Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMau Liburan dengan Kapal? Lakukan ini Untuk Cegah Mabuk Laut!

    Mau Liburan dengan Kapal? Lakukan ini Untuk Cegah Mabuk Laut!

    Lakukan ini sebelum liburan menggunakan kapal biar kamu nggak mabuk laut!

    News.OLX – Liburan di laut tentu sangat menyenangkan bagi kamu yang suka berenang atau sekadar menikmati keindahan samudra. Apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan lautan indah.

    Meski demikian, liburan di laut bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang. Beberapa dapat terganggu oleh mabuk laut, terutama saat menggunakan transportasi kapal.

    Mabuk laut disebabkan oleh ketidakseimbangan cairan di telinga, dipicu oleh guncangan kapal akibat ombak dan angin selama perjalanan. Gejala mabuk laut meliputi mual, muntah, pusing, lemas, terasa berputar, bahkan pingsan.

    Namun jangan khawatir. Bagi yang memiliki riwayat mabuk laut, terdapat langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan sebelum naik kapal. Berikut penjelasannya.

    Makan secukupnya

    Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan pastikan untuk tidak melakukan perjalanan dengan perut kosong. Nyatanya, perut yang belum terisi dapat memicu gejala mabuk laut.

    Disarankan untuk mengonsumsi makanan ringan yang mengandung karbohidrat, lemak rendah, dan protein. Penting juga untuk menghindari minuman beralkohol, kafein, serta makanan berlemak dan pedas yang dapat memperburuk kondisi.

    liburan (1)

    Tetap terhidrasi

    Selain makan yang cukup, upayakan untuk tetap terhidrasi dengan cukup minum air sebelum berlayar. Hal ini mengingat dehidrasi dapat meningkatkan risiko mabuk laut, terutama jika kondisi kapal tidak mendukung istirahat yang nyaman.

    Minum air jahe

    Jika gejala mabuk laut masih muncul, meminum minuman jahe atau menggunakan obat anti mabuk sebelum naik kapal dapat menjadi solusi. Minuman jahe atau permen jahe dapat membantu mengurangi rasa pusing selama perjalanan.

    Minum obat anti mabuk

    Seementara obat anti mabuk dapat digunakan sebagai langkah pencegahan tambahan. Obat anti mabuk biasanya mengandung dimenhydrinate.

    Ini merupakan suatu jenis antihistamin yang efektif dalam meredakan serta mencegah gejala-gejala yang timbul akibat mabuk perjalanan, termasuk rasa mual, muntah, dan pusing.

    Dramamine, merek dagang dari Dimenhydrinate, bekerja dengan cara menghambat rangsangan saraf tertentu di otak dan telinga bagian dalam, sehingga mengurangi gejala mual, muntah, pusing, dan vertigo.

    Penggunaan obat ini perlu mematuhi petunjuk dokter, dan pembelian Dramamine harus didasarkan pada edukasi terkait penggunaan dan konsumsi obat yang sesuai dan aman, yang mungkin melibatkan biaya tertentu.

    Pilih posisi duduk di tengah kapal

    Selama berada di atas kapal, pemilihan tempat duduk dapat memainkan peran penting dalam mencegah mabuk laut. Tempat di bagian tengah kapal dianggap lebih minim goncangan, sehingga disarankan untuk beristirahat di sana.

    Pilih dekat jendela dan hindari main gadget

    Memastikan bahwa tempat yang dipilih dekat dengan jendela juga dapat membantu. Hal ini karena pandangan yang tertuju ke lautan lepas dapat meredakan gejala mabuk laut.

    Selain itu, hindari kegiatan yang dapat meningkatkan risiko mabuk laut, seperti membaca buku atau bermain gadget. Sebaliknya, fokuskan pandangan pada benda-benda yang bergerak aktif, seperti air laut, pergerakan awan, atau aktivitas orang-orang di sekitar.

    Dengan mengikuti langkah-langkah ini sebelum perjalanan dimulai, diharapkan pengalaman liburan bersama keluarga, pasangan, atau sahabat tetap berkesan tanpa terganggu oleh mabuk laut.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait