Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMengenal Fungsi Ignition Coil dan Cara Kerjanya

    Mengenal Fungsi Ignition Coil dan Cara Kerjanya

    Fungsi utama ignition coil adalah menghasilkan tegangan tinggi yang menciptakan percikan bunga api.

    News.OLX – Dalam operasional mesin kendaraan, terutama pada mobil bermesin bensin, sistem pengapian memainkan peran vital.

    Sistem ini bertanggung jawab untuk menciptakan percikan api yang diperlukan agar mesin dapat dihidupkan.

    Salah satu komponen utama dalam sistem pengapian ini adalah ignition coil. Untuk lebih memahami fungsi ignition coil, mari kita telaah penjelasannya di bawah ini.

    Fungsi ignition coil

    Ignition coil adalah komponen kunci dalam sistem pengapian pada kendaraan bermesin bensin.

    Fungsinya sangat penting karena mesin bensin memerlukan percikan api dari busi untuk menghidupkan dan menjalankan mesin dengan normal.

    Perlu dicatat bahwa ignition coil tidak ditemukan pada kendaraan bermesin diesel karena mesin diesel menggunakan sistem self-combustion yang dapat menghidupkan mesin tanpa memerlukan komponen ini.

    Ignition coil berperan dalam menaikkan tegangan dari aki atau baterai sekitar 12 volt menjadi sekitar 25.000 volt.

    Kenaikan tegangan ini dimanfaatkan sebagai energi hasil induksi elektromagnetik.

    Fungsi utama ignition coil adalah menghasilkan tegangan tinggi yang menciptakan percikan bunga api pada busi yang berada di dalam ruang bakar.

    Komponen ini memiliki kumparan primer dan kumparan sekunder untuk membantu dalam menghasilkan tegangan tinggi melalui induksi elektromagnetik.

    Ignition Coil

    Cara kerja ignition coil

    Seperti apa cara kerja ignition coil? Kumparan yang terdapat pada ignition coil berupa lilitan kawat tembaga yang dapat menciptakan medan magnet saat dialiri tegangan dan arus listrik.

    Besarnya medan magnet ini bergantung pada jumlah lilitan, diameter kawat, tegangan, dan arus yang mengalir pada kumparan. Semakin besar jumlah lilitan dan arus yang mengalir, medan magnet yang dihasilkan semakin besar.

    Dengan demikian, ignition coil memiliki peran yang sangat krusial, terutama pada kendaraan bermesin bensin. Tanpanya, penghidupan mesin menjadi tidak mungkin, dan kendaraan tidak dapat beroperasi secara normal.

    Pemahaman yang baik tentang fungsi ignition coil membantu pemilik kendaraan untuk mengenali potensi masalah yang mungkin terjadi dalam sistem pengapian.

    Pemeliharaan dan pemantauan teratur terhadap ignition coil dapat memastikan kinerja mesin yang optimal dan menghindari kerusakan yang lebih serius.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga bisa cari mobil bekas impianmu dengan download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait