Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMendengarkan Audio, Salah Satu Kiat Ampuh Hilangkan Kantuk Saat Berkendara

    Mendengarkan Audio, Salah Satu Kiat Ampuh Hilangkan Kantuk Saat Berkendara

    Penting bagi pengemudi untuk menghindari kantuk saat berkendara adalah dengan mendengarkan audio atau musik.

    News.OLX – Berkendara dalam kondisi mengantuk menjadi salah satu faktor risiko kecelakaan lalu lintas yang paling berbahaya.

    Data Korlantas Polri menyebutkan, 26% kecelakaan lalu lintas di Indonesia itu disebabkan faktor pengemudi mengantuk.

    Kondisi mengantuk saat berkendara dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurang tidur, kelelahan, atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

    Saat kantuk menyerang, pengemudi akan mengalami penurunan konsentrasi, refleks, dan kemampuan mengambil keputusan.

    Hal ini dapat menyebabkan pengemudi kehilangan kendali atas kendaraannya dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

    Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk menghindari berkendara dalam keadaan mengantuk. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mendengarkan audio atau musik.

    Mendengarkan audio dapat membantu menghilangkan kantuk saat berkendara dengan beberapa cara, yaitu:

    • Meningkatkan konsentrasi

    Mendengarkan audio atau musik dapat membantu meningkatkan konsentrasi pengemudi. Hal ini karena pengemudi harus fokus untuk mendengarkan sumber audio, sehingga tidak akan terlalu memikirkan hal lain yang dapat membuat mengantuk.

    • Meningkatkan motivasi

    Mendengarkan audio/musik yang memotivasi juga ikut membantu meningkatkan semangat pengemudi untuk bisa melanjutkan perjalanan dan tidak mudah mengantuk.

    • Menciptakan suasana yang menyenangkan

    Mendengarkan audio yang menyenangkan juga membantu menciptakan suasana yang menyenangkan bagi pengemudi. Hal ini dapat membuat pengemudi merasa lebih rileks dan tidak mudah mengantuk.

    Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendengarkan audio agar efektif menghilangkan kantuk saat berkendara:

    • Pilih audio yang sesuai dengan minat kamu

    Pilih audio yang sesuai dengan minat kamu agar kamu lebih tertarik untuk mendengarkannya. Hal ini dapat membantu kamu untuk tetap fokus dan tidak mudah mengantuk.

    • Atur volume audio dengan tepat

    Atur volume audio dengan tepat agar tidak terlalu keras atau terlalu pelan. Volume yang terlalu keras dapat mengganggu konsentrasi, sedangkan volume yang terlalu pelan dapat membuat kamu tidak mendengar audio dengan jelas.

    • Jangan mendengarkan audio terlalu lama

    Jangan mendengarkan audio terlalu lama karena dapat membuat kamu merasa bosan dan mengantuk. Sebaiknya, dengarkan audio selama 30 menit hingga 1 jam setiap kali berkendara.

    • Berhentilah sejenak untuk beristirahat

    Jika kamu merasa kantuk saat mendengarkan audio, sebaiknya berhentilah sejenak untuk beristirahat. Kamu dapat keluar dari kendaraan untuk berjalan-jalan atau minum kopi.

    Berikut ini adalah beberapa contoh audio yang dapat kamu dengarkan untuk menghilangkan kantuk saat berkendara:

    • Podcast

    Podcast merupakan salah satu pilihan audio yang populer untuk menghilangkan kantuk saat berkendara. Kamu dapat memilih podcast dengan berbagai topik, mulai dari berita, olahraga, hiburan, hingga motivasi.

    • Musik

    Musik juga merupakan pilihan audio yang efektif untuk menghilangkan kantuk saat berkendara. Kamu dapat memilih musik dengan tempo yang cepat atau musik yang memiliki lirik viral, yang mana bisa kamu unduh di YouTube to MP3.

    • Audio book

    Audio book merupakan pilihan audio yang tepat untuk kamu yang suka membaca. Kamu dapat mendengarkan audio book novel, cerita pendek, atau buku nonfiksi.

    Dengan mendengarkan audio, kamu dapat berkendara dengan lebih aman dan nyaman. Jadi, jangan lupa dengarkan audio saat berkendara ya!

    Dapatkan informasi menarik lainnya di OLX Member of Astra. Download aplikasinya di  di  Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait