Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Informasi4 Jenis Mobil Listrik dan Cara Kerjanya

    4 Jenis Mobil Listrik dan Cara Kerjanya

    Dari jenis mobil listrik yang ada, yang mana nih favorit kamu?

    News.OLX – Jenis mobil listrik sekarang hadir dalam berbagai jenis. Saat ini, setidaknya ada empat jenis mobil listrik yang tersedia di Indonesia yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

    Mobil listrik pada dasarnya adalah kendaraan yang beroperasi dengan menggunakan tenaga listrik. Jenis mobil ini juga dianggap memiliki manfaat dalam mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan.

    Jika kamu tertarik dan sedang mencari mobil listrik yang cocok untuk kamu, ada baiknya untuk memahami berbagai jenis mobil listrik dan cara kerjanya sebelum membuat keputusan.

    jenis mobil listrik (1)

    1. Battery Electric Vehicle (BEV)

    Seperti namanya, jenis mobil listrik BEV beroperasi penuh menggunakan energi listrik yang tersimpan dalam baterai.

    Mobil ini juga sering disebut sebagai mobil listrik karena tidak dilengkapi mesin pembakaran seperti bensin  atau diesel, yang berarti tidak menghasilkan emisi gas buang seperti kendaraan konvensional.

    Jenis mobil listrik BEV menggunakan baterai lithium-ion untuk menyimpan dan mengalirkan energi listrik ke motor listrik yang menggerakkan kendaraan.

    Baterai ini dapat diisi ulang dengan menggunakan stop kontak rumah atau stasiun pengisian khusus untuk mobil listrik.

    2. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

    Saat ini di Indonesia, mobil Hybrid menjadi jenis mobil listrik yang paling banyak digunakan. Ini karena mobil Hybrid biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan full electric seperti BEV.

    Jenis mobil listrik HEV menggabungkan dua sistem penggerak, yaitu mesin pembakaran dan motor traksi. Energi untuk mesin pembakaran diperoleh dari BBM. Sementara, motor traksi menggunakan baterai.

    Biasanya, baterai pada mobil Hybrid diisi saat roda berputar, mesin beroperasi atau keduanya. Namun, baterai ini tidak dapat diisi ulang dari jaringan listrik eksternal karena jenis mobil listrik HEV tidak memiliki port pengisian.

    Proses pengisian baterai terjadi saat pengereman, dengan motor listrik yang berfungsi sebagai generator untuk mengisi ulang baterai.

    3. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

    Serupa dengan HEV, jenis mobil listrik PHEV juga menggunakan kombinasi mesin pembakaran dan motor traksi listrik sebagai sumber daya penggerak.

    Perbedaannya terletak pada baterai jenis mobil listrik PHEV yang dapat diisi ulang melalui sumber daya listrik eksternal. Selain itu, kendaraan ini memberikan beragam pilihan tenaga, termasuk energi fosil seperti baterai, bensin, dan bahkan alternatif seperti biodiesel.

    Biasanya, jenis mobil listrik PHEV memiliki dua mode operasi, yaitu mode all-electric di mana kendaraan hanya menggunakan tenaga dari baterai. Sedangkan, mode Hybrid memanfaatkan bensin dan tenaga listrik dalam waktu bersamaan untuk bergerak.

    4. Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

    Cara kerja jenis mobil listrik satu ii mengandalkan teknologi fuel-cell yang dikenal sebagai kendaraan zero emisi. Fuel-cell ini berfungsi untuk menghasilkan listrik yang juga digunakan untuk menggerakkan kendaraan motor.

    Secara umum, cara kerjanya serupa dengan jenis mobil listrik BEV. Perbedaannya adalah jenis mobil listrik FCEV memiliki sistem khusus yang mengubah energi kimia dari fuel-cell menjadi energi listrik.

    Artinya, jenis mobil listrik FCEV mampu menghasilkan sendiri listrik yang diperlukan untuk beroperasi. Namun, memang benar bahwa jumlah pengguna jenis mobil listrik FCEV di Indonesia masih terbatas hingga saat ini.

    Inilah gambaran tentang berbagai jenis mobil listrik yang perlu kamu ketahui sebagai panduan sebelum memilih mobil listrik. Meskipun semuanya menggunakan tenaga listrik, ketika kamu menggali lebih dalam, terdapat banyak perbedaan yang perlu dipertimbangkan.

    Pilihlah jenis mobil listrik yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu dalam berkendara. Namun yang pasti, setiap jenis mobil listrik membawa inovasi dan teknologi yang lebih maju dibandingkan dengan mobil konvensional.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait