Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    BeritaMazda Pamer Mobil Listrik Mazda MX-30, Seberapa Menarik?

    Mazda Pamer Mobil Listrik Mazda MX-30, Seberapa Menarik?

    Gelaran otomotif Tokyo Motor Show 2019 jadi ajang saling adu teknologi bagi sejumlah pabrikan mobil dan motor di negeri Sakura, Jepang. Hal ini juga tak dimanfaatkan Mazda Motor Corporation yang memperkenalkan mobil listrik pertamanya yaitu Mazda MX-30.

    Menurut Mazda's Representative Director, President and CEO Mazda Motor Corporation Akira Marumoto Mazda MX-30 yang merupakan model generasi ketiga baru Mazda, menawarkan pengalaman baru dalam berkendara.

    “Pada setiap era, Mazda ingin orang-orang mengalami saat-saat yang penuh semangat dalam hidup melalui mobil. Kami akan terus berusaha untuk menghadirkan produk dan teknologi yang kreatif sehingga pelanggan kami akan menyukai dan percaya pada Mazda untuk waktu yang lama,” ungkap Marumoto saat peluncurannya di gelaran Tokyo Motor Show 2019 Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, Rabu (23/10/2019).

    Mazda MX-30
    Mazda MX-30. (Mazda)

    Nama MX atau Model Xperimentally sengaja disematkan untuk menandakan bahwa mobil yang dibuat Mazda lebih memberikan nilai baru dan lebih modern. Kendati demikian, hal tersebut tetap dapat membuat pengemudi merasa lebih santai ketika berkendara. 

    Mobil dengan dimensi  panjang 4.395 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.570 mm, disebut mengusung etos Car-as-Art (Mobil sebagai Seni), namun tetap menggunakan elemen bahasa desain Mazda, Mazda Kodo—Soul of Motion. 

    Secara tampilan memang cukup unik, dengan gril kecil dan bersinergi dengan headlamp yang memiliki lampu LED bulat seperti mata. 

    Mazda MX-30. (Mazda)

    Lekukan mobil ini cukup sedap dipandang dan terlihat kekinian. Bahkan jika dilihat dari sampai mobil ini memang terasa aura SUV compact dengan gaya coupe dan desain pintu disebut freestyle door karena untuk membuka pintu belakang menggunakan model suicide door yaitu pintu baris kedua membuka ke depan. Nah, kalau gaya pintu ini kira-kira lebih mirip mobil punya Rolls Royce atau pintu bajaj ya?

    Tidak disebutkan secara rinci fitur-fitur yang ada di dalam interior, namun mereka mengklaim material yang digunakan ramah lingkungan seperti gabus dan kain yang terbuat dari bahan daur ulang. 

    mazda MX-30 Concept
    Interior mobil listrik Mazda MX-30. (Mazda)

    Untuk jantungnya juga tak dibeberkan secara gamblang, namun diketahui Mazda MX-30 ini sudah menggunakan baterai berkapasitas 35,5 kWh dari Panasonic yang mampu menyimpan daya sehingga mobil ini dapat melaju sampai 200 km.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait