Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMitos atau Fakta, Sering Cuci Steam Mobil Bikin Cat Kusam?

    Mitos atau Fakta, Sering Cuci Steam Mobil Bikin Cat Kusam?

    Cuci steam mobil dapat membuat cat kusam, benarkah? Temukan jawabannya secara lengkap di sini.

    News.OLX – Pernahkah kamu mendengar bahwa sering cuci steam mobil dapat membuat catnya kusam? Mitos atau fakta ya?

    Banyak pemilik mobil ragu untuk cuci steam mobilnya terlalu sering karena khawatir catnya akan rusak. Tapi, benarkah demikian?

    Yuk kupas tuntas mitos dan fakta tentang sering cuci steam mobil dan bagaimana cara merawat cat mobil agar tetap kinclong dan terawat.

    Mitos atau Fakta, Sering Cuci Steam Mobil Bikin Cat Kusam?

    Ternyata, kabar bahwa mencuci steam dapat merusak cat pada mobil itu hanyalah mitos semata. Faktanya, sering cuci steam mobil tidak secara langsung membuat cat kusam. Justru, cuci steam dianjurkan untuk menjaga kebersihan dan kilauan cat mobil. Idealnya sih bisa kamu lakukan setiap 2 minggu sekali.

    Namun, kamu perlu perhatikan jika teknik dan bahan yang digunakan saat cuci steam sangat berpengaruh pada kondisi cat mobil. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

    1. Pastikan Teknik Steam di Tempat Cuci Steam Benar

    • Tekanan air: Tekanan air yang terlalu tinggi bisa merusak lapisan clear coat pada cat mobil. Nah, kamu hanya perlu memastikan tekanan air yang kamu gunakan sesuai dengan standar.
    • Jarak semprotan: Jarak semprotan yang terlalu dekat dapat menimbulkan cat mobil terkelupas. Jaga jarak semprotan minimal 20 cm dari permukaan cat.
    • Gerakan semprotan: Gerakkan semprotan secara horizontal dan tidak menumpuk pada satu area.

    steam mobil (1)

    2. Perhatikan Bahan yang Digunakan agar Cat Mobil Aman saat Steam

    • Sabun cuci steam: Gunakan sabun cuci steam yang khusus untuk mobil dan tidak mengandung deterjen. Sebab, deterjen bisa menguras kandungan minyak pada cat mobil dan membuatnya kusam.
    • Cairan steam: Kamu sebaiknya memastikan bahwa air yang kamu pakai untuk steam bersih dan terbebas dari mineral yang bisa menjadikan cat mobil rusak.

    Kamu bisa memastikan hal-hal di atas terlebih dahulu, agar cat mobil kamu aman dari kusam.

    Tips Setelah Steam agar Cat Mobil Tetap Kinclong dan Terawat

    Sebagai tips setelah steam mobil, kamu bisa keringkan dengan lap microfiber. Lap microfiber punya tekstur yang halus dan lembut sehingga tidak akan membuat rusak cat mobil. Kamu juga bisa memastikan seluruh permukaan mobil kering sempurna untuk menghindari bekas air yang bisa meninggalkan noda.

    Selain itu, bisa juga waxing secara berkala. Waxing bisa membantu melindungi cat mobil dari kusam dan goresan. Lakukan waxing setiap 3-4 bulan sekali untuk hasil yang optimal.

    Nah, sudah terjawab kan bahwa adalah mitos, kalau sering cuci steam mobil bikin cat kusam. Faktanya, jika kamu sering cuci steam mobil, justru tidak bikin cat kusam asalkan kamu lakukan dengan teknik dan bahan yang tepat.

    Jadi, yang perlu kamu perhatikan adalah memilih tempat steam mobil yang terbaik dan benar-benar pengalaman, sehingga bisa mengaplikasikan cuci steam pada mobil kamu dengan baik. 

    Kalau kamu mau steam sendiri pastikan sudah mempelajari tekniknya dengan benar. Sedangkan, untuk mesin steam mobil, bisa kamu dapatkan di OLX. Biar lebih mudah transaksinya unduh aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store, ya.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait