang Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia di acara test drive Mitsubishi XForce, Yogyakarta, (4/12/2023). 

    Test Drive XFORCE

    Sesuai dengan nama masing-masing, Normal mode kebanyakan dipakai untuk medan jalan yang umum, sedangkan Wet mode untuk situasi hujan atau basah, Gravel mode untuk kondisi tanah atau kerikil, dan Mud mode untuk medan jalan yang berlumpur.

    Nah, di musim hujan seperti saat ini, menghadapi permukaan jalan yang basah dan licin karena siraman air hujan, Wet mode menjadi pilihan mode berkendara yang paling tepat. Karena penggunaan traksi semakin optimal, guna meminimalisasi gejala tergelincir.

    “Kalau pas lagi hujan, kita pakai yang Wet mode, nanti throttle control-nya itu untuk gas pasti akan lebih lambat dan rem akan bereaksi,” jelas Rifat. 

    Special Delivery Ceremony Mitsubishi XFORCE Bandung dan Surabaya

    Pilihan mode berkendara di Mitsubishi XForce aksesnya sangat mudah. Cukup diatur melalui tombol yang ada di sebelah tuas transmisi. Nanti pilihannya akan tampil di layar MID sehingga pengemudi mudah untuk memantaunya.

    Jika dirasa pada permukaan jalan cukup berlumpur, bisa memilih opsi Mud. “Jadi penggunaan Wet mode itu memang tersendiri. Karena karakter jalan basah beda dengan berkerikil dan berlumpur. Sebab dalam kondisi jalan seperti ini akan lebih licin lagi, jadi setingannya berbeda. Saat Wet mode diaktifkan, traction control dioptimalkan, sedangkan respons pedal gas dibuat lebih, setingkat dari normal. Cocok dipakai saat hujan deras,” terang M Arif Dwiyanto, Head of Technical Sales Division PT MMKSI.

    Stabilnya laju Mitsubishi XForce di tengah kondisi jalan yang basah juga didukung secara optimal oleh fitur Active Yaw Control (AYC).

    Secara teknis, fitur ini memiliki pola kerja berjenjang antara Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC). Saat ASC menahan putaran roda agar tidak selip di kondisi jalan licin, AYC akan membagi distribusi penyaluran daya antara roda kanan dan kiri agar seimbang saat menikung.

    Fitur AYC sangat membantu mencegah terjadinya gejala understeer. Mitsubishi XForce lebih mudah dikendalikan saat bermanuver menikung dalam sudut lebih kecil di jalan yang licin akibat guyuran hujan meski dalam kecepatan cukup tinggi.

    Dapatkan informasi menarik lainnya di OLX Member of Astra. Download aplikasinya di  di  Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait